Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Scabies dan Bentuknya

Seputar Scabies dan Bentuknya

Seputar Scabies dan Bentuknya

Seputar Scabies dan Bentuknya

Seputar Scabies dan Bentuknya

Seputar Scabies dan Bentuknya – Skabies merupakan jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh infestasi serta sensitisasi akibat Sarcoptes scabiei varian hominis serta produknya. Sinonim dari penyakit ini yakni penyakit kudis. Penyakit scabies ini banyak dialami pada anak – anak dan juga orang dewasa muda kalangan pria maupun wanita.Tingkat Hygiene merupakan saah satu faktor penyebab terjadinya penyakit scabies. Terdapat beberapa bentuk penyakit scabies yang dapat ditemukan antara lain:

1. Skabies pada Orang Bersih
Jenis scabies ini terjadi pada orang dengan tingkat kebersihan yang cukup. Biasanya akan sangat sukar dijumpai terowongan. Kutu biasanya akan hilang karena mandi dengan teratur. Bentuk ini dapat ditandai dengan adanya lesi yang berupa papul serta terowongan dengan jumlahnya yang sedikit dengan demikian akan sangat sukar ditemukan.

2. Skabies Inkognito
Obat steroid topikal ataupun sistemik bisa menyamarkan gejala serta tanda penyakit scabies, namun infestasi akan tetap ada. Sebaliknya pada pengobatan dengan cara steroid topical yang lama bisa mengakibatkan lesi akan bertambah hebat. Hal tersebut diakibatkan oleh terjadinya penurunan respon pada imum seluler.

3. Skabies Nodular
Pada bentuk scabies ini lesi dapat berupa nodus coklat dengan warna kemerahan yang gatal. Nodus biasanya bisa terdapat di daerah yang tertutup, terutama di bagian genitalia laki – laki, inguinal serta aksila. Nodus ini dapat timbul sebagai suatu reaksi hipersensetivitas terhadap adanya tungau scabies. Pada nodus yang berusia lebih dari 1 bulan tungau akan jarang ditemukan. Nodus mungkin bisa menetap selama beberapa bulan hingga satu tahun walaupun sudah diberi pengobatan anti skabies serta kortikosteroid.

4. Skabies yang ditularkan melalui hewan
Di negara Amerika, sumber utama penyakit skabies adalah hewan anjing. Kelainan tersebut berbeda dengan kondisi skabies pada manusia yakni tidak adanya terowongan, tidak akan menyerang sela jari serta genitalia eksterna. Lesi biasanya akan terdapat di daerah dimana orang sering mengalami kontak atau memeluk binatang kesayangannya yakni bagian paha, dada, perut, dan lengan. Masa inkubasi akan lebih pendek serta transmisi dapat lebih mudah. Kelainan kondisi ini hanya bersifat sementara (4 sampai 8 minggu) serta bisa sembuh dengan sendiri sebab Sarcoptes scabiei terhadap binatang tidak bisa melanjutkan siklus hidupnya pada manusia.

5. Skabies Norwegia
Skabies Norwegia atau disebut dengan skabies krustosa dapat ditandai dengan adanya lesi yang luas dengan skuama generalisata, krusta, dan hyperkeratosis yang tebal. Tempat predileksi biasanya kulit kepala yang berambut, siku, telinga bokong, lutut, telapak tangan serta kaki yang akan disertai dengan distrofi kuku. Berbeda dengan jenis skabies biasa, rasa gatal pada pasien dengan jenis skabies Norwegia tidak akan menonjol namun bentuk ini dapat sangat menular sebab jumlah tungau yang dapat menginfestasi sangat banyak (sampai ribuan). Skabies Norwegia dapat terjadi sebagai akibat defisiensi imunologik dengan demikian sistem imun tubuh gagal untuk membatasi proliferasi tungau yang akan berkembangbiak secara mudah.

6. Skabies pada bayi dan anak
Lesi skabies terhadap anak bisa mengenai seluruh tubuh, termasuk di seluruh kepala, pada leher, pada telapak tangan, pada telapak kaki dan akan sering terjadi infeksi sekunder yang berupa impetigo, ektima dengan demikian terowonganakan  jarang ditemukan. Pada bayi terjadi lesi di daerah muka.7. Skabies yang disertai dengan penyakit menular seksual yang lain
Skabies akan sering dijumpai dengan penyakit menular seksual yang lain misalnya gonorhoe, penyakit sifilis, penyakit pedikulosis pubis, penyakit herpes genitalis dan jenis penyakit seksual yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates