Thursday , 21 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami

Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami

Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami

Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami

Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami

Tips Mengobati Luka Bernanah Secara Alami – Nanah merupakan suatu cairan yang berwarna kuning keputihan atau berwarna kuning kehijauan yang diakibatkan bakteri. Nanah bisa ditumbulkan akibat luka kecil, akibat jerawat, serta bisul. Pada umumnya, nanah dapat terdiri dari sel darah putih serta bakteri mati yang diakibatkan peradangan. Apabila mengalami luka, nanah bisa terbentuk serta harus dicuci dengan menggunakan antiseptik.

Luka bernanah dapat diakibatkan karena terjadi infeksi di suatu luka yang tidak dilakukan pengobatan. Luka bernanah yang sudah parah bisa menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman serta menimbulkan pegal – pegal. Berikut merupakan tips untuk mengobati luka bernanah, diantaranya:

1.    Kunyit
Kunyit memang mempunyai manfaat yang sangat beragam salah satunya dapat mengobati luka yang bernanah, sebab kunyit mempunyai kandungan berbagai antibiotik yang berguna untuk membuat luka menjadi cepat kering, sehingga akan cepat sembuh. Untuk menggunakan dapat dilakukan dengan parut kunyit secukupnya, peraslah parutan kunyit tersebut kemudian ambillah airnya, sesudah itu oleskanlah pada luka yang bernanah yang sudah dibersihkan dengan menggunakan air garam yang hangat.

2.    Bubuk Kopi
Bubuk kopi selain untuk kecantikan bubuk kopi bisa digunakan untuk mengobati luka yang bernanah, selain untuk mengobati luka bernanah juga dapat mengobati luka tergores, dapat mengobati luka terbakar, dan lainnya. Bubuk kopi bisa menyembuhkan berbagai luka tersebut sebab bubuk kopi mempunyai kandungan dengan bersifat sebagai anti bakteri yang dapat membunuh suatu bakteri Methicillin resistant starhyloccocus aureus, dimana bakteri tersebut terdapat dalam luka yang bernanah.

3.    Dengan Garam dan Air Hangat
Selain untuk bumbu dapur, garam juga dapat memiliki berbagai khasiat lainnya seperti dapat mengobati luka yang mengalami infeksi sebagai penyabab luka menjadi bernanah. Adapun cara untuk menggunakannya dengan melarutkan garam dangan menggunakan air hangat, bersihkanlah luka yang terinfeksi dengan menggunakan air garam tersebut dengan perlahan, lakukanlah sebanyak 3 kali dalam sehari supaya luka dapat cepat sembuh serta mengering.

4.    Minyak Kayu Putih
Selain dapat digunakan untuk obat herbal masuk angin, minyak kayu putih juga bisa digunakan sebagai obat luka yang bernanah, selain itu bermanfaat dalam mengobati penyakit di luar tubuh misalnya alergi, gatal – gatal, serta gigitan serangga. Minyak ini juga sangat efektif dalam menyembuhkan luka – luka tersebut sebab minyak kayu putih memiliki kandungan disenfektan yang dapat mengobati infeksi yang terdapat pada tubuh bagian luar, serta memiliki kandungan sebagai analgesik yang berguna untuk pereda nyeri.

5.    Lengkuas
Lengkuas selian dapat digunakan sebagai bumbu dalam masakan, namun lengkuas juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengobati luka yang bernanah. Cara menggunakannya yakni menyediakan lengkuas secukupnya, tumbuklah lengkuas bersama bawang merah. Untuk hasil yang maksimal dapat ditambahkan bawang putih. Gunakanlah dengan rutin supaya luka yang bernanah agar cepat hilang.

6.    Bawang Merah
Bawang merah bisa digunakan untuk obat luka yang mengalami bernanah, pada dasarnya dasarnya bawang merah mempunyai efek samping akan tetapi bawang merah bisa menyembuhkan luka yang bernanah dengan cara mencampurkannya bersama minyak zaitun.

7.    Kulit Jeruk Bali
Perlu diketahui bahwa jeruk bali sangat efektif untuk menyembuhkan luka yang mengalami bernanah yakni dengan cara menjemur kulit jeruk bali tersebut sampai kering, sesudah kering kulit jeruk bali tersebut dibakar kemudian ditumbuk, sesudah ditumbuk gunakanlah tumbukan kulit jeruk bali ini untuk mengobati luka yang bernanah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates