Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami

Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami

Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami

Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami

Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami

Tips Meningkatkan Albumin Darah Secara Alami – Albumin adalah salah satu bagian dari protein plasma darah yang terdapat di dalam tubuh manusia. Albumin atau disebut dengan albus adalah salah satu bagian dari protein plasma darah yang memiliki banyak peranan. Albumin merupakan protein darah yang dapat diproduksi oleh organ hati serta dapat berperan untuk mempertahankan volume darah secara normal. Tingkat albumin yang rendah akan dikaitkan dengan kondisi sirosis hati. Tingkat normal dari albumin yaitu 3.2 sampai 5.0g.Albumin memiliki banyak manfaat untuk organ tubuh, terlebih tempatnya terdapat di dalam darah manusia yang bersifat sangat vital. Beberapa fungsi dari albumin di dalam darah ini antara lain:

1. Sebagai pengikat darah
Sebetulnya sel darah di dalam tubuh tidak sepenuhnya memiliki bentuk cairan. Yang akan membuat darah mempunyai bentuk cairan seperti albumin ini. Albumin dpaat mengikat seluruh bagian sel darah bersama air dengan demikian darah akan membentuk menyerupai seperti cairan. Selain itu albumin dapat mengikat darah di saat jumlahnya tidak sesuai dengan keperluan tubuh kita. Sel –  sel darah serta cairan dapat terpisah – pisah serta bisa membentuk endapan darah atau disebut dengan kondisi edema di beberapa bagian tubuh tertentu.

2. Sebagai penjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh
Untuk menjaga fungsi dari kondisi sel di dalam tubuh dengan demikian sel memerlukan keseimbangan cairan. Albumin berperan sebagai agen yang dapat menjaga kondisi keseimbangan terhadap cairan tersebut. Apabila tubuh kekurangan asupan kadar air, dengan demikian albumin dapat membantu untuk mengarahkan air di dalam darah agar dapat masuk ke dalam suatu sel yang mengalami kekurangan cairan tersebut supaya dapat memperoleh kadar air yang normal di dalam sel. Hal tersebut juga berlaku ketika sel kelebihan cairan, dengan demikian albumin dapat mengeluarkan kelebihan cairan tersebut supaya kadarnya kembali normal.

3. Saluran berbagai nutrisi dan juga hormon
Selain berperan sebagai pengikat darah, fungsi albumin juga sebagai perantara untuk berbagai nutrisi misalnya lemak, berbagai hormon misalnya kortisol serta tiroksin, berbagai jenis protein darah misalnya bilirubin serta berbagai garam mineral dapat tersimpan selama berjalan ke seluruh bagian tubuh dengan melalui plasma darah.

4. Memperbaiki kerusakan jaringan
Albumin memiliki peranan yang sangat penting untuk proses regenerasi serta untuk proses perbaikan terhadap sel serta untuk agen yang dapat membentuk suatu ikatan dengan antara sel. Albumin dapat membantu dalam memberikan suatu sinyal terhadap sistem imun jika terdapat adanya kerusakan di bagian sel tertentu. Oleh sebab itu albumin memiliki kaitan yang erat terhadap pembentukan sel darah putih atau leukosit yang dikenal dengan komponen utama sistem imunitas di dalam tubuh.

5. Memelihara tekanan onkotik
Tekanan onkotik yang dapat dihasilkan oleh albumin dapat memelihara fungsi organ ginjal sekaligus dapat mengurangi edema yang ada dalam saluran pencernaan.

Dalam tubuh manusia, albumin dapat diproduksi oleh retikulum endoplasma yang ada di dalam hati serta dengan bentuk proalbumin yang kemudian akan diiris oleh badan Golgi agar dapat disekresi memenuhi sebanyak 60 persen jumlah serum darah.

Jumlah albumin dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi berbagai jenis asupan, baik dengan melalui asupan suplemen maupun asupan makanan serta minuman. Berikut merupakan jenis makanan alami yang dapat meningkatkan albumin dalam darah, diantaranya:
1. Konsumsi Telur
2. Konsumsi Daging Merah
3. Konsumsi Susu
4. Konsumsi Kacang – kacangan
5. Seafood dan Ikan Air Tawar

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates