Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir

Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir

Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir

Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir

Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir

Ketahui Bahaya Terkena Radiasi Nuklir – Reaksi nuklir adalah salah satu bentuk reaksi yang berkaitan dengan reaksi inti atom ataupun nucleus. Dimana reaksi tersebut termasuk salah satu bentuk suatu reaksi yang kuat, bahkan dapat menembus beberapa dengan yang bahan keras. Reaksi ini mempunyai sifat yang khas, yaitu tidak bisa di rasakan langsung oleh indera pada tubuh manusia. Agar dapat mendeteksi terkenanya radiasi dapat menggunakan suatu alat ukur radiasi misalnya detector serta dapat menggunakan peralatan lain yang sifatnya untuk menunjang.Berikut merupakan bahaya terkena radiasi nuklir, diantaranya:
1. Resiko terkena kanker tinggi
Seseorang yang sudah mengalami kontaminasi oleh radiasi nuklir pada tubuhnya, maka resiko untuk mengalai penyakit kanker akan sangat tinggi. Karena nuklir tersebut apabila sudah masuk ke dalam tubuh manusia dapat meningkatkan percepatan serta pertumbuhan virus sebagai faktor penyebab penyakit kanker.

2. Menurun minat untuk menikah bagi yang lajang
Tubuh yang terkena radiasi nuklir, bisa sangat sulit untuk dapat di sembuhkan. Dimana nuklir adalah salah satu energi yang cukup besar serta akan sangat membahayakan. Ia dapat merusak gen serta kromosom di dalam tubuh. Dampak jangka panjangnya, apabila ia menikah serta mempunyai anak, maka efek radiasi akan tetap muncul serta di turunkan pada anaknya. Inilah yang mengakibatkan minat untuk menikah mulai menurun.

3. Resiko kelahiran cacat
Nuklir merupakan salah satu bencana untuk semua orang yang tekena radiasi, meskipun hanya sedikit. Perlu diketahui bahwa radiasi nuklir dapat membahayakan wanita yang sedang hamil, serta berada di area tersebut. Sebab dapat meningkatkan resiko kecacatan anak pada saat di lahirkan nanti.

4. Terkena kanker kelenjar tiroid
Seseorang yang sudah terkena radiasi nuklir akan menderita kanker kelenjar tiroid. Sebab iodium yang dapat dihasilkan dari radiasi nuklir akan mengaktifkan iodium radio aktif. Dengan demikian akan membahayakan kelenjar tiroid serta dapat menghancurkan sebagian ataupun seluruh tiroid.

5. Resiko gangguan penyakit kardiovaskular
Dampak jangka panjang akibat terkena radiasi nuklir salah satunya yakni menyebabkan gangguan penyakit kardiovaskuler. Hal tersebut sangat berhubungan erat dengan sistem regulasi pada manusia misalnya komponen darah serta pembuluh darah. Kekuatan radiasi nuklir dengan sebanyak 1000 hingga 5000 dapat langsung beresiko terhadap kerusakan jantung dengan mendadak. Sel serta jaringan yang ada pada organ jantung akan mengalami kejang – kejang kemudian mati mendadak. Resiko penyakit gagal jantung serta kematian mendadak sebagai akibat serangan jantung semakin tinggi.

6. Rambut mudah rontok
Seseorang yang sudah terkena paparan radiasi nuklir mempunyai dampak jangka panjang yang cukup buruk. Salah satunya menyebabkan rambut akan mudah rontok. Apabila kekuatan radiasi 200 rems ataupun lebih, maka rambut dapat hilang sekaligus.
7. Merusak sel otak
Sel otak dapat rusak secara langsung apabila terkena sinar radiasi nuklir dengan sebanyak 5000 rems ataupun lebih. Hal tersebut diakibatkan karena jaringan pada otak mengalami kejang – kejang, kemudian mati mendadak. Kerusakan tersebut tergolong parah, serta dapat berakibat fatal.8. Mengganggu sistem regulasi
Jaringan tubuh dapat segera rusak apabila sampai terkena radiasi nuklir dengan sebanyak 100 rems. Hal tersebut mengakibatkan limfosit darah mengalami penurunan, dengan demikian akan memudahkan tubuh untuk mengalami infeksi.

9. Merusak saluran pencernaan
Radiasi nuklir akan sangat berpengaruh terhadap saluran pencernaan. Kekuatan dengan 200 rems dari efek radiasi dapat mengakibatkan kerusakan parah terhadap lapisan saluran usus. Kondisi tersbeut dapat menyebabkan tubuh akan selalu merasa muntah serta mual. Bahkan pada saat merasa ingin buang air besar, yang akan keluar bukan hanya tinja akan tetapi juga disertai darah.

10. Merusak saluran reproduksi
Saluran reproduksi dapat rusak sebagai akibat radiasi sinar nuklir. Bahkan akan lebih rentan dibanding organ tubuh lainnya. Dengan radiasi berkekuatan kurang dari 200 rems juga sudah dapat menghancurkan organ kelamin. Dampak jangka panjangnya menyebabkan kemandulan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates