Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi

Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi

Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi

Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi

Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi

Manfaat Ikan Nila Yang Kaya Akan Gizi – Ikan nila atau mukaer adalah ikan tawar yang masih dalam satu spesies. Keduanya, hidup pada aderah atau perairan air tawar yang biasanya menggenang seperti, rawa, kolam, telaga, waduk dan perairan air tawar lainnya yaAng tenang. Kedua jenis ikan ini juga sangat terjangkau harganya, karena pembudidayaannya yang cukup mudah.
Nilai dari gizi nila atau mujaer memiliki kualitras nutrisi yang menguntungkan, seperti adanya vitamin, mineral dan protein. Ikan ini menjadi sumber yang baik bagi omega-3, selenium, kalium, fosfor, vitamin B12, niasin (vitamin B-3), vitamin B6, dan asam pantonetat (vitamin B-5). Berikut ini adalah amnafaat dari ikan nila dengan kaya akan gizi tersebut.

1. Pertumbuhan dan Pengembangan
Salah satu hal yang mengejutkan dari ikan nila ini adalah kandungan proteinnya yang cukup tinggi (sekitar lebih 15 % dari kebutuhan tiap hari perporsi). Protein sendiri secara langsung memiliki keterkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan organ, membran sel, dan otot. Terutama untuk anak-anak, mengonsumsi protein yang cukup dapat memastikan perkembangan secara optimal. Protein hewani ini sangat bermanfaat sebagai pertumbuhan otot, perbaikan sel, dan juga aktivitas metabolisme dari berbagai organ yang tepat.

2. Menurunkan Berat Badan
Ikan nila sangat tinggi akan protein tapi juga rendah kalori dan lemak. Sehingga, hal ini sangat baik bagi yang ingin mengurangi asupan dari kalori, tetapi tetap memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Dengan demikian ikan nila dapat menjadi alternatif makanan untuk mengurangi berat badan.

3. Kesehatan Tulang
Fosfor adalah salah satu mineral yang paling menonjol yang bisa ditemukan didalam ikan nila. Fosfor sendiri adalah salah satumineral yang sangat penting bagi kesehatan, karena sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan materi tulang. Mineral ini bisa menjadi elemen yang penting untuk pemeliharaan kuku dan gigi, dimana menjaga tetap kuat serta tahan hingga usia tua. Fosfor sendiri dapat mencegah osteoporosis, atau penurunan kepadatan tulang, yang biasanya sering dialami oleh lansia.

4. Mencegah Kanker Prostat
Ikan nila mempunyai kandungan selenium yang cukup tinggi. Selenium merupakan senyawa yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami yang cukup baik. Dari penelitian menunjukkan jika asupan selenium dapat menurunkan resiko kanker prostat, dan bebrbagai kondisi jantung. Antioksidan sama halnya dengan selenium terkenal dengan kemampuan untuk mengurangi aktivitas radikal bebas di dalam tubuh. Sehingga, dapat menurunkan kemungkinan terjadinya stres oksidatif pada semua sistem organ, dan mutasi sel-sel sehta di dalam kanker.

5. Kesehatan Jantung
Nila dan mujaer sendiri menjadi sumber omega-3, yang terkait dengan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam kardiovaskular manusia. Penelitian sebelumnya sudah menunjukkan apabila efek omega-3 lebih besar dan menguntungkan daripada resiko yang dapat dihadirkan oleh omega-6. Asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Selain itu, kalium yang ditemukan pada ikan nila juga merupakan vasodilator yang bersifat menurunkan tekanan darah.

6. Kesehatan Otak
Kalium dan omega-3 yang ada pada ikan nila terkait dengan peningkatan kekuatan otak dan fungsi neurologis dalam tuubuh. Kalium sendiri mampu  meningkatkan oksigenasi di dalam otak, dan sangat penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh, termasuk di dalam otak itu sendiri.

7. Penuaan Dini
Selenium yang terkenal sebagai antioksidan ini, mampu meremajakan ataupun merangsang bitamin E dan C, yang keduanya dapat meningkatkan kesehatan kulit dan kualitasnya. Maka dari itu, dengan asupan 20 % selenium dari ikan nila perhari, akan sangat baik dalam meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit dengan jalan menghentikan kerusakan sel ayang diakibatkan oleh radikal bebas. Sehingga, akan mengurangi keriput, kulit kendur, bintik-bintik penuaan dan tanda penuaan lainnya.

8. Sistem kekebalan tubuh dan fungsi Tiroid
Selenium untuk kesehatan adalah sebagai sistem kekebalan tubuh. Selenium sendiri mampu membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari racun dan benda-benda asing. Selenium juga memiliki peran dalam regulasi kelenjar tiroid, yang berfungsi mengontrol banyak hormonal. Dengan berfungsinya kelenjar tiroid ini akan dapat menjamin keseimbangan metabolisme yang cukup baik.

9. Perhatian
Ikan nila memiliki kebiasaan alami yaitu membersihkan racun di lingkungan habitat yang ditinggalinya. Sehingga, racun dapat terserap ke dalam tubuh ikan nila dan menegandap. Maka dari itu, dalam membeli ikan nila sebaiknya utamakan dari pertanian yang memiliki kualitas kebersihan terjaga. Dan orang yang memiliki kondisi jantung juga perlu berhati-hati dalam memakan ikan nila atau mujaer ini karena juga tinggi omega-6. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates