Thursday , 25 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi

Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi

Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi

Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi

Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi

Resiko dan Ketentuan Bleaching Gigi – Bleaching merupakan upaya untuk melakukan pemutihan gigi. Jika bleaching dilakukan terhadap gigi dengan demikian proses ataupun teknik dilakukan untuk pemutihan pada gigi. Proses bleaching dapat dilakukan yang menggunakan bahan tertentu supaya warna gigi dapat menjadi lebih putih serta cerah. Pemutihan tersebut dapat dilakukan di bagian email gigi serta dapat dilakukan dengan memberikan bahan hidrogen peroksida sebagai bahan kimia agar dapat memutihkan email gigi.

Proses bleaching biasanya memerlukan waktu yang tidak hanya sekali. Melainkan dapat dilakukan beberapa kali. Hal tersebut untuk memastikan supaya proses bleaching benar – benar bisa menghasilkan warna putih yang sesuai dengan keinginan. Selain itu juga untuk mengontrol efek samping yang akan menyertai proses pem-bleaching-an pada gigi.

Pada dasarnya manusia mempunyai warna gigi yang putih, akan tetapi seiring dengan penggunaan serta pola hidup khususnya terhadap pola makan, dengan demikian warna gigi dapat mengalami perubahan. berikut merupakan factor penyebab perubahan warna pada gigi, diantaranya:

1.    Makanan dan minuman
Beberapa jenis makanan serta minuman sudah terbukti dapat membuat warna gigi akan mengalami perubahan. Jenis minuman yang dapat merubah warna pada gigi seperti kandungan tanin yang terdapat dalam kopi serta teh, kandungan tersebut dapat merubah lapisan enamel yang terdapat di bagian luar gigi.

2.    Rokok
Asap rokok memiliki kandungan tar yang bisa merubah warna gigi dapat menjadi agak gelap.

3.    Plak pada gigi
Plak pada gigi dapat mengandung bakteri ataupun jamur yang menjadi factor penyebab gigi menjadi warna kuning.

4.    Riwayat penggunaan antibiotic
Beberapa obat antibiotik tertentu misalnya penggunaan tetrasiklin dapat membuat warna gigi akan menjadi kuning kecoklatan ataupun biru keabuan.

5.    Fluorosis
Yakni menyebabkan timbulnya bercak – bercak putih terhadap gigi yang disebabkan oleh proses metabolisme fluoride dengan berlebih.

Terdapat dua jenis metode ataupun prosedur yang dapat dilakukan bleaching pada gigi. Masing – masing metode mempunyai ukuran waktu bleaching yang akan berbeda. ke dua jenis tersebut diantaranya:
1.    Bleaching intra korona ( bleaching yang dilakukan pada gigi non vital)
2.    Bleaching pada gigi vital (gigi yang masih hidup)

Beberapa resiko dan efek samping yang akan selalu muncul dalam bentuk variatif terhadap pasien yang melakukan bleaching pada gigi. Secara kuantitas serta kualitas akan berbeda-beda terhadap masing -masing kasus. Efek samping tersbeut diantaranya:
1.    Menimbulkan Alergi
2.    Akan terasa nyeri
3.    Sensitifitas pada gigi
4.    Kerusakan pada struktur jaringan keras
5.    Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah pada gigi
6.    Kerusakan pada jaringan lunak yang terjadi pada rongga mulut
7.    Gigi akan kembali menguning dalam beberapa waktu

Kondisi yang Tidak Disarankan untuk Bleaching Gigi
Beberapa keadaan yang sangat tidak dianjurkan terhadap pasien untuk melakukan bleaching. Hal tersebut karena kondisi yang tidak dianjurkan tersebut bisa memberikan resiko yang sangat besar jika tetap dilakukan. Terdapat beberapa keadaan dimana pasien akan sangat tidak dianjurkan untuk melakukan bleaching, sebagai berikut :

1.    Pasien dengan usia muda atau anak-anak/remaja
2.    Pasien dengan kasus fluorosis dalam kondisi berat atau pada kasus dengan hipoplasia email serta amelogenesis imperfekta
3.    Pasien dengan gigi yang banyak mempunyai riwayat tambalan atau disebut dengan restorasi
4.    Pasien dengan riwayat tambalan gigi seperti hal ini akan sangat rawan terhadap potensi terjadinya kerusakan jaringan keras ataupun jaringan lunak dimana bahan bleaching dapat masuk melalui tambalan gigi.
5.    Pasien dengan riwayat alergi dengan peroksida

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates