Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Komplikasi Penyakit Herpes Genital

Komplikasi Penyakit Herpes Genital

Komplikasi Penyakit Herpes Genital

Komplikasi Penyakit Herpes Genital

Komplikasi Penyakit Herpes Genital

Komplikasi Penyakit Herpes Genital – Herpes genital merupakan jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus dimana penyebaranya akan terjadi secara kontak langsung dengan penderitanya. Adapun penularan virus tersebut bisa melalui pada beberapa bagian yang lembab misalnya mulut, anus dan dinding kulit genital. Selain itu, penyebaran virus juga dapat terjadi dengan melalui luka herpes yang dapat dijumpai di beberapa daerah tubuh misalnya pada mata, mulut, ataupun area tubuh yang lainnya. Pada saat terlepas dari kulit, virus ini tidak dapat bertahan dengan waktu yang relatif lama.
Berikut merupakan beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit herpes genital diantaranya:

1. Penyakit Infeksi Seksual Menular Lainnya
Apabila mengalami luka terbuka herpes genital dengan demikian dapat sangat rentan untuk mengalami terinfeksi ataupun akan tertular penyakit menular seksual yang lainnya. Keadaan ini bisa semakin dapat terjadi terutama apabila tidak menggunakan pengaman pada saat berhubungan seksual. Hal yang paling parah dapat menularkan penyakit AIDS. Apabila mengalami penyakit HIV, penyakit herpes genital bisa lebih sering kambuh karena virus herpes genital dapat aktif kembali pada saat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan.

2. Terjadi Inflamasi atau Peradangan
Komplikasi lain yang dapat terjadi bersama dengan munculnya penyakit herpes genital yakni inflamasi atau terjadi peradangan pada saluran kemih. Pembengkakan sebagai akibat herpes genital dapat menutupi jalur uretra yang selama beberapa hari. Apabila keadaan tersebut terjadi dengan demikian harus dimasukkan kateter agar dapat menyedot isi kandung kemih. Peradangan tidak hanya akan terjadi pada saluran uretra. Dimana kemungkinan besar, akan terjadi peradangan di bagian rektal. Inflamasi yang terjadi pada dinding rektum tersebut biasanya dapat terjadi pada seorang pria yang melakukan hubungan seksual bersama pria yang lainnya. Pada kasus yang termasuk sangat langka, virus herpes simplek juga dapat mengakibatkan radang pada selaput otak atau menyebabkan meningitis.

3. Herpes Genital pada Masa Kehamilan
Penyakit Herpes genital dapat menimbulkan gangguan pada saat hamil. Virus juga dapat ditularkan kepada bayi pada saat dilahirkan. Apabila virus herpes simpleks sudah menginfeksi tubuh sebelum masa kehamilan dengan demikian kemugkinan besar tidak dapat terjadi penularan virus terhadap bayi pada saat si ibu hamil. Pada saat wanita hamil akan menderita herpes genital di masa akhir kehamilannya dengan demikian ibu dapat melepaskan banyak antibodi terhadap janin di dalam kandungannya dengan demikian bayi dapat terlindung dari penularan akibat virus herpes.

4. Infeksi Virus HSV pada Bayi pada saat Proses Persalinan
Infeksi akibat virus herpes pada bayi dapat berdampak buruk terhadap organ tubuh pada bayi, misalnya pada mata, mulut, serta kulit bayi. Selain itu, otak serta sistem saraf juga dapat terganggu. Pada kondisi neonatal herpes yang sudah parah, virus dapat mengifeksi bagian organ paru – paru serta hati sampai mengakibatkan kematian.
Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mencegah infeksi ataupun mencegah penularan virus herpes simpleks, sebagai berikut:

1. Tingkat penularan virus herpes genital sangat tinggi terutama pada saat infeksi virus sedang kambuh. Oleh sebab itu disarankan supaya tidak melakukan hubungan seksual pada saat sedang mengalami herpes genital.

2. Apabila gejala infeksi herpes berupa luka terbuka atau kulit melepuh yang terdapat pada mulut dengan demikian alangkah baiknya tidak mencium bagian kulit yang melepuh tersebut.

3. Meskipun penggunaan kondom tidak dapat memberikan perlindungan secara penuh terhadap terjadinya penularan virus HSV, akan tetapi upaya pencegahan untuk menggunakan kondom sangat dianjurkan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates