Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan yang Rendah Purin

Jenis Makanan yang Rendah Purin

Jenis Makanan yang Rendah Purin

Jenis Makanan yang Rendah Purin

Jenis Makanan yang Rendah Purin

Jenis Makanan yang Rendah Purin – Purin adalah zat yang natural yang terdapat dalam sel tubuh. Purin yang terdapat dalam makanan, jika dikonsumsi sehingga akan masuk ke dalam tubuh yang akan menjadi asam urat. Proses terbentuknya asam urat sebetulnya dapat menyehatkan, akan tetapi jika kadarnya berlebihan dengan demikian hasilnya akan mengganggu kesehatan.
Asam urat sebenarnya bersifat sebagai antioksidan serta perannya yakni dapat melindungi lapisan pembuluh darah. Kebanyakan kasus yang terjadi, dimana gangguan pada fungsi ginjal akan menyebabkan asam urat menjadi berlebihan di dalam tubuh. Sehingga radang sendi serta serangan gout disebabkan oleh adanya asam urat yang tinggi.Pembentukan kristal asam urat dapat terjadi yang akhirnya akan terjadi penumpukan di bagian sendi, hal ini dapat memicu pengikisan pada jaringan lunak. Dengan demikian, gejala radang sendi dapat terpicu maka menyebabkan asam urat. Agar dapat menghindari asam urat, berikut merupakan jenis makanan yang rendah purin, diantaranya:

1. Kacang Tanah
Kacang tanah ini sangat bagus bagi para wanita hamil serta bahkan berguna untuk menurunkan resiko depresi. Selain dapat mengontrol berat badan serta dapat mengurangi potensi berbagai jenis penyakit jantung, kacang tanah juga rendah purin sehingga dapat mencegah penyakit kanker usus besar serta batu empedu.

2. Wortel
Wortel merupakan makanan sehat yang kaya dengan vitamin dan juga mineral. Dengan mengkonsumsinya tidak hanya dapat mencegah dari asam urat, namun juga dapat mendetoksifikasi tubuh dengan alami  dan dapat menurunkan potensi terjadinya stroke ataupun penyakit kanker.

3. Jagung
Jagung di dalmnya kaya dengan kandungan kalori, selain itu juga jagung manjadi salah satu makanan pokok. Jagung bersifat sebagai antioksidan dan mengandung mineral serta vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Selain rendah purin, jagung juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi serta dapat sebagai pengontrol terhadap darah tinggi dan diabetes. Khasiatnya lainnya juga dapat melindungi jantung dan dapat mengurangi risiko terjadinya anemia.

4. Apel
Buah apel memiliki kandungan rendah purin, dengan demikian buah apel merupakan makanan tepat dalam mencegah penyakit asam urat. Jika sudah telanjur mengalami kondisi radang sendi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari.

5. Pisang
Buah pisang memiliki kandungan folat, mengandung magnesium dan juga kalium yang cukup tinggi, selain itu buah pisang juga rendah kandungan purin. Pisang sangat bagus untuk dikonsumsi ke dalam menu diet dengan rendah purin, terutama untuk para penderita penyakit asam urat. Selain itu juga, potensi hipertensi, penyakit jantung, penyakit asma serta penyakit kanker dapat diturunkan dengan mengkonsumsi buah pisang.

6. Melon
Buah melon memiliki banyak mengandung air yang baik dalam menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan purin yang rendah sangat bermanfaat untuk para penderita dengan gejala asam urat serta radang sendi.7. Jeruk
Buah jeruk selain kaya dengan kandungan vitamin C nya, juga memiliki kandungan purin yang rendah. Buah jeruk selain rendah purin yang bagus dikonsumsi untuk para penderita asam urat, juga dapat menurunkan berat badan. Buah jeruk ini sangat aman dikonsumsi untuk yang mengalami radang sendi, namun tidak untuk penyakit maag.

8. Asparagus
Jenis sayuran asparagus ini memiliki kandungan purin rendah dengan demikian bagus untuk yang ingin melakukan program diet rendah purin. Kandungan folat serta kandungan vitamin K di dalamnya juga sangat bagus untuk tubuh. Aspaagus bersifat antioksidan serta sebagai anti inflamasi, juga sebagai diuretik alami.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates