Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Uncategorized » Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom

Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom

Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom

Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom

Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom

Dahsyatnya Ledakan Bom Hidrogen Lebih Berkali Lipat Dari Bom Atom – Bom diartikan sebagai alat peledak yang digunakan untuk menghancurkan bahkan memusnahkan target dan biasanya sering digunakan dalam perang maupun aksi terorisme. Pada perang dunia ke II, Amerika Serikat menggunakan bom atom untuk memusnahkan kota Hirosima dan Nagasaki di Jepang. Hal ini menyebabkan, pemerintahan Jepang merasa tidak berdaya dan akhirnya menyerah kepada AS. Bom atom yang dijatuhkan di kota Hirosima dan Nagasaki memiliki kekuatan ledakan yang luar biasa dan mengagumkan. Ledakan tersebut membentuk seperti awan yang berupa jamur dan membumbung hingga mencapai ketinggian 18 km.

Bom lain yang lebih dahsyat lagi selain bom atom adalah bom Hidrogen. Bom hidrogen adalah bom yang memiliki sumber tenaga dari reaksi fusi inti atom hidrogen berat(deutron). Bom ini dapat meledak ratusan kali lebih dahsyat dari bom atom. Hal ini karena sebelum terjadi ledakan didahului oleh reaksi fisi (pembelahan) yang dapat merangsang terjadinya reaksi fusi (penggabungan atom- atom hidrogen). Reaksi fusi ini akan melepaskan energi yang sangat besar melebihi dari ledakan dinamit sebesar ± 50,000,000 unit (setara dengan ± 500 unit bom atom). Daya ledak bom diukur dalam megaton (juta ton) TNT. Reaksi fusi akan terjadi bila inti atom berada pada suhu yang sangat tinggi dengan suhu panas mencapai jutaan derajat celcius, yaitu berenergi pada matahari. Kesimpulannya bom Hidrogen terdapat 2 bom nuklir, yaitu bom atom yang terjadi melalui reaksi fisi kemudian ledakan besar akibat dari reaksi fusi. Hasil dari reaksi ini berupa gas He dan melepaskan neutron cepat.

Hanya ada 6 negara yang bisa melakukan Reaksi Fusi ini yaitu : Uni Soviet (sekarang Rusia), Amerika, Perancis,Inggris, Cina dan India. Amerika Serikat adalah negara yang pernah menyerangnegara lain dengan menggunakan senjata nuklir yaitu pada Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Amerika pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir di Trinity (1945). Presiden Harry S Truman (31 januari 1950) telah mengeluarkan pernyataan untuk mendukung pemerintah Amerika Serikat dalam pengembangan bom hidrogen. Selain Hiroshima danNagasaki, AS juga pernah meledakkan ‘Ivy Mike’ (1952) di pulau Karang Elugelab kepulauan Pacific Marshall dan meledakkan bom hidrogen “Castale Bravo “(1954). Uni Soviet juga pernah meledakkan bom hidrogen “Joe-4” (1953) dan bom Hidrogen Megaton “RDS-37” (1955). Inggris bekerjasama dengan AS melakukan uji coba senjata nuklir “Hurricane” (1952) dan pernah menguji bom hidrogen pada tahun 1957. Perancis melakukan uji meledakkan bom hidrogen pada tahun 1968. China menguji bom hidrogen untuk pertama kalinya pada tahun 1967. India hanya melalui pernyataanpemerintahannya bahwa negaranya telah menguji bom hidrogen akan tetapi pernyataan ini menyebabkan kontroversial dan keraguan di berbagai negara. Pada tahun 2005, AS mendeklarasikan India sebagai negara nuklir yang bertanggung jawab.

Jika Bom Hidrogen kita bandingkan dengan Bom Atom, bayangkan saja jika bom Hidrogen diledakkan di suatu tempat atau Negara, pasti efek ledakkannya dan luas wilayah yang terkena imbas akan jauh lebih besar daripada bom atom. Pada era ini, selain bom atom dan bom Hidrogen, ada bom yang baru dikenal yaitu bom Kobalt. Bom tersebut di buat dengan wadah yang terbuat dari Kobalt yang tebal dan menyelubungi bom Hidrogen. Bila antar negara saling bertempur dan meledakkan bom- bom dahsyat, apa yang akan terjadi dengan kita dan Bumi serta isinya? Tidak kebayang bila hal tersebut terjadi. Sudah siapkah Indonesia dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi baik ancaman keamanan dari eksternal maupun internal serta menjaga keutuhan NKRI? Tidak ada satu pun yang tahu apa yang akan terjadi kedepannya.

About eka kurniawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates