Tuesday , 26 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda

Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda

Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda

Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda

Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda

Makanan Ini Mampu Mengatasi Kekentalan Darah Anda – Banyak orang mengabaikan kadar kekentalan darah mereka. Padahal bila kadar kekentalannya berlebih dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Darah Kental (juga dikenal sebagai hiperkoagulabilitas, Antiphospholipids, dan Hughes Syndrome) adalah suatu kondisi di mana darah seseorang lebih kental (tebal dan lengket) dari darah normal. Terjadinya pengentalan darah ketika adanya kelainan dalam proses pembekuan.

Normalnya darah itu encer dan mudah mengalir, ketika pengentalan darah terjadi, darah kental akan menghambat sirkulasi oksigen, nutrisi, dan hormon sehingga mengurangi pengiriman ke jaringan dan sel-sel di seluruh tubuh.

Hal itu akan membuat kita kekurangan nutrisi dan hormon juga Hipoksia. Keadaan di mana sel-sel tubuh mempunyai kadar oksigen yang rendah.

Kekentalan darah yang berlebih tidak baik untuk tubuh karena memudahkan terjadinya gumpalan darah.

Gumpalan darah ini bisa menghambat peredaran darah dan mengakibatkan terkena serangan jantung, stroke, bahkan kematian.

Darah yang terlalu kental terjadi karena beberapa faktor yaitu faktor genetik, penyakit, atau kebiasaan hidup seperti merokok. Sebenarnya hal ini bisa dicegah secara alami yaitu dengan :

1. Kunyit
Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dan pewarna makanan. Yang mengandung kurkumin, mempunyai sifat anti pembekuan darah. Caranya dengan menghambat trombosit bergabung yang membuat tidak terjadi pembekuan darah.

2. Jahe
Jahe dikenal dapat memberi kehangatan pada tubuh. Tumbuhan bumbu ini dapat dipakai dalam keadaan mentah maupun matang.

Jahe mengandung asam salisilat. Asam salisilat mencegah vitamin K pada tubuh yang berfungsi dalam pembekuan darah. Makanan lain yang mengandung asam salisilat adalah buah beri, ceri, avokad, dan cabai yang juga dapat mencegah penggumpalan darah.

3. Kayu manis

Kayu manis mengandung coumarin yang merupakan antikoagulan. Antikoagulan merupakan zat yang mencegah penggumpalan darah.

Kayu manis bisa mengurangi kekentalan darah lebih kuat daripada dengan makanan lainnya misalnya cabai rawit atau paprika. Karena itu, pengguna obat pengencer darah sebaiknya hati-hati mengonsumsi kayu manis.

Mengkonsumsi kayu manis bisa membuat mengurangi kekentalan pada darah sehingga menimbulkan efek yang berbahaya. Kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan seperti radang sendi.

4. Cabai rawit
Cabai yang suka dipakai untuk memasak atau menambah rasa pedas pada makanan ini ternyata bisa memperlancar sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Cabai rawit yang mengandung salisilat yang dapat mengencerkan darah. Dan efek vitamin K dihambat, yang bisa membuat pembentukan gumpalan trombosit pembekuan darah berkurang.

5. Bawang putih
Dari dulu, bawang putih sudah banyak dipakai untuk mengatasi masalah kesehatan. Bawang putih bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kekentalan darah. Bawang putih yang mengandung allicin dapat memberikan manfaat untuk mengurangi kekentalan darah.

Kadar kekentalan darah yang berlebihan memang bisa memicu beberapa masalah kesehatan. Karena itu, Anda perlu menjaga kadar kekentalannya secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan di atas.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates