Tuesday , 24 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital

Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital

Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital

Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital

Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital

Penyebab dan Upaya Pengobatan Herpes Genital – Herpes genital merupakan penyakit yang diakibatkan oleh HSV atau virus herpes simpleks. Biasanya penyakit herves genital ini dapat disebarkan atau dapat menular dengan melalui hubungan seksual yakni vagina, oral, serta anal. Virus sebagai faktor penyebab herpes genital ini dapat mengalami penyebaran dengan melalui kontak langsung bersama pasangan yang sudah terinfeksi oleh virus herves genital. Penularan virus ini tidak akan menunjukkan gejala atau tanda apapun. Virus HSV dapat kembali aktif pada saat sistem ketahanan tubuh sedang mengalami penurunan. Kondisi seperti itu dapat terjadi pada saat seseorang mengalami infeksi, sedang ada dalam kondisi stres, sedang mengalami kemoterapi, atau akibat terkena virus HIV. Tidak hanya itu, akibat terbiasa mengkonsumsi minuman yang beralkohol juga dapat memicu virus HSV untuk kembali aktif.

Berikut merupakan langkah ataupun metode pemeriksaan yang dapat digunakan dalam mendiagnosis penyakit herpes genital adalah:
1. Pada saat seseorang sedang mengalami kondisi infeksi herpes genital dengan demikian diagnosis bisa dengan mudah dilakukan bahkan dengan melakukan diagnosis yang cukup akurat. Untuk mendiagnosis kondisi herpes genital secara akurat, dokter biasanya membutuhkan sampel cairan dari luka yang sedang melepuh. Agar dapat memastikan seseorang mengalami herpes genital dengan demikian sampel cairan tersebut dapat di periksa ke laboratorium.

2. Selain dengan melakukan pemeriksaan sampel cairan, maka pemeriksaan adanya antibodi terhadap virus herpes genital juga dapat dilakukan pemeriksaan dengan melalui sampel darah penderitanya.

3. Untuk mendiagnosa keberadaan terhadap virus herpes genital dapat dilakukan dengan melakukan tes reaksi berantai polimerase atau dapat disebut dengan PCR. Metode tes tersebut dapat memeriksa apakah terdapat virus tipe HSV di dalam tubuh dengan melalui pemeriksaan sampel darah ataupun cairan herpes.

Pengobatan Herpes Genital
Sampai saat ini belum ada vaksin atau obat yang dapat menghilangkan virus herpes genital yang ada di dalam tubuh. Pengobatan yang dapat dilakukan biasanya agar dapat mengurangi gejala – gejala herpes genital. Adapun jenis obat – obatan yang dapat diberikan misalnya famsiklovir, asiklovir, dan valasiklovir. Obat – obatan tersebut tidak akan menghilangkan keberadaan pada virus herpes simpleks yang ada di dalam tubuh, namun asupan obat tersebut dapat bermanfaat dalam mencegah virus herpes di dalam tubuh untuk menggandakan diri.

Agar dapat mengurangi gejala yang akan ditimbulkan oleh herpes genital dengan demikian dapat dilakukan dengan beberapa upaya, sebagai berikut:

1. Tutuplah luka herpes dengan menggunakan es batu yang di balut dengan menggunakan kain. Cara tersebut dapat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan serta dapat mengurangi gejala yang akan ditimbulkan. Akan tetapi jangan pernah menempelkan es batu dengan langsung di permukaan kulit yang sedang mengalami luka.

2. Lakukan pembersihan di area kulit yang sedang mengalami luka dengan teratur.

3. Anda dapat menggunakan krim peghilang rasa sakit di area luka yang mengalami lepuh. Usahakan minum air yang cukup atau bahkan tingkatkan dalam minum air. Kedua metode ini akan bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada saat buang air kecil.

4. Gunakanlah pakaian yang longgar agar dapat mengurangi tekanan serta rasa sakit di area kulit yang sedang mengalami luka melepuh.

5. Apabila adanya gejala infeksi virus herpes timbul dengan intensitas yang cukup sering, dengan demikian kemungkinan besar tubuh sedang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah. Kondisi tersebut artinya jumlah antibodi yang terdapat di dalam tubuh akan relatif rendah dengan demikian gejala herpes genital yang akan dirasakan bisa relatif lebih parah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates