Wednesday , 28 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Down Syndrome

Faktor Penyebab Down Syndrome

Faktor Penyebab Down Syndrome

Faktor Penyebab Down Syndrome

Faktor Penyebab Down Syndrome

Faktor Penyebab Down Syndrome -Salah satu gangguan yang sangat ditakuti serta sangat dikhawatirkan oleh para calon orang tua yakni mengalami kelainan Down Syndrome terhadap anaknya. Pasalnya kondisi kelainan ini akan sangat mempengaruhi masa depan seorang anak, bahkan seluruh kehidupan pada anak dapat sangat bergantung terhadap orang tua. Dengan demikian untuk para orangtua agar harus memahami faktor penyebab down syndrome supaya bisa melakukan pencegahan sejak dini.Kelainan down syndrome ini sudah diteliti serta ditemukan pada tahun 1866 oleh seorang dokter yakni dr. John Longdon Down. Kemudian di revisi ulang di negara Amerika serta negara Eropa di tahun 1970-an yang dinamakan sesuai dengan seorang penemunya, yaitu Syndrome Down. Adapun ciri – ciri yang akan nampak pada seorang anak yang mengalami gangguan syndrome down sebagai beirkut :

1. Tinggi badan yang lebih pendek.
2. Ukuran kepala kecil.
3. Bentuk hidung pesek.
4. Tulang tengkorak yang akan cenderung oval.
5. Bentukan rupa mirip seorang mongoloid, dengan demikian dapat dikenal mongolisme.

Sudah terdapat 300 ribu kasus kondisi Syndrome down di negara Indonesia. Bahkan jumlah tersebut dapat terus meningkat hingga beberapa tahun kedepan. Pada saat seseorang mengalami kondisi syndrome ini, biasanya akan di ikuti dengan ketidaknormalan pada organ yang lain. Seperti mengalami kelainan mayor yang dapat berupa penyakit jantung, mengalami atresia gastrointestal, mengalami penyakit leukemia, serta tiroid.

Jenis Syndrome Down
Inti dari anak yang mengalami syndrome down yakni karena mempunyai kromosom yang lebih dari kromosom orang yang normal. Terdapat kemungkinan terjadi pada seseorang yang terkena syndrome down, yakni sebagai berikut:

Kondisi ini akan terjadi akibat kromosom di dalam tubuh dengan pasangan ke dua puluh satu akan mengalami pembelahan mitosis yang tidak normal, dimana kondisi syndrome down ini yang paling banyak serta paling sering ditemukan. Mereka akan membelah diri menjadi 3. Dengan demikian akan mengalami ketidaknormalan terhadap individu.

Pada umumnya faktor penyebab down syndrome memunyai ciri- ciri sebagai berikut:
1. Hamil di Usia Tua
Kehamilan di usia yang sudah tua memang mempunyai banyak resiko yang akan terjadi. Selain untuk kondisi yang sudah tidak produktif serta sehat untuk sang Ibu, juga akan berbahaya terhadap calon jabang bayi. Karena kemungkinan akan mengalami non disjunction. Usia yang sudah dianggap mempunyai resiko tinggi ini yakni sekitar lebih dari 35 tahun untuk wanita. Dengan demikian dianjurkan hamil sebelum pada usia ini.

2. Kurang Budaya Hidup Sehat
Walaupun lebih sedikit kemungkinanya, akan tetapi tingkah pola hidup yang biasa dilakukan sehari – hari khususnya terkait asupan nutrisi tubuh sangatlah penting. Adanya kebiasaan yang kurang bergaya hidup sehat akan memberikan sedikit peluang pada anak untuk mengalami down syndrome.

3. Adanya Riwayat Keluarga
Salah satu faktor penyebab seseorang mengalami syndrome down yaitu adanya riwayat keturunan atau genetis. Jika seseorang dari anggota keluarga yang mengalami syndrome down, dengan demikian keturunan yang selanjutnya juga maka kemungkinan akan mengalami down syndrome.

4. Riwayat Penyakit
Faktor penyebab down syndrome yang lainnya yakni akibat adanya penyakit lain bisa menyebabkan syndrome down salah satunya misalnya penyakit epilepsi. Karena berkaitan dengan fungsi pada otak, bukan tidak mungkin jenis penyakit epilepsi dapat menyerang. Pada kebanyakan kasus dengan penyakit epilepsi akan di derita pada orang dewasa, sebab terdapat virus atau mengalami kerusakan pada bagian otak. Bahaya mengalami penyakit epilespi terhadap orang dewasa ini banyak terjadi, akan tetapi memungkinkan pada anak – anak akan mengalami autis dan penyakit mental yang lainnya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates