Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi

Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi

Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi

Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi

Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi

Dampak Kelebihan Asupan Zat Besi – Zat besi adalah suatu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia agar dapat menstabilkan jumlah sel darah dalam setiap harinya. Zat besi adalah nutrisi yang dapat menentukan kelangsungan hidup sebab oksigen di dalam tubuh harus diangkut dari organ paru – paru ke dalam jaringan, bersama elektron yang diangkut dengan proses pembentukan energi di dalam suatu sel. Asupan zat besi dapat ditentukan berdasarkan faktor usia serta faktor jenis kelamin dan selalu terdapat dampak akibat asupannya kelebihan atau kekurangan zat besi dan harus diketahui.
Apabila menyepelekan kondisi jumlah asupan zat besi yang berlebihan di dalam tubuh ataupun asupannya terlalu banyak dengan jangka waktu yang panjang, dengan demikian tubuh dapat menimbulkan beberapa gangguan serta berikut merupakan gejala apabila kelebihan asupan zat besi, diantaranya:1. Diabetes
Pada saat asupan makanan dengan kandungan zat besi yang berlebihan, dengan demikian zat besi tersebut dapat mengendap pada pankreas. Hal tersebut lalu dapat membuat sel – sel dalam tubuh yang lain akan terpengaruh serta dengan otomatis akan timbul suatu pertumbuhan terhadap produksi insulin yang pada akhirnya akan menyebabkan seseorang akan mengalami penyakit diabetes. Akibat kelebihan asupan zat besi juga menyebabkan kerusakan pada pancreas.

2. Mudah Cemas
Apabila tubuh mempunyai kelebihan kadar zat besi, hal tersebut dapat menyebabkan fungsi organ normal akan menjadi terganggu dengan demikian tubuh dapat mengalami tidak nyaman serta akan gelisah tanpa disebabkan faktor penyebab.

3. Warna Kulit Keabuan
Akibat kelebihan dalam mengkonsumsi zat besi, akan terjadi perubahan terhadap warna kulit secara signifikan, sebab pada saat kadar zat besi yang terdapat di dalam tubuh mengalami berlebihan dengan demikian warna kulit dapat mengalami perubahan yang berwarna keabuan atau jika tidak tampak akan seperti perunggu.

4. Perut Terasa Nyeri
Pada saat di dalam tubuh memiliki jumlah zat besi yang terlalu berlebih, dengan demikian perut dapat terasa nyeri. Kemungkinan akan disertai dengan terjadinya pembengkakan dimana ukuran perut akan menjadi lebih besar.

5. Arthritis
Rasa nyeri dapat terjadi di bagian seluruh sendi atau yang biasa disebut dengan istilah penyakit arthritis. Bukan hanya akan mengalai nyeri saja, sendi juga akan mengalami peradangan serta dapat mengalami pembengkakan.

6. Impoten
Kelebihan zat besi terhadap seorang pria dapat menyebabkan impoten. Impoten dapat terjadi diakibatkan oleh menyusutnya testikel. Tidak hanya itu, akibat terjadi juga disfungsi ereksi yang dapat menyertainya.

7. Jaundice
Jaundice merupakan suatu kondisi yang cukup serius. Jaundice dapat terjadi pada saat jumlah bilirubin di dalam darah mengalami peningkatan dengan demikian liver akan diserang maka dari itu fungsinya akan menjadi gagal.

8. Cardiomyopathy
Zat besi yang jumlahnya berlebihan di dalam tubuh dapat terakumulasi ke otot – otot jantung serta apabila terus – menerus dibiarkan dapat membuat kondisi jantung akan semakin tidak normal. Parahnya, dapat meyebabkan gagal jantung untuk yang mempunyai kadar zat besi tinggi.

Tips Mencegah Kelebihan Zat Besi
1. Untuk yang mengkonsumsi suplemen zat besi, alangkah baiknya apabila dikonsumsi setelah sarapan ataupun setiap setelah makan. Apabila sedang diet, jangan lupa agar dapat memasukkan lemon serta jeruk untuk melengkapi progam diet.

2. Jangan mengkonsumsi suplemen bersama produk lainnya yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, misalnya susu. Hal tersebut dapat membuat penyerapan zat besi akan berkuang.

3. Suplemen harus dijauhkan dari anak – anak.

4. Konsumsilah suplemen dengan dosis yang tepa serta hindari konsumsi suplemen dengan berlebihan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates