Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Manfaat Tanaman Hias Di Dalam Rumah – Pada sekarang ini, kegiatan menanam tidak hanya dapat dilakukan di luar rumah atau bertanam di sekitar pekarangan baik dibelakang rumah ataupun diluar rumah. Tanaman hias adalah salah satu tanaman yang digemari oleh orang banyak terutama ibu rumah tangga untuk  ditanam agar mempercantik rumahnya.

Tanaman ini pada umumnya seringkali ditanam di dalam ruangan rumah dengan menggunakan media pot sebagai hiasannya selain untuk membuat lebih cantik sebuah ruangan, juga memperkuat kesan alami, serta menjadikan seuah ruangan tersebut lebih semarak.

Akan tetapi tidak banyak yang tahu apabila menempatkan sebuah tanaman hias di dalam ruangan juga dapat dan sudah terbukti dalam memberikan manfaat yaitu sebagai penunjang untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah penjelasan mengeanai beberapam manfaat dari sebuah tanaman hias apabila di tempatkan di dalam rumah.

1. Menjaga Kesehatan Pernafasan
Manusia memiliki sirkulasi pernafasan yaitu dengan cara menghirup sebuah gas oksigen dan mengeluarkan gas yang berupa karbondioksida. Maka dari itu peran dari tanaman sangat dibutuhkan untuk menggantikan gas karbondioksida tadi dengan gas oksigen, melalui proses tanaman yaitu dengan cara fotosintesis, dimana proses ini dapat mengikat gas karbondioksida.

Sehingga dengan demikian, adanya tanaman di dalam rumah sangat membantu kita dalam pemenuhan kebutuhan oksigean itu sendiri dimana apabila ada tanaman hias kita bisa mendapatkan pernafasan dengan kualitas udara yang sangat bersih dan tentunya juga menyegarkan.

Selain itu, manfaat lain dari adanya tanaman ini adalah juga dapat dan telah terbukti dapat menetralisir racun yang ada di dalam udara ruangan rumah, yang sering sekali tidak disadari berbagai sumber penyebab racun tersebut seperti, karpet, rokok, cat ataupun radiasi dari barang-barang elektronik yang mencapai 67 persen selama satu harinya.

2. Menurunkan Alergi Serta Asma
Menurut penelitian dari University of Agriculture di Norwegia, menyatakan jika tanaman hias dapat meningkatkan kelembaban udara dan juga menurunkan jumlah debu di dalam sebuah ruangan yang ditempati tanaman hias tersebut. Hal ini tentunya dapat membantu juga dalam meringankan keluhan-keluhan alergi bagi orang yang memilikinya.

Selain itu, penelitian lainnya yang hampir sama juga menyebutkan apabila tanaman hias dapat mengurangi batuk, meredakan sakit pada tenggorokan, dan sejumlah penyakit lain yang berkaitan dengan gangguan pada pernafasan hingga mencapai 30 persen.

3. Menghilangkan Stres
Jenis-jenis tanaman hias pada umumnya mempunyai tampilan yang beragam, dimana biasanya tampilannya indah mulai dari bentuk ataupun warna yang dimiliki oleh tanaman hias.

Menurut sebuah penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya menyebutkan jika seseorang memandang benda yang indah dan warna yang disukai dapat menghilangkan rasa stres yang sedang dialami oleh seseorang tersebut serta berguna menjadikan pikiran lebih fresh dan mampu menghilangkan rasa penat setelah melakukan aktifitas sehari-hari

4. Membunuh Bakteri Maupun Virus
Ada beberapa jenis dari tanaman hias yang mempunyai kemampuan dalam membunuh bakteri ataupun virus yang menyebar ke dalam ruangan. Salah satunya adalah jenis eucalyptus yang dapat mengubah bakteri menjadi antiseptic. Bakteri dan virus sendiri telah banyak diketahui dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit terutama yang berkaitan dengan pernafasan.

Jenis Eucalyptus sendiri bisa dijadikan sebagai alternatif dalam mengatasi masalah tersebut, dengan cara mudah yaitu menghirup bunganya bahkan dapat mengatasi hidung yang tersumbat.

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa manfaat tanaman hias yang ada di dalam rumah, akan tetapi sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah tersebut. Dengan adanya tanaman hias tentu mampu menjadikan suasana rumah lebih positif dan mampu menjaga kebersihan udara didalam ruangan. Semoga bermanfaat.

About Pradini Anjar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates