Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Botani Bunga Desember (Blood Lily)

Botani Bunga Desember (Blood Lily)

Botani Bunga Desember (Blood Lily)

Botani Bunga Desember (Blood Lily)

Botani Bunga Desember (Blood Lily)

Botani Bunga Desember (Blood Lily)

1. Sejarah Bunga Desember (Blood Lily)
Bunga desember atau Blood Lily adalah tumbuhan ornamental dan berumbi yang merupakan tumbuhan asli Afrika Tropis. Tumbuhan monokotil ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1795 oleh seorang ilmuwan Botani bernama Thomas Martyn. Nama latin (ilmiah) dari bunga Desember adalah Haemanthus multiflorus. Tetapi pada tahun 1838, ilmuwan lain Constantine Samuel Rafinesque telah mengubah nama Haemanthus multiflorus ke dalam genus baru yakni Scadoxus.
Di Indonesia, tumbuhan ini dijuluki sebagai bunga Desember karena sering tumbuh dan berbunga pada musim penghujan di bulan Desember. Selain itu, tumbuhan ini sering dijadikan tanaman hias dan sempat populer dalam beberapa dekade yang lalu. Habitus tumbuhan ini berupa tumbuhan monokotil yang memiliki umbi (bulbous) dengan tinggi tanaman 30-60 cm dan biasanya tumbuh bergerombol berdasarkan banyaknya umbi.

2. Morfologi Bunga Desember (Blood Lily)
Morfologi dari tanaman ini memiliki bentuk bunga karangan atau bunga majemuk dengan bentuk bulat, berwana merah dengan diameter ± 15-20 cm. Pada bagian bunga majemuk memiliki tangkai yang berwarna hijau dengan panjang ± 15 cm dan tumbuh di ketiak daun. Kluster bunga majemuk terdiri dari 10-200 bunga tunggal. Tiap-tiap bunga tunggal memiliki 6 helai mahkota bunga yang berbentuk seperti pita sempit berwarna merah serta 1 putik dan 5 benang sari, warna tangkai bunga merah muda dan warna dari bakal buah hijau-kekuningan.
Batang dari tumbuhan bunga Desember berupa umbi berbentuk bulat, berwarna hijau kecoklatan, terdapat bintik -bintik. Pada saat musim kemarau, umbi akan melakukan dormansi sedangkan ketika musim hujan atau dalam keadaan air yang cukup, maka batang semu akan tumbuh. Batang semu tersusun atas tangkai daun yang saling terbalut dengan daun yang lain.
Tanaman ini memiliki daun yang tipis dan lebar dengan bagian permukaan yang mengkilat, ukuran daunnya memiliki panjang 15-25 cm dan lebar 8 – 18 cm, memiliki urat daun yang sejajar dan agak melengkung. Tangkai daun saling memeluk satu tangkai yang lain sehingga membentuk batang semu.
Buah tanaman bunga Desember pada umumnya hanya 1 atau 2 saja yang terbentuk dari banyaknya kluster bunga majemuk. Bentuk buah bulat,pipih dan lonjong dengan diameter ±0,5 cm. Buah yang muda berwarna hijau dan buah yang masak berwarna merah. Tiap buah biasanya mempunyai satu biji saja.

Klasifikasi Bunga Desember (Blood Lily)
– Kingdom: Plantae
– Filum: Tracheophyta
– Kelas: Liliopsida
– Ordo: Asparagales
– Famili: Amaryllidaceae
– Genus: Scadoxus

Spesies: Scadoxus multiflorus
Sub-spesies: S. multiflorus katharinae; S. multiflorus longitubus; S. multiflorus multiflorus

3. Manfaat dan Peranan Bunga Desember
Tumbuhan Bunga Desember memiliki toksin lethal bagi hewan karena memiliki kandungan alkaloidnya yang tinggi. Di negara Afrika biasanya digunakan untuk olesan pada panah berburu. Selain itu, Scadoxus multiflorus secara tradisional dapat digunakan sebagai obat malaria dan kudis.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates