Saturday , 22 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Penurun Androgen

Jenis Makanan Penurun Androgen

Jenis Makanan Penurun Androgen

Jenis Makanan Penurun Androgen

Jenis Makanan Penurun Androgen

Jenis Makanan Penurun AndrogenAndrogen merupakan jenis hormon yang ada di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yakni sebagai pengatur hasrat seksualitas, dapat merangsang dorongan untuk seksual, dapat membantu pembentukan kulit, otot, tulang dan juga organ seksual serta untuk membentuk sel darah merah. Hormon androgen bisa mengalami ketidakseimbangan yang dapat menyebabkan kelainan pada pertumbuhan rambut yang ditandai dengan tumbuhnya rambut di bagian yang tidak seharusnya, khususnya terhadap wanita.

Pada pria ketidakseimbangan pada kadar androgen bisa mengakibatkan pembentukan massa otot dengan berlebih serta tidak terkontrol. Kelebihan androgen atau disebut dengan hiperandrogen merupakan kondisi yang tidak sehat sebab bisa menyebabkan beberapa efek negatif terhadap tubuh. Gangguan yang akan dijumpai pada kasus hiperandrogen yaitu kelainan di kulit misalnya jerawat, tumbuh kumis pada wanita, minyak yang berlebih pada pria, serta beberapa ketidakseimbangan terhadap fungsi organ seksual. Sehingga, sangatlah penting dalam menjaga kadar hormon androgen supaya tetap stabil serta terkontrol untuk metabolisme serta sekresi kelenjar sebum.

Pentingnya dalam menjaga keseimbangan hormon bukanlah sesuatu hal yang sulit apabila ingin berusaha secara rutin. Beberapa bahan alami bisa menjadi senjata dalam mengatasi hiperandrogen serta dapat tetap dalam kondisi stabil. Berikut merupakan beberapa jenis makanan yang bisa di konsumsi apabila ingin mengurangi kadar androgen dalam tubuh, sebagai berikut:

1.    Minyak Kelapa
Menggunakan minyak kelapa untuk setiap masakan termasuk upaya yang tepat agar dapat menurunkan kadar androgen. Minyak kelapa memiliki kandungan asam laurat yang sangat berguna untuk proses produksi hormon dan perbaikan kulit. Minyak kelapa sudah diyakini dapat membunuh virus di dalam tubuh dan dapat membantu proses metabolisme.

2.    Dark Chocolate
Cokelat memiliki kandungan tryptophan yang berguna untuk meningkatkan endorfin. Mengkonsumsi cokelat pada saat keadaan sedang stres bisa membantu pola pikir untuk menjadi lebih rileks, dengan demikian bisa menyikapi segala permasalahan secara santai dan akan cenderung berbahagia.

3.    Alpukat
Lemak sehat di dalam buah alpukat sangat bagus untuk dijadikan sebagai sumber gizi untuk tubuh. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk kulit, kandungan magnesium, potasium, serta asam folat yang berguna untuk menjaga keseimbangan hormone yang ada di dalam tubuh.

4.    Kedelai
Kedelai memiliki kandungan sumber protein tinggi. Kedelai cocok untuk seseorang yang ingin menurunkan kadar androgen. Kedelai organik akan lebih terjamin kandungan gizinya sebab tumbuh tanpa menggunakan bahan kimia obat misalnya pestisida dan sejenisnya. Kandungan yang terdapat dalam kedelai organik bisa berguna untuk kekuatan tulang, dapat menjaga kondisi prostat, menjaga kesehatan jantung, dan dapat  menurunkan kolesterol serta dapat menjaga keseimbangan hormon.

5.    Kacang- Kacangan
Semua jenis kacang- kacangan memiliki kandungan bahan aktif beta-sitosterol yang berguna dalam menurunkan kolesterol yang ada di dalam darah.

6.    Kuning Telur
Kuning telur ayam, khususnya ayam organik bisa menjadi sumber berbagai vitamin yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9, zat besi, kalsium, dan potasium serta fosfor dapat menjaga keseimbangan hormon.

7.    Delima
Buah delima memiliki suatu senyawa alami yang bisa menghambat enzim dalam tubuh wanita. Penghambatan tersebut akan mempengaruhi estrogen lemah yang menjadi estrone serta estradiol. Kedua hormon tersbeut sangat berperan terhadap organ reproduksi wanita, dengan demikian sangat penting dikonsumsi untuk yang ingin menjaga kesuburan pada organ reproduksi.

8.    Wortel
Wortel kaya dengan vitamin A yang penting untuk pembentukan hormon tertentu di dalam tubuh.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates