Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia

Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia

Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia

Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia

Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia

Metode Diagnosa dan Upaya Pengobatan Spasmofilia – Spasmofilia merupakan suatu kondisi kesehatan yang cukup umum dialami pada masyarakat di negara Indonesia. Kalangan muda di negara Indonesia dengan usianya tergolong produktif, yaitu 14 sampai 35 tahun cukup banyak yang menderita spasmofilia. Kondisi spasmofilia merupakan suatu gangguan terhadap kesehatan yang berkaitan erat dengan kondisi hipokalsemi. Hipokalsemi adalah suatu keadaan di dalam tubuh seseorang yang mengalami penurunan terhadap kadar kalsium di dalam darah.Mungkin kekakuan serta kejang pada otot merupakan sesuatu hal yang biasa akibat tubuh yang terlalu lelah sesudah melakukan aktivitas padat. Akan tetapi jika gejala – gejala yang terjadi cukup mencurigakan, alangkah baiknya segeralah konsultasikan dengan tenaga medis untuk dilakukan penanganan. Jika kondisi spasmofilia maka diagnosa akan dilakukan upaya sebagai berikut:

1. Pemeriksaan laboratorium
Tujuan dari pemeriksaan laboratorium ini agar dapat mengetahui besarnya kadar magnesium serta kadar kalsium di dalam darah.

2. Trousseau’s sign
Pemeriksaan ataupun diagnosa dengan langkah ini dilakukan dilakukan dengan melalui pembuatan iskemi di area lengan pada saat sedang mengukur tekanan darah. Tujuan dari langkah tes ini agar dapat mengetahui rata – rata sistolik dan juga diastolik. Untuk dapat melihat keduanya, biasanya tekanan darah harus dapat dipertahankan dengan waktu selama beberapa menit.

3. Chvostek’s sign
Dengan metode pada pemeriksaan ini, dokter dapat melakukannya dengan menyentuh bagian pipi pasien atau dapat dilakukan dengan fokus pada dua cm di depan Tragus telinga dengan memukulnya secara ringan. Tragus telinga tersebut merupakan salah satu bagian pada telinga yang menonjol di area pipi.

4. Pemeriksaan lanjutan
Agar dapat menunjang hasil yang sudah di peroleh dari hasil pemeriksaan – pemeriksaan yang sebelumnya, dengan demikian dibutuhkan pemeriksaan lanjutan dengan melakukan EMG atau elektromiografi. Pemeriksaan gradasi dapat dilakukan dengan metode ini yang akan disesuaikan dengan kadar kalsium yang terdapat di dalam darah. Tanpa melakukan pemeriksaan ini, biasanya dokter dapat kesulitan dalam menentukan diagnosa penyakit spasmofilia.

Setelah melakukan penentuan diagnosa, maka akan dilakukan pengobatan agar dapat menyembuhkan atau menghilangkan kondisi spasmofilia.  Pada saat kedua tangan mengalami gejala kram serta kaku dan bahkan bagian jari tangan sudah menguncup serta kondisi nafas yang pendek, dengan dmeikian kondisi tersebut disebut dengan serangan spasmofilia. Untuk serangan tersebut, dapat diatasi dengan cukup mengatur nafas, untuk tetap berfikir positif serta tetap tenang.

Pada umumnya, pada penderita spasmofilia akan dirawat dengan melalui rawat jalan, meskipun memang terdapat penderitanya yang di rawat inap. Pemberian obat yang mengandung magsesium serta kalsium dapat dilakukan oleh dokter karena terdapat hubungannya dengan keadaan tubuh yang mengalami kekurangan dua jenis mineral penting.
Obat penenang adalah jenis obat lainnya yang dapat diberikan untuk pasien dengan penderita spasmofilia. Akan tetapi bukan hanya sekadar tindakan medis tersebut yang dapat diberikan, dokter juga dapat menganjurkan pada pasien agar dapat berdiet tinggi kalsium supaya dapat mengembalikan kadarnya yang rendah untuk menjadi normal kembali.

Makanan – makanan dengan kandungan kalsium misalnya sayur, ikan, buah, telur serta susu bisa sangat membantu untuk pemulihan pada kondisi penderita spasmofilia. Tidak hanya itu, rajin melakukan olahraga juga dapat membantu untuk mengobati spasmofilia dengan alami, akan tetapi pastikan bahwa untuk mengetahui batasan olahraga. Fisioterapi juga dapat dilakukan untuk mengobati pasien agar hasil kesembuhan menjadi lebih maksimal.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates