Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru

Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru

Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru

Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru

Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru

Sejuta Manfaat Tanaman Dewandaru – Dewandaru merupakan tanaman yang tergolong anggota keluarga Myrtaceae yang berasal dari pantai timur Amerika selatan. Tanaman ini memiliki kerabat dengan tanaman jambu air yang umumnya digunakan sebagai tanaman pagar.

Buah dari dewandaru sendiri memiliki nama lain yaitu buah ciremai londo yang mempunyai khasiat yang besar meskipun secara ukurannya, buah ini tergolong kecil. Buah ini tidak tanggung-tanggung mampu mencegah kerusakan oksidatif akbiat dari adanya proses radikal bebas yang cukup sulit untuk diatasi oleh antioksidan yang ada pada tubuh manusia.

Selain dapat mencegah radikal bebas, buah dewandaru ini juga telah terbukti dapat mencegah kanker ataupun tumor. Sebelum menjelaskan terkait manfaat dari dewandaru ini, sebaiknya simak kandungan kimia yang ada dilam buah dewandaru ini.

1. Kandungan kimia buah Dewandaru
Dewandaru mempunyai kandungan senyawa berupa flavonoid dan fenolik. Kandungan volatil tertinggi yang ada pada buah dewandaru adalah monoterpenes sebesar 75,3%. Zat lainnya yang terkandung antara lain cisocimene sebesar 13,4%, trans-beta-ocimene sebesar 36,2%, dan juga beta-pinene sebesar 10,3%. Selain itu, di dalam ekstrak volatil buah juga dapat ditemukan kandungan terapeutik seperti selina-1,3,7(11)-trien-8-one. Hal ini mmenjadikan buah dewandaru ini mempunyai manfaat terapeutik seperti ekstrak daun.

2. Manfaat buah Dewandaru Sebagai Antioksidan
Karotenoid adalah senyawa yang terkandung di dalam buah kecil ini yang bermanfaat sebagai antioksidan. Zat ini bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Zat ini, selain ditemukan pada bagian buahnya, juga terdapat pada bagian daun dewandaru ini.

Sehingga, sangat bermanfaat bagi tubuh apabila mengonsumsi buah dan daun dewandaru ini, terlebih pada saat ini lingkungan yang ditinggali penuh dengan polusi seperti asap kendaraan, asap rokok, serta libah dari pabrik yang dimana dapat menyebabkan terbentuknya radikal bebas dan menurunkan daya tahan tubuh kita.

3. Sebagai Antibakteri
Ternyata tidak hanya buah dan daunnya saja yang bermanfaat, tetapi biji dari buah dewandaru ini juga mempunyai khasiat dalam mengobati penyakit seperti diare. Hal ini pernah diungkapkan oleh para peneliti, yang menyatakan jika protein yang terkandung di dalam biji buah ini bisa dimanfaatkan sebagai anti kuman yang dapat menghambat kuman penyabab penyakit diare.

4. Pereda Rasa Sakit
Selain berguna sebagai antioksidan, daun dan bbuah dewandaru ini juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai obat rematik. Daun dewandaru ini memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat bekerja sebagai penghilang rasa sakit yang berupa nyeri pada sendi, rematik dan lainnya. Namun, masih banyak yang belum mengetahui terkait manfaat dari tanaman dewandaru ini

5. Mengurangi Tekanan darah
Buah dan daun dari tanaman dewandaru ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kualitas dari astringent. Selain mengurangi tekanan, daun dewandaru ini dapat dimanfaatkan sebagai penurun kolesterol dan metabolism lipid yang dipakai dari dampak proteksi.

6. Mencegah kanker
Penyakit kanker adalah penyakit yang menakutkan bagi masyarakat karena dampaknya bagi kesehatan. Maka dari itu, banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mencari cara penanganan penyakit kanker, yang salah satunya adalah buah dewandaru ini. Dari sejumlah penelitian yang sudah dilakukan, tanaman dewandaru ini terbukti dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk kanker.

Akan tetapi penelitian ini sebagai obat kanker masih terus dikembangkan hingga saat ini guna memantapkan fakta bahwa tanaman dewandaru ini memang bisa dipakai sebagai obat alternatif anti kanker.

7. Sebagai Aksesoris
Buah dewandaru ini sudah sepatutnya dijuluki sebagai buah sejuta manfaat. Penyebutan ini tidaklah berlebihan, karena selain buah dan daunnya, kayu dari tanaman ini pun dapat juga dimanfaatkan. Kayu dari dewandaru ini sendiri dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi aksesoris seperti cincin, kalung, tasbih, dan gelang. Alhasil bisa mendatangkan rejeki bagi yang memang berniat untuk menekuninya.

Pada umumnya apabila kita mengkonsumsi buah ini bisa mempertahankan kesehatan karena tubuh mendapatkan asupan senyawa yang secara bertahap. Buah dewandaru ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pencegah tumor, osteoporosis, dan kerusakan pembuluh darah.

Maka dari itu, pengembangan dari tanaman dewandaru ini sangat berguna mengingat manfaat yang bisa didapatkan sangatlah besar dari tanaman ini. Dan juga tanaman ini mampu tumbuh diberbagai wilayah indonesia. Besar harapan jika tanaman dewandaru ini dilakukan pengembangan untuk kedepannya. Demikianlah berbagai manfaat dari tanaman dewandaru ini, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates