Friday , 21 July 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu

Manfaat Bunga Sepatu – Bunga sepatu atau kembang sepatu merupakan tanaman yang dikenal mempunyai nentuk bunga yang indah dan berwarna-warni. Di negara Indonesia sendiri, pohon bunga sepatu banyak ditanam sebagai tanaman hias dan ada pula yang menggunakannya sebagai pagar hidup. Secara alamiah, nama latin dari bunga sepatu ialah Hibiscus Rosa Sinensis yang diklasifikasikan dalam tumbuhan semak.

Berdasarkan informasi yang diambil dari situs 1000 macammanfaat.com, bunga sepatu mempunyai ciri-ciri bunga dengan mahkota berukuran besar, tidak berbau, ada jenis bunga sepatu, yaitu yang mempunyai mahkota selapis dan ada juga yang mempunyai bunga ganda atau daun mahkotanya berlapis. Bunga sepatu memiliki berbagai macam jenis yang dibedakan menurut warnanya, ada yang berwarna merah, jingga, merah mudah, warna putih, warna kekuningan dan lain-lainnya.

Di balik tampilannya yang indah, bunga sepatu mempunyai manfaat yang dapat digunakan untuk pengobatan. Bunga ini memiliki kandungan nutrisi, zat dan sifat yang berguna untuk pengobatan tubuh manusia. Seperti apa yang ada pada situs manfaatbuahdaun.blogspot.co.id, inilah manfaat bunga sepatu untuk pengobatan.

1. Mengobati Sakit Kepala
Kandungan sifat diuretik dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh bunga sepatu dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala dan dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri. Caranya cukup merebus bunga sepatu selama 30 menit dan ambil airnya untuk dikompreskan pada kepala yang terasa sakit.

2. Menurunkan Demam
Anak-anak umumnya mudah terkena demam karena sistem kekebalan tubuhnya belum bisa berfungsi dengan baik. Ada cara alami yang dapat digunakan untuk menurunkan demam, yaitu dengan memakai tanaman bunga sepatu, caranya dengan mengambil akar tanaman sepatu, tumbuk hingga halus, rebuslah hingga mendidih selama 30 menit kemudian saring untuk diminum airnya sekaligus.

3. Mengobati Batuk dan Sariawan

Bunga sepatu bisa untuk mengobati batuk dan sariawan, caranya yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun sepatu, cucilah sampai bersih, rebuslah sekitar 15 menit lalu saring airnya dan minumlah secara langsung.

4. Mengobati Gondokan

Penyakit gondok ialah salah satu penyakit pembesaran dan pembengkakan kelenjar tiroid. Bunga sepatu bisa digunakan untuk menyembuhkan gondokan. Caranya yaitu dengan memakai akar kembang sepatu yang telah direbus sekitar 30 menit dan kompres bagian tubuh yang terkena gondok.

5. Mengobati Penyakin Bronkhitis

Terjadinya peradangan pada bronchus di sebut dengan bronkitis, guna mengobatinya bisa dilakukan dengan memakai bunga sepatu yaitu caranya merebus bunga sepatu sekitar 15 menit, lalu ambil airnya untuk diminum.

6. Dapat digunakan untuk Menyembuhkan Gonorrhea

Gonorhea ialah penyakit kencing nanah, yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi ramuan dari bunga sepatu. Caranya yaitu menyiapkan bunga sepatu seperlunya kemudian rebus hingga 15 menit, lalu di saring airnya dan diamkan semalaman kemudian di minum pada esok hari.

7. Mengatasi Gigitan Serangga

Di dalam bunga sepatu terdapat kandungan antiseptik, anti-inflmasi dan diuretik, sehingga bunga sepatu dapat digunakan untuk menyembuhkan gigitan serangga. Caranya yaitu siapkan bunga sepatu yang telah dicuci bersih, lalu gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang terasa gatal karena gigitan serangga.

Sebelum melakukan cara tersebut, pastikan sudah menggunakan bahan dan cara yang benar. Untuk memperoleh hasil yang optimal lakukan cara ini secara rutin dan teratur. Meskipun bunga sepatu mempunyai manfaat untuk pengobatan, namun penggunanya harus tetap disesuaikan dengan takaran atau dosis yang sudah ditentukan.
Apabila ingin menggunakan bunga sepatu guna mengobati jenis penyakit serius, tetap disarankan untuk menyelinginya dengan melakukan pengobatan medis. Dengan adanya pemeriksaan dan pengobatan medis, seorang pasien yang menderita penyakit serius dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya secara langsung.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates