Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat

Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat

Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat

Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat

Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat

Buah Bintaro, Beracun Tapi Banyak Manfaat – Buah bintaro mempunyai kandungan minyak apabila buah tersebut semakin kering. Dengan pengolahan yang tepat, minyak dari buah bintaro tersebut dapat dijadikan sebagai alternatif bahan bakar. Berikut adalah manfaat-manfaat dari buah bintaro.

1. Untuk mengusir tikus
Buah bintaro merupakan sebuah buah yang dapat dipakai untuk bahan pengusir tikus. Hal ini tidak terlepas, karena buah bintaro sendiri mengandung racun cerberin yang dapat merusak syaraf pusat otak tikus. Ketika tikus mencium bauh bintaro disekitarnya, tentu akan segera menjauh karena tikus memiliki penciuman yang tajam.

Sebagai buah pengusir tikus, buah ini bisa diletakkan pada area yang biasanya dilewati oleh hewan pengerat yang satu ini. Jadi, dengan adanya buah ini kita tidak pelu khawatir lagi akan adanya gangguan tikus. Selain itu, berikut ini manfaat-manfaat dari buah bintaro

2. Sebagai bahan bakar alternatif
Buah bintaro ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Pertanian IPB, buah ini mempunyai kandungan yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

Uji toksidasi yang dilakukan pada buah bintaro, diketahui apabila minyak dari buah ini mempunyai keunggulan daripada dengan bahan bakar yang pada umumnya, dikarenakan mempunyai bau, asap, dan residu yang aman.

3. Minyak tanah
Biji dari buah bintaro ini memiliki kadar minyak yang cukup tinggi apabila dibandingkan dengan minyak dari biji jarak. Melalui beberapa tahapan, biji bintaro ini dapat dijadikan minyak tanah. Biji bintaro mampu menghasilkan minyak sebesar 1 kilogram dari 1,8 kilogram biji bintaro yang sudah kering.
Minyak dari buah bintaro ini, dapat pula dimanfaatkan sebagai pengganti minyak tanah pada kompor. Pengolahan biji bintaro ini juga sangat mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah membuat minyak dari biji bintaro.

  • Pertama-tama, keringkan terlebih dahulu biji bintaro, supaya keringnya maksimal jemurlah dibawah sinar matahari.
  • Biji bintaro yang sudah kering lalu digiling atau ditumbuk.
  • Supaya minyak keluar, maka lakukanlah pengepresan.
  • Saring minyak yang keluar, agar kotorannya juga hilang.
  • Apabila kotoran telah dihilangkan, kita dapat membersihkannya dengan mendiamkan hingga satu sampai dua malam agar kotoran mengendap.
  • Minyak sudah jadi dan dapat dimanfaatkan.

4. Racun untuk anak panah
Racun dari buah bintaro di india pada umumnya digunakan sebagai salah satu cara untuk bunuh diri. Sedangkan di suku Banjar atau Dayak, racun buah ini dapat dipakai untuk olesan senjata tajam agar dapat membunuh hewan buruan, seperti olesan untuk anak panah.

5. Bahan pembuatan papan partikel
Buah bintaro ini juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat papan artikel. Buah ini banyak memiliki serat yang mengandung holoselulosa, selulosa, lignin dan ekstraktif.

Lignoselulosa yang terkandung didalam buah bintaro, memungkinkan buah bintaro ini menjadi bahan baku untuk pembuatan papan kayu partikel.

6. Bahan baku pembuatan lilin
Buah bintaro ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat lilin. Lilin sendiri adalah sebuah alat yang dapat dimanfaatkan sebagai penerangan pada saat listrik tengah padam. Belakangan ini, diketahui apabila minyak yang dihasilkan dari bintaro ini cukup banyak, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan penghasil lilin.

7. Sebagai bahan baku deodoran
Keringat adalah salah satu yang menyebabkan datangnya bau badan yang tidak sedap. Produksi keringan akan semakin banyak apabila kita banyak aktif bergerak, penggunaan deodoran ini dapat menghindarkan kita tau mengurangi bau badan tidak sedap pada kita. Beberapa penelitian menunjukkan apabila buah ini dpaat dimanfaatkan sebagai bahan deodoran.

Akan tetapi buah ini adalah jenis buah yang tidak dapat dimakan. Karena mengandung racun yang disebut sebenim yang dapat menghambat saluran ion kalsium pada otot jantung manusia. Sehingga, racun ini dapat mengganggu detak jantung dalam tubuh dan berakhir dengan sebuah kematian.

Selain dari buahnya,kayu dari tanaman bintaro ini dapat juga menyebarkan racun pada saat dibakar. Karena pembakaran yang dilakukan, mampu memicu asap yang berperan dalam media penyebaran racun tanaman.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates