Friday , 23 June 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Beberapa Jenis Asma

Ketahui Beberapa Jenis Asma

Ketahui Beberapa Jenis Asma

Ketahui Beberapa Jenis Asma

Ketahui Beberapa Jenis Asma

Ketahui Beberapa Jenis Asma – Penyakit yang terjadi pada saluran pernafasan ini dapat ditandai dengan adanya penyempitan pada saluran pernafasan serta peradangan dengan demikian pada akhirnya akan memicu terjadinya sesak nafas, mengi, nyeri dada, batuk – batuk, serta merupakan gejala asma yang paling umum. Asma merupakan penyakit yang sebetulnya terdiri dari beberapa jenis. Mulai dari jenis penyakit asma yang dapat dibedakan berdasarkan usia anak serta dewasa, terdapat pula jenis penyakit asma yang dibedakan berdasarkan pemicu terjadinya dan kondisi atau situasi. Berikut merupakan sejumlah jenis asma diantaranya:1. Asma pada Anak (Child-Onset Asthma)
Spesifikasi asma terhadap anak harus ditangani dengan berbeda berdasarkan tingkat usianya. Dengan demikian, penting agar mengenali setiap gejala asma pada anak. Pada umumnya gejala asma pada anak yakni mengi, sesak nafas, batuk lama yang tidak kunjung sembuh, mudah lemas, tarikan nafas menjadi pendek, sesak pada bagian dada, bronkitis dengan berulang kali dan juga retraksi. Pada saat gejala terjadi semakin parah, terdapat beberapa keadaan yang menandainya, mulai dari tersengal – sengal untuk setiap kali menarik nafas, nafas menjadi terengah – engah dengan demikian kesulitan untuk berbicara sampai perut yang mengempis hingga ke bawah tulang rusuk.

2. Asma pada Orang Dewasa (Adult – Onset Asthma)
Terdapat pula jenis penyakit asma yang lain, yaitu asma yang akan diderita pada orang dewasa. Adult-onset asthma adalah jenis penyakit asma yang akan dialami pada orang dengan usia dewasa dimana usia penderitanya rata – rata berusia 20 tahun ataupun hampir berusia 20 tahun.

Pada kondisi adult-onset asthma ini, wanita biasanya lebih banyak mengalami asma ini serta kasusnya lebih banyak jika dibandingkan dengan penyakit asma pada anak. Meskipun terjadi pada orang yang sudah berusia dewasa, terdapat kemungkinan juga bahwa penderitanya memiliki alergi terhadap penyebab allergen – alergen khusus. Jenis penyakit asma pada orang dewasa ini cukup membahayakan jika tidak segera ditangani.

3. Asma Alergik (Allergic Asthma)
Jenis penyakit asma yang satu ini diketahui bisa dialami pada seseorang dengan faktor penyebab utamanya yakni zat pemicu alergi atau disebut dengan alergen. Misalnya alergen yang sangat umum yaitu jenis makanan tertentu, debu, jamur, bulu binatang, serbuk sari, dan zat alergen yang lainnya.

4. Asma Non-Alergi (Non-Allergic Asthma)
Istilah lain dari kondisi asma non-alergi yakni intrinsic asthma dimana asma pada tipe ini akan dipicu oleh suatu zat yang mengganggu serta ada di udara. Pada penderita dengan kondisi asma jenis yang ini, akan sulit untuk bernafas pada saat terkena paparan zat – zat misalnya parfum, asap rokok, serta polusi udara di jalanan ataupun di luar ruangan. Pada saat terkena zat – zat yang ada di udara tersebut, dengan demikian secara otomatis penderitanya bisa mulai kesusahan untuk bernafas.

5. Cough-Variant Asthma
Untuk jenis penyakit asma ini, dimana penderitanya dapat mengalami asma yang disertai dengan batuk kering. Akan tetapi pada umumnya, pada jenis penyakit asma ini tidak akan kelihatan sebab tidak akan menunjukkan gejala mengalami asma. Sebab serangan asma akan ditandai hanya mengalami batuk kering yang tidak kunjung sembuh.

6. Nocturnal Asthma
Tipe atau jenis asma ini adalah jenis asma yang parah, terutama pada waktu malam hari. Sebenarnya, gejala asma pada tipe ini akan timbul sewaktu – waktu serta timbul kapan saja, akan tetapi pada malam hari akan mengalai kondisi yang paling parah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates