Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Gejala Herpes Genital

Seputar Gejala Herpes Genital

Seputar Gejala Herpes Genital

Seputar Gejala Herpes Genital

Seputar Gejala Herpes Genital

Seputar Gejala Herpes Genital – Herpes genital merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi yang dapat terjadi di alat kelamin dan dapat mengakibatkan penularan baik terhadap wanita ataupun pada pria. Herpes genital adalah salah satu penyakit IMS atau infeksi menular seksual yang dapat menular melalui hubungan seksual. Penyakit ini diakibatkan oleh virus herpes simpleks atau yang disingkat dengan HSV. Dalam keadaan aktif, virus ini dapat berkembang serta dapat bergerak di antara sel – sel saraf. Virus herpes simpleks dapat memasuki tubuh manusia dengan melalui berbagai membran mukosa. Membran mukosa dapat dijumpai di beberapa jaringan tubuh, misalnya di dinding mulut, di dalam telinga, di bagian dalam kelopak mata, di dalam saluran urin, serta di dinding vagina dan juga anus.HSV atau Virus herpes simplek dibedakan menjadi dua jenis, yaitu jenis HSV-1 dan jenis HSV-2. HSV-1 pada umumnya akan menyerang bagian tubuh dari bagian pinggang ke atas sampai mencapai area mulut. Sedangkan jenis HSV-2 biasanya akan menyerang di bagian pinggang ke bawah, terutama pada alat kelamin. Herpes genital sebagian besar disebabkan oleh HSV-2, meskipun pada beberapa kasus ada juga yang disebabkan oleh HSV-1 dimana penularan terjadi melalui hubungan kelamin orogenital atau dalam bahasa sehari – hari sering disebut dengan oral seks serta penularannya bisa melalui tangan.

Virus ini dapat bersembunyi dari imunitas di antara sel – sel saraf tubuh. Pada saat kambuh virus dapat kembali aktif serta bergerak yang menuju kulit dengan melalui saraf – saraf tubuh dengan demikian mengakibatkan adanya luka baru. Untuk beberapa orang yang pertama kali mengalami herpes biasanya tidak dapat mengalami gejala – gejala khusus ataupun lebih tepatnya ia tidak akan mengetahui terdapat gejala herpes dengan demikian mereka tidak mengetahui apabila sebenarnya mereka sedang mengalami penyakit herpes. Berikut ini merupakan beberapa gejala herpes genital diantaranya:

1. Kulit akan mengalami luka terbuka serta berwarna merah tanpa mengalami rasa sakit, tanpa  gatal, ataupun geli.
2. Muncul sensasi rasa gatal, rasa sakit, atau geli di area genital ataupun di daerah anal.
3. Muncul luka melepuh yang kemudian bisa pecah serta terbuka di area sekitar genital, area rektum, paha, serta pantat.
4. Muncul rasa sakit pada saat melakukan buang air kecil.
5. Muncul rasa sakit di punggung bagian bawah.
6. Muncul gejala flu misalnya demam, nafsu makan menurun, dan tubuh cepat lelah.
7. Adanya luka terbuka ataupun melepuh di area leher rahim.
8. Adanya cairan yang keluar dari area vagina.

Virus tersebut dapat menjadi laten ataupun tidak aktif dengan beberapa waktu di dalam tubuh. Pada suatu waktu dimana virus tersebut bisa aktif kembali serta dapat mengakibatkan timbulnya kembali penyakit herpes. Dengan kata lain pada saat gejala pertama herpes menghilang sehingga bukan berarti virus herpes sudah benar – benar hilang dari dalam tubuh. Pada saat tubuh pertama kali mengalami infeksi virus herpes sebetulya tubuh sudah memproduksi antibodi agar dapat melawan infeksi virus. Dengan kondisi tersebut sebetulnya tubuh sudah mengenali adanya virus di dalam tubuh. Dampaknya, infeksi virus ataupun serangan infeksi herpes yang ke dua biasanya tidak dapat separah gejala yang pertama serta gejalanya akan relatif lebih cepat hilang sebab tubuh sudah mengenali keadaan virus.

Herpes genital primer mempunyai masa inkubasi selama tiga sampai tujuh hari. Gejala yang ditimbulkan akan berupa gejala yang berat sampai gejala yang relatif ringan ataupun bahkan tidak akan tampak karena lukanya dapat berada di dalam mulut rahin perempuan. Gejala awal kondisi herpes genital akan berupa rasa seperti terbakar di area kulit yang terdapat luka. Setelah luka timbul penderita biasanya dapat merasakan gejala berupa tidak enak badan, mengalami demam, sakit kepala, mengalami kelelahan, serta nyeri otot.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates