Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok

Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok

Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok

Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok

Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok

Bahaya Dari Mengkonsumsi Daging Kodok – Daging kodok memiliki kelebihan kandungan yang banyak dimanfaatkan dalam berbagai mecam kepentingan. Di dalam rumah makan Tionghoa, kodok dikenal sudah lama populer menjadi salah satu hidangan menu makanan yang sangat lezat. Orang tionghoa mengenal masakan kodok ini dengan sebutan swie kee, yang dimana dikaitkan dengan paha ayam karena rasa dan teksturnya yang hampir mirip. Akan tetapi, ada bahaya yang mengintai apabila mengonsumsi daging kodok ini, berikut penjelasannya.

1. Mengandung Racun
Di indonesia ada banyak jenis kodok yaitu sekitar 150 jenis kodok. Akan tetapi dari kesemuanya, hanya ada 10 jenis kodok saja yang dinyatakan tidak mempunyai kandungan racun. Racun tersebut dikarenakan adanya bahan kimia yang jahat, yang memiliki fungsi dalam membunuh hama yaitu biomagnifield. Apabila kodok jenis ini yang beracun tersebut masuk di dalam tubuh manusia, tentu bisa menimbulkan beragam gejala dan berbagai penyakit. Sementara itu masih ada kodok yang tidak mempunyai racun ini antara lain  Rana Ingeri, Rana hinascaris, Rana magna, Rana Glandilosa, Hyhrun Arfiki, Rana Modesta, Hyhrun Pagun, Rana Canarivon, dan terakhir Rana catesbiana.

2. Banyak Cacing Dalam Tubuh Kodok
Di dalam kodok banyak mengandung cacing, meskipun dengan cara apapun mesaknya, cacing tersebut masih mampu hidup, sehingga di Australia, pemerintahnnya melarang masyarakat untuk mengonsumsi daging kodok. Karena apabila hewan ini kita konsumsi dan masuk ke dalam sistem pencernaan, tentu akan sangat mengganggu metabolisme tubuh akibat dari cacing yang ada pada kodok ini.

3. Rentan Penyakit Kanker
Banyaknya kandungan residu yang sangat membahayakan, tentu bisa memicu tubuh kita untuk mudah terserang berbgai penyakit teruama kanker. Sehingga, daging kodok yang terakumulasi residu tersebut kodok sangat berbahaya apabila masuk didalam tubuh dan bisa menyebabkan terkena resiko kanker.

4. Rentan Terkena Gagal Ginjal
Seseorang yang memiliki hobi mengonsumsi swie kee ini akan meningkatkan resiko terkena gagal ginjal. Hal ini dikarenakan dari kandungan residu dan biomagnifield yang ada pada kodok yang masuk di dalam tubuh. Apabila sudah masuk ke dalam tubuh ginjal adalah yang pertama mengolah racun tersebut, sehingga apabila suatu saat nani ginjal sudah tidak mampu mengendalikan racun tersebut tentu akan mengakibatkan terjadinya gagal ginjal

5. Banyak Mahzab Melarang dan Membolehkan
Kebanyakan mahzab di islam memandang halal atau haramnya suatu makanan ini ditentukan oleh Al-Quran. Dijelaskan juga apabila larangan mengonsumsi kodok ini karena tergolong makanan yang najis dan menjijikkan. Dan kita juga dilarang untuk mengonsumsi makanan yang sangat menjijikkan ini.

6. Membuat Pusing
Mengonsumsi daging kodok secara berlebihan mampu menimbulkan rasa pusing yang berlebih. Meski belum diketahui kebenarannya secara klinis melalui sebuah penelitian, tetapi ada beberapa orang yang apabila memakannya akan merasakan pusing.

7. Mengganggu Kinerja Hati
Daging kodok yang sudah diolah menjadi Swie kee adalah salah satu makanan yang mempunyai banyak protein hewani. Sehingga, apabila mengonsumsinya terlalu banyak, juga akan dapat mengganggu sistem kerja metabolisme tubuh. Hingga menyebabkan kerja hati akan melambat. Bahkan bisa saja daging kodok apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan sirosi hati yang cukup membahayakan.

8. Kurang Baik untuk Kesehatan Ginjal
Ginjal adalah salah satu organ yang bekerja dalam proses pembuangan dan pengolahan nutrisi yang tidak terpakai oleh tubuh. Apabila mengonsumsi daging kodok ini secara berlebihan, tentu akan melambatkan sistem metabolisme dalam hati. Sehingga apabila ginjal terlalu sering dan banyak dalam membuang protein yang tak berguna, maka akan semakin memperburuk kinerja dari ginjal kita sendiri.

Dengan demikian, sebaiknya secara bijak untuk mengonsumsi daging kodok ini agar tidak membahayakan tubuh juga. Sekian semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates