Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik

Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik

Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik

Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik

Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik

Tips Berkebun Alang-Alang Untuk Mendapatkan Hasil Yang Baik – Tanaman alang-alang ini biasanya seirngkali disebut sebagai tanaman rumput. Di daerah pegunungan biasanya tnaman ini sering kali digunakan penduduk setempat untuk makanan ternak mereka. Akan tetapi, perlu diketahui apabila dibalik tanaman ini banyak sebagian orang-orang menjadikan tanaman ini sebagai penghasilan setiap harinya.
Tanaman ini seringkali menjadi tanaman kebun mereka. Jika kalian  ingin berkebun dengan jenis tanaman alang-alang ini. Berikut cara beagaimana berkebun alang-alang putih yang benar dan baik agar memperoleh hasil yang maksimal. Ini lah tata cara berkebun alang-alang putih.

1. Tips Berkebun Dan Menanam Alang-Alang Putih
Langkah pertama yang harus diketahui sebelum berkebun tanaman jenis ini adalah pertama-tama, memilih bibit alang-alang puting yang sehat, baik, dan bagus. Caranya adalah dengan memilih bibit-bibit alang-alang yang didasarkan pada tunasnya yang bagus dan tidak terserang hama cabuk yang sering kali ada pada bawah daun dari alang-alang tersebut.

Tips berikutnya adalah berkebun di media tanah yang memiliki kegemburan, yang dimaksud dengan tanah gembur disini adalah tanah yang tidak bercampur kerikil di dalamnya.

Apabila tanah ini tidak bercampur dengan kerikil tentu akan mudah dalam menyuburkan tanaman bila dibandingkan dengan tanah yang bercampur dengan banyak kerikil. Maka dari itu, sebaiknya untuk menyiapkan tanah yang gembur jika digunakan untuk berkebun dengan jenis tanaman ini.

2. Waktu Penyiraman Tanaman
Sebaiknya untuk waktu penyiraman dilakukan secara teratur pada setiap pagi hari dan sore hari, serta ditempatkan pada tempat terbuka agar mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tentunya air yang terartur serta tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan air. Itulah tadi bagaimana teknik dari penyiraman alang-alang putih apabila berkebun.

3. Pemotongan daun
Berikutnya tipsnya adalah terkait dengan pemotongan daun, cara ini adalah memotong daun alang-alang yang sudah tua, tujuannnya adalah agar tanaman ini dapat bertunas dan semakin banyak nantinya

4. Pemupukan yang paling tepat
Tips berikutnya adalah dengan cara pemberian pupuk secara teratur, baik dan benar. Berkebun tanaman ini agar memperoleh hasil yang baik adalah dengan memberikan pupuk yang baik dan secara teratur dan juga tidak berlebihan.

Alangkah lebih baik apabila menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Selain itu, tanaman alang-alang ini bisa juga digunakan sebagai tanaman hias untuk dijadikan pelindung rumah dari sinar panas matahari.

5. Penyemprotan
Tujuan dari penyemprotan ini adalah agar tanaman alang-alang ini terhindar dari hama belalang, nyamuk, dan cabuk yang dapat merusak jenis tanaman ini. Untuk penyemprotan sedniri sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari selama satu minggu sekali.

6. Pembersihan dari rumput-rumput pengganggu
Berikutnya adalah membersihkan dari adanya rumput-rumput yang mengganggu pada bagian sisi-sisi tanah yang ada di dalam tanaman. Sehingga, pembersihan dari rumput-rumput ini dilakukan setiap 4 kali dalam satu bulan.

7. Pengepakan
Terakhir adalah pengepakan apabila akan dijual. Pengepakan tanaman jenis ini haruslah hati-hati agar tidak ada kecacatan di dalam tanaman. Untuk pengepakan sendiri sebaiknya dibungkus dengan sebuah plastik yang rapi. Dan waktu pemetikan tanaman ini yang baik adalah di waktu pagi hari.

Apabila tanaman ini dilakukan dengan penanaman yang baik dan tepat, serta penanganan yang tepat juga tentu akan menghasilkan sebuah tanaman yang memiliki daya nilai jual yang tinggi.

Alang-alang ini seringkali yang digunakan adalah akarnya yang bersih dan juga segar untuk dijadikan minuman, serta untuk dibuat alat-alat perabot rumah tangga yang memiliki nilai tinggi. Demikianlah tips bagaimana berkebun dan menanam alang-alang putih ini. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates