Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Penyakit Chlamydia Trachomatis

Seputar Penyakit Chlamydia Trachomatis

Seputar Penyakit Chlamydia Trachomatis

Seputar Penyakit Chlamydia Trachomatis

Seputar Penyakit Chlamydia Trachomatis – Chlamydia trachomatis merupakan agen chlamydial pertama yang dijumpai di dalam tubuh manusia. Chlamydia trachomatis adalah bakteri yang mempunyai ukuran paling kecil yaitu 0,2 sampai 1,5 πm. Bentuk tubuh dari bakteri Chlamydia tracomatis tidak dapat beraturan. Chlamydia trachomatis dengan membentuk badan inklusi intrasitoplasma yang padat serta memiliki kandunga glikogen. Pada umumnya akan peka terhadap terhadap sulfonamida.

Bakteri Chlamydia trachomatis ini hanya bisa hidup sebagi parasite di dalam sel – sel makhluk hidup lain. Bakteri ini tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh tuan rumah eukariotik. Bakteri ini dapat ditularkan dengan melalui kontak seksual dalam individu yang sudah terinfeksi. Kelompok bakteri ini adalah kelompok prokariot yang unik sebab mempunyai dua bentuk sel di dalam siklus hidupnya. Kedua bentuk sel ini yakni badan dasar serta badan inisial. Badan dasar akan masuk ke dalam sel inang serta akan berkembang menjadi suatu badan inisial. Badan inisial akan tumbuh serta akan membelah diri yang dilepaskan dari sel inang dengan disertai pecahnya sel inang.

Bakteri ini adalah pathogen yang akan menyerang alat seksual manusia serta faktor penyebab penyakit menular seksual. Chlamydia trachomatis mempunyai akses ke dalam tubuh dengan melalui invasi dalam sel – sel epitel endoservik, endometrium, uretra, tuba fallopi, rectum serta konjungtiva. Bakteri Chlamydia trachomatis mengakibatkan infeksi terhadap pria dan juga wanita. Infeksi terhadap pria yakni: prostatitis, epididimitis, uretritis, proktitis, serta sindroma raiter. Sedangkan infeksi yang bisa terjadi pada wanita yakni: endometritis, servisitis, salfingitis, perihepatitis.

Infeksi klamidia di leher rahim atau cervicitis merupakan penyakit menular seksual yang tidak akan menunjukan gejala. Infeksi bisa ditularkan dengan melalui anal, vagina, ataupun oral. Gejala yang akan terjadi yakni perdarahan yang tidak biasa atau terdapat cairan vagina, rasa sakit pada perut, nyeri pada saat hubungan seksual atau dispareunia, tubuh demam, nyeri pada saat buang air kecil serta terdapat dorongan dalam buang air kecil untuk lebih sering dari biasanya. Pada seorang pria, Chlamydia akan menunjukkan gejala terjadinya infeksi uretritis atau radang uretra. Gejala yang akan terjadi yakni: terasa panas pada saat buang air kecil, kotoran yang tidak biasa pada penis, testikel bengkak ataupun lembut, dan tubuh terasa demam.

Pencegahan dapat dilakukan dengan setia terhadap pasangan, tidak melakukan seks sebelum menikah, menjauhi perilaku seks yang menyimpang serta beresiko, filtrasi ajakan, dan lain sebagainya. Penyakit klamidia adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang pada umumnya diakibatkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit Chlamydia trachomatis ini bisa menyerang pada orang dengan usia muda yang sebagian besar dapat menjadi kasus baru. Chlamydia trachomatis tidak dapat memproduksi di luar tubuh manusia, dengan demikian bisa terinfeksi terhadap mereka yang sudah terinfeksi. Penyakit klamidia juga akan menginfeksi bayi yang dilahirkan dari seorang ibu yang sudah terinfeksi.

Klamidia sering menimbulkan gejala yang ringan, dan gejalanya sering tidak bisa terlihat sampai beberapa minggu sesudah terinfeksi. Gejala klamidia bisa bermanifestasi sebagai nyeri pada saat buang air kecil serta akan terasa nyeri pada perut bagian bawah, selain itu, akan mengalami keputihan serta sakit saat hubungan seksual.
Faktor penyebab utama dari kondisi clamidia yaitu infeksi akibat bakteri Chlamydia trachomatis yang akan ditularkan dengan melalui hubungan seksual tanpa digunakan kondom. Pasangan juga bisa terinfeksi serta tidak terjadi ejakulasi. Selain itu penderitanya yang sudah dirawat akibat Chlamydia bisa terinfeksi kembali dari pasangan yang sudah teinfeksi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates