Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah

Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah

Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah

Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah

Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah

Upaya Pencegahan dan Pertolongan Pertama Mata Berdarah – Mata merupakan salah satu organ yang mempunyai jaringan yang mudah terluka, iritasi serta muncul peradangan. Peradangan bisa mengakibatkan kelainan yang berupa pecahnya pada pembuluh darah mata. Pecahnya pembuluh darah dapat menyebabkan mata mengalami pendarahan. Hal tersebut terjadi akibat berbagai faktor penyebab. Masuknya benda asing ke dalam bagian mata meskipun tanpa mengucek dapat mengakibatkan peradangan serta menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah mata. Apabila benda yang masuk merupakan serpihan halus dengan berbahan dasar kaca, logam, serbuk kayu ataupun partikel halus dari suatu lapisan besi yang mengalami karat.Dimana serpihan tersebut akan rentan menimbulkan luka, menyebabkan iritasi kemudian infeksi yang dapat menembus pada dinding pembuluh darah mata sampai mengakibatkan pendarahan pembuluh darah mata. Dan masih banyak faktor lain yang dapat menyebabkan pendarahan pada mata. Untuk dapat mengatasinya, berikut merupakan upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Jagalah pola makan dengan berfokus terhadap standar empat sehat lima sempurna supaya terhindar dari kondisi peningkatan terhadap tekanan darah, pelonjakan gula darah, munculnya glaukoma serta masalah di seputar konjungtivis. Keadaan tersebut merupakan faktor penyebab mata berdarah yang timbul akibat pecahnya pada pembuluh darah mata.

2. Kurangi berlama – lama berada di depan layar komputer serta hindari aktivitas yang membutuhkan tenaga ekstra dengan berulang misalnya mengangkat serta membawa benda yang terlalu berat. Alangkah baiknya gunakan troli ataupun gerobak kecil untuk penggantinya agar dapat mengantisipasi supaya terhindar dari kondisi pecahnya pembuluh mata.
3. Sedapat mungkin agar selalu hindari kondisi lingkungan yang kotor akibat polutan udara seperti jalan raya, tempat tersebut dimana banyak terdapat radikal bebas misalnya asap kendaraan, asap rokok dan lain sebagainya.

4. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A dan vitamin C supaya bisa mempertahankan kekuatan pada pembuliuh darah mata serta dapat melindungi jaringan pada mata dari cedera karena polutan ataupun akibat kelelahan. Selain itu dapat mengkonsumsi suplemen kesehatan dengan diformulasikan agar dapat menjaga kualitas kesehatan pada jaringan mata apabila diperlukan.

5. Istirahat yang cukup yakni 7 hingga 8 jam setiap malam yang bisa menyehatkan jaringan pada mata. Mata yang memperoleh istirahat cukup bisa memberi kekuatan terhadap serabut halus pada pembuluh darah mata serta dapat meningkatkan daya tahan terhadap pembuluh darah mata akan menjadi lebih baik dengan demikian tidak akan mudah iritasi.

6. Jagalah selalu kesehatan mata dengan membiasakan dalam menggunakan obat tetes mata sebelum serta sesudah melakukan aktivitas sehari hari, kan tetapi obat tetes mata yang digunakan harus dari anjuran dokter yang sebelumnya sudah disesuaikan dengan keperluan dan keadaan mata secara individu.

Pertolongan Pertama pada Mata yang Mengalami Pendarahan Ringan
Pada saat mata tampak memerah serta timbul bintik – bintik darah pada permukaan bola mata di bagian putihnya maka dapat bisa mengompresnya menggunakan kantung teh, irisan kentang serta es batu yang di balut dengan menggunakan handuk kecil yang sebelumnya di rendam dalam air dingin. Pengompresan tersebut bisa meredakan intensitas pada peradangan yang terjadi di pembuluh mata yang akan menjadi faktor penyebab mata berdarah. Perlu diketahui bahwa cara ini hanya dapat dilakukan pada keadaan mata yang mengalami pendarahan ringan seperti:

1. Karena mata terlalu lelah sebagai akibat penggunaan komputer serta kurang tidur
2. Tertular penyakit mata yag berasal dari orang lain
3. Karena benturan ringan yang tidak mengakibatkan mata dan bagian kepala nyeri
4. Akibat menggosok ataupun mengucek mata yang terlalu keras
5. Akibat serangan bakteri yang berasal dari lingkungan yang kotor (radikal bebas).

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates