Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma

Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma

Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma

Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma

Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma

Gejala, Tipe dan Faktor Penyebab Glaukoma – Glaukoma merupakan suatu penyakit yang bisa merusak mata. Bahkan dalam tahap akhir glaukoma dapat mengakibatkan kehilangan pada penglihatan. Penderita glaukoma mempunyai riwayat keluarga dengan jenis penyakit yang sama. Akan tetapi beberapa jenis penyakit yang lain juga dapat mengakibatkan glaukoma misalnya penyakit diabetes. Penyakit glaucoma ini tidak dapat dengan mudah untuk dikenali sebab biasanya tidak akan menimbulkan gejala yang khusus seperti jenis penyakit yang lainnya yang terjadi pada mata.

Berdasarkan letak serta tekanan pada mata, berikut ini merupakan tipe glaukoma diantaranya:
1.    Glaukoma Sudut Terbuka
Glaukoma sudut terbuka adalah jenis glaukoma yang paling banyak dialami di seluruh dunia. Glaukoma ini akan terjadi pada mata yang tampak terlihat normal serta tidak mempunyai kelainan, akan tetapi ternyata di bagian dalam mata terdapat gangguan pada saluran cairan yang mengakibatkan tekanan terhadap optik mata. Keadaan ini lebih dikenal dengan istilah trabecular meshwork.

2.    Glaukoma Sudut Tertutup
Glaukoma sudut tertutup dapat terjadi di sudut mata akibat terlalu sempit. Ini merupakan salah satu kondisi glaukoma yang lebih kronis jika dibandingkan pada jenis sudut yang terbuka. Glaukoma ini diakibatkan karena saluran cairan yang ada di bagian kornea serta iris yang terlalu sempit. Hal tersebut yang mengakibatkan tekanan pada optik mata dapat terjadi secara cepat.

Faktor penyebab glaukoma dapat dilihat dari jenis glaukoma serta masalah tekanan yang terjadi di bagian mata. Berikut ini merupakan factor penyebab glaukoma berdasarkan jenisnya diantaranya:
1.    Glaukoma Sudut Terbuka
Glaukoma dengan sudut terbuka diakibatkan karena sudut aliran yang terjadi di bagian kornea serta iris akan tetap terbuka pada saat seharusnya sudut tersebut harus tertutup. Hal ini menyebabkan cairan mata yang keluar akan sangat sedikit dan juga cairan yang seharusnya keluar pada akhirnya masuk kembali ke bagian mata. Apabila gejala ini sudah terjadi sehingga biasanya akan ditunjukkan dengan rasa sakit di bagian mata serta akan sering disepelekan dengan dmeikian terlambat untuk ditangani. Penyebab utama dari jenis glaukoma sudut terbuka yakni akibat terjadinya penekanan di bagian dalam mata yang mengakibatkan kerusakan pada optik. Tekanan bisa diakibatkan karena cairan yang terus mengalami menumpuk di bagian iris serta kornea mata.

2.    Glaukoma Sudut Tertutup
Glaukoma sudut tertutup dapat terjadi pada saat bagian iris mata menonjol ke bagian depan, dengan dmeikian mengakibatkan cairan dalam mata tidak bisa keluar. Sudut ini biasanya dapat dibentuk di bagian kornea serta iris yang dapat membuat cairan mata tidak dapat keluar. Tekanan inilah yang akan mengakibatkan glaukoma.

Berikut merupakan beberapa factor penyebab umum glaukoma
1.    Cedera atau trauma yang pernah terjadi pada bagian mata.
2.    Tumpahan bahan kimia pada mata
3.    Infeksi yang terjadi pada bagian mata, yang bisa terjadi pada bahaya mengucek mata
4.    Gangguan pada pembuluh darah mata
5.    Peradangan pada bagian mata
6.    Diabetes

Pada dasarnya kondisi glaukoma sama sekali tidak akan menunjukan gejala khusus. Hal tersebut yang membuat deteksi dini terhadap glaukoma akan sangat sulit dapat dilakukan. Deteksi dini pada glaukoma harus dilakukan dengan ahli mata ataupun spesialis. Pemeriksaan harus dilakukan selama 1 atau 2 tahun sekali. Berikut ini merupakan beberapa gejala umum yang dapat terjadi, akan tetapi tidak selalu pasti gejala glaukoma diantaranya:
1.    Sakit dan nyeri di bagian mata sampai belakang kepala
2.    Penglihatan ganda atau penglihatan kabur
3.    Mata seperti melihat suatu lingkaran pada saat melihat cahaya
4.    Mata merah serta sakit kepala
5.    Sakit kepala yang hebat yang akan disertai dengan mual dan muntah
6.    Penglihatan akan menjadi sempit dan tidak jelas.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates