Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak

Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak

Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak

Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak

Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak

Penyebab Pembuluh Darah Pecah pada Otak – Otak adalah salah satu organ vital pada manusia karena di dalam otak terdapat banyak sekali pembuluh darah serta syaraf yang menaungi syaraf – syaraf indera yang terdapat dalam tubuh manusia. dengan demikian tidak boleh menyepelekan kondisi pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh, sebab pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh mempunyai tugas yang berat. Tugas dari pembuluh darah dapat mengangkat darah yag sebanyak 6800 liter dalam setiap harinya.Terdapat banyak berbagai hal yang dapat mengakibatkan pembuluh darah menjadi rusak. Apabila dalam kondisi rusak, dengan demikian tugas ataupun fungsi dari pembuluh darah tersebut dapat terganggu sehingga akibatnya pasokan darah yang menuju seluruh organ tubuh manusia tidak dapat berjalan lancar. Berikut merupakan berbagai macam penyebab pembuluh darah mengalami rusak hingga pecah pada otak, diantaranya :

1. Tekanan Darah Tinggi
Salah satu faktor penyebab pembuluh darah mengalami pecah pada otak yakni akibat tekanan darah yang tinggi. Untuk seseorang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi langkah baiknya jangan pernah menyepelekan kondisi tersebut. Dimana tekanan darah tinggi menjadi pemicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis misalnya penyakit jantung dan penyakit stroke. Oleh karena itu penting sekali untuk setiap orang yang mengalami hipertensi agar dapat menurunkan tekanan darah tinggi yang terdapat di dalam tubuhnya. Apabila tekanan darah tidak segera ditangani dengan demikian dapat terserang penyakit jantung, apabila jantung terserang dengan demikian pembuluh darah yang terdapat pada otak akan berpotensi mengalami pecah.

2. Cidera
Faktor penyebab pembuluh darah mengalami pecah pada otak yakni akibat cidera. Cidera adalah hal paling umum terjadi sebagai faktor penyebab seseorang akan mengalami pembuluh darah pecah pada otak. Cidera ini dapat terjadi sebagai akibat kecelakaan yang mengakibatkan benturan pada kepala karena terjatuh. Pada saat pembuluh darah pecah pada otak, dengan demikian dapat mengakibatkan pendarahan pada otak bahkan dapat mengakibatkan penggumpalan pada otak. Dnegan demikian harus dilakukan operasi agar dapat mengangkat gumpalan darah tersebut.

3. Aneurisma
Aneurisma adalah faktor penyebab seseorang akan mengalami pembuluh darah pecah pada otak. Kondisi Aneurisma menyebabkan semakin lemahnya dinding pada pembuluh darah sebagai akibat mengalami pembengkakan. Penyakit ini dapat memicu timbulnya penyakit stroke serta pendarahan otak apabila sudah parah.

4. Angiopati
Angiopati adalah kelainan yang terdapat pada dinding pembuluh darah. Angiopati biasanya akan terjadi pada dinding pembuluh darah. Angiopati dapat diakibatkan oleh usia yang semakin bertambah serta akan diperparah akibat tekanan darah yang tinggi.

5. Tumor Otak
Pecahnya pembuluh darah pada otak dapat diakibatkan oleh tumor yang terjai pada otak. Tumor otak adalah sel abnormal pada otak serta dapat membentuk suatu gumpalan seperti daging padat yang terdapat di dalam otak. Apabila tumor ini terdapat dalam otak dampaknya peredaran darah di otak akan menjadi tidak lancar. Dengan demikian dampaknya pembuluh darah pecah karena tertahan oleh masa tumor tersebut.

6. Malaformasi Arteriovenosa
Malaformaso arteriovenosa merupakan jenis kelainan genetik yang dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah pada otak, karena melemahnya pembuluh darah yang dialami sejak lahir.7. Penyakit Hati
Penyakit hati dapat mengakibatkan pembuluh darah pada otak menjadi pecah. Penyakit hati misalnya penyakit sirosis hati, fatty liver, serta penyakit liver lainnya dapat meningkatkan resiko pendarahan yang terdapat pada  otak manusia.

8. Kelainan Darah
Kelain darah dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah pada otak. Contoh jenis penyakit kelainan darah yang dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah pada otak yakni penyakit hemofilia serta anemia jenis sel sabit.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates