Tuesday , 12 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya

Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya

Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya

Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya

Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya

Ikan Wader, Kecil-kecil Banyak Gizinya – Ikan wader adalah jenis ikan air tawar yang memiliki ukuran kecil dengan rata-rata berkisar 100 mili meter hingga sampai 170 mili meter yang dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan spotted barb. Di wilayah indonesia sendiri ikan wader menyebar cukup luas dimulai dari daerah kalimantan, bali, jawa, sumatra sampai ke lombok. Ikan wader sendiri didolongkan ke dalam suku Cyprinidae ikan wader bintik yang pertama kali di temukan dan dilakukan pengembangan oleh seorang peneliti yang bernama Van Hasselt sekitar pada tahun 1823 dengan diberikan nama ilmiah sebagai Barbus Maculatus. Sesudah melakukan penelitan yang lebih lanjut dari sebelumnya lalu dikembangkan lagi oleh Achille Valenciennes dengan memberikan beberapa nama terhadap ikan wader bintik dua yang diberikan nama Barbus Binotatus pada kelas Actinopterygii dari kerajaan Animalia dan Ordo Cypriniformes. Dengan klasifikasi tersebut, pernah taukah kalian jika ada beberapa manfaat apabila mengonsumsi jenis ikan wader ini.

Ikan wader sendiri adalah salah satu jenis ikan kecil yang sering kali dapat kita temui pada daerah sungai atau pun rawa. Wader sendiri digolongkan atas beberapa jenis ssebut saja wader pari, wader cakul, dan keprekan.

Ikan wader memang tergolong ikan yang cukup kecil akan tetapi memiliki cita rasa yang sangat gurih dan tentunya menggoda selera kita, apalagi ikan wader goreng yang di dampingi oleh sambel, tentu sangat menggoda nafsu makan, bukan? Dibalik rasanya yang sangat enak dan gurih ikan wader ini juga mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh bagi yang mengonsumsinya. Berikut simak penjelasan mengenai manfaat-manfaat dari ikan wader ini.

1. Protein
Ikan wader adalah salah satu dari jenis ikan mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi di dalam dagingnya, sama seperti halnya dengan kandungan ikan yang lain. Dengan mengonsumsi ikan yang mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi ini, tentu saja sangat memiliki manfaat untuk kesehatan pada tubuh kita misalnya saja mampu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan meningkatkan masa pertumbuhan pada otot.

2. Zat besi
Daging dari ikan wader ini mempunyai kandungan zat besi yang sangat tinggi, hal ini menjadikan ikan wader tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh apabila mengonsumsinya. Seperti yang sebelumnya kita ketahui jika kandungan zat besi yang ada pada ikan wader ini sangat bergunan dan baik untuk masa pertumbuhan pada tulang dan dapat menjaga tulang dari berbagai jenis gangguang yang sering kali terjadi seperti terjadinya pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis.

3. Asam lemak omega 3
Selain memiliki rasa yang nikmat, ikan wader ini ini juga mempunyai kandungan asam lemak omega 3 sama seperti dengan jenis ikan lainnya. Dalam hal ini, asam omega 3 tentu saja sangat berguna bagi kesehatan dan juga terhadap anak-anak untuk meningkatkan fungsi syaraf dan perkembangan syaraf terhadap anak-anak.

4. Meningkatkan sistem imun
Dalam penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya menyebutkan bahwa apabila seseorang yang mendapatkan asupan dengan jumlah protein yang tercukupi hariannya, di yakini bisa dan mampu meningkatkan sistem imun. Dengan demikian, untuk dari itu jangan ragu lagi untuk mengonsumsi jenis ikan wader ini karena kaya akan protein yang dimana sangat bermanfaat dalam pencegahan bakteri dan virus. Selain itu, ikan wader ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan baik anak-anak hingga orang yang dewasa. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates