Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Gemetar Ketika Lapar

Penyebab Gemetar Ketika Lapar

Penyebab Gemetar Ketika Lapar

Penyebab Gemetar Ketika Lapar

Penyebab Gemetar Ketika LaparPenyebab Gemetar Ketika Lapar

Penyebab Gemetar Ketika Lapar – Setiap orang pasti pernah merasakan gemetar dengan faktor awalnya yang berbeda-beda. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gemetar. Gemetar merupakan suatu gerakan di bagian anggota tubuh yang terjadi secara refleks dan tidak disengaja, gerakannya melibatkan gerakan otot isolasi dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Semua gerakan gemetar terjadi tanpa disadari. Gerakan gemetar bisa terjadi di bagian tangan, lengan, kepala, wajah, pita suara, dan kaki. Kebanyakan orang akan mengalami gemetar pada anggota badan kaki dan tangan.

Jenis Gemetar

Gemetar yang dialami pada tubuh manusia bermacam-macam sehingga bisa dikelompokkan berdasarkan bagaimana gemetar tersebut dapat terjadi seperti :

1. Gemetar istirahat atau statis
Gemetar jenis ini terjadi ketika otot ekstremitas sedang santai. Gemetar ini terjadi pada kondisi seseorang sedang berbaring di pangkuan atau ketika seseorang diam. Jenis gemetar ini sering terjadi pada orang yang menderita penyakit parkinson.

2. Gemetar aksi
Gemetar aksi merupakan gemetar yang terjadi saat seseorang sedang aktif melakukan gerakan, seperti seseorang sedang menulis, sedang melakukan olahraga, atau melakukan kegiatan lain yang melibatkan terjadinya kontraksi otot.

3. Gemetar esensial
Gemetar jenis ini sering terjadi karena beberapa faktor seperti merasa cemas, merasa stres, tubuh kelelahan, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein tinggi, atau mengonsumsi beberapa obat tertentu.

Gemetar ini gerakannya terjadi secara perlahan dan susah untuk diketahui akibat pastinya. Gemetar ini sifatnya ringan serta tidak menunjukkan kalau seseorang sedang mengalami penyakit tertentu.
Penyebab

Gemetar bisa terjadi karena beberapa penyebab, tetapi jika gemetar terjadi saat seseorang sedang lapar maka ini bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal seperti berikut:

1. Hipoglikemia
Hipoglikemia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan kadar gula karena kadar glukosa (gula darah) dalam tubuh mengalami penurunan dari batas kadar normal. Gejala hipoglikemia akan terlihat apabila kadar gula dalam tubuh turun hingga dibawah 70 mg/dl. Kekurangan gula darah dalam tubuh akan menyebabkan seseorang merasakan gemetar dan lemas. Jika kondisi seseorang sedang kurang fit, maka hipoglikemia bisa menjadi penyebab pingsan pada seseorang bahkan sampai koma.

Tubuh kita mendapatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas dan menggerakkan otot-otot dari makanan yang kita konsumsi. Glukosa salah satu zat yang termasuk memiliki peran besar dalam pembentukan energi. Glukosa akan masuk kedalam tubuh membentuk energi melalui aliran darah yang dikirim ke sel tubuh.
Kemudian kadar glukosa di dalam tubuh yaitu tepatnya pada aliran darah akan diatur oleh hormon di dalam tubuh. Hormon yang mengatur kadar gula darah di dalam tubuh, antara lain glukagon, kortisol, dan epinefrin.

Setelah itu zat glukosa ini akan diserap oleh sel-sel dalam tubuh dibantu dengan insulin dan akan dibakar menjadi sebuah energi yang siap dipakai oleh tubuh untuk melakukan berbagai rutinitas baik yang membutuhkan tenaga maupun pikiran.

Seseorang yang mengalami hipoglikemia mengalami beberapa gejala, seperti merasa gemetar dan berkeringat, penyebab cepat lapar, sering merasa cemas, merasa mengantuk, dan lemah secara tiba-tiba. Hal itu dapat terjadi ketika anda tidur, kondisi ini gejalanya yaitu dengan mengalami mimpi aneh dan keadaan seprai basah akibat berkeringat saat tidur.

2. Gangguan darah rendah
Seseorang yang mengalami darah rendah akan mudah lemas dan kadang gemetar terjadi. Darah rendah mempunyai faktor yang berdampak pada kesehatan seseorang sehingga mudah terserang gemetar. Gangguan darah rendah tidak sama dengan anemia. Anemia merupakan kekurangan darah, sementara gangguan darah rendah merupakan tekanan darah yang rendah di dalam tubuh. Akibat gangguan darah rendah dapat membuat tubuh gemetar saat lapar.

3. Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan darah. Seseorang yang mengalami anemia akan merasakan cepat lelah dan pucat. Anemia lebih sering dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki. Anemia ini menggangu rutinitas apabila diabaikan, maka harus diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang bisa menambah darah.

4. Gangguan hormon

Gangguan hormon merupakan gangguan yang terjadi di dalam tubuh yang dapat menyebabkan tubuh mengalami gemetar saat lapar dikarenakan hormon yang tidak berfungsi normal di dalam tubuh. Hormon seseorang memang bisa terjadi gangguanapabila tubuh sedang kurang sehat sehingga teruslah menjaga kesehatan tubuh anda supaya hormon di dalam tubuh anda tetap normal dan tidak terjadi gangguan.

5. Kurang istirahat

Orang yang kurang istirahat dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh sehingga menyebabkan tubuh menjadi gemetar. Dalam sehari semalam usahakan istirahat 8 jam, karena itu merupakan hak yang dimiliki oleh tubuh untuk istirahat melakukan berbagai aktivitas dan kerjanya karena seharian telah melakukan kegiatan dan kerja yang banyak. Sama halnya dengan mesin, apabila digunakan terus-menerus tanpa istirahat yang cukup juga akan mengalami gangguan dan akan menjadi cepat rusak. Tubuh kita juga sama seperti itu, jadi perlu istirahat agar terhindar dari gejala dan gangguan kesehatan serta tubuh tetap sehat sampai usia lanjut nanti.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates