Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3

Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3

Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3

Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3

Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3

Ketahui Efek Kelebihan Asupan Omega 3  – Asupan omega 3 memang keberadaanya sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan fugsinya secara optimal. Akan tetapi dengan mengkonsumsinya secara berlebihan bukan berarti tubuh dapat menerima omega 3 dengan baik, namun tubuh akan menimbulkan reaksi lain karena tidak dapat menerima omega 3 secara berlebihan. Oleh karena itu jangan sampai asupan omega 3 atau asam alfa-linolenat ini dikonsumsi secara berlebihan.Dengan demikian tidak hanya dampak kekurangan saja yang harus diperhatikan kan tetapi kelebihan omega 3 juga harus diwaspadai karena sesuatu yang berlebihan menjadi tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Berikut merupakan dampak kelebihan asupan omega 3 yang harus diwaspadai terhadap kesehatan diantaranya:

1. Meningkatkan Resiko Terkena Kanker Prostat
Mengkonsumsi omega 3 atau asam alfa-linolenat dengan takaran yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang akan beresiko terkena penyakit kanker prostat. Memang apabila dikonsumsi dengan normal dapat mencegah kaker prostat serta juga mencegah penyakit kanker payudara akan tetapi apabia dikonsumsi dengan berlebihan justru kandungan yang terdapat dalam omega 3 dapat mengakibatkan seseorang terkena penyakit kanker prostat.

2. Menyebabkan Tubuh Mudah Terkena Virus atau Bakteri
Seseorang yang mengkonsumsi omega 3 dengan takaran yang berlebihan dapat mengakibatkan perubahan pada fungsi imunitas dimana respon pada sistem kekebalan tubuh terhadap suatu virus serta bakteri akan menjadi rendah. Hal itu diakibatkan sifat sebagai anti inflamasi dalam omega 3 atau asam alfa-linolenat yang akan mengakibatkan perubahan fungsi pada sistem imun dalam tubuh manusia.

3. Memicu Alergi
Hal selanjutnya yang dapat terjadi pada seseorang yang mengkonsumi asam alfa-linolenat berlebihan yakni dapat menjadi pemicu alergi terhadap setiap orang yang berlebihan dalam mengkonsumsinya. Bisa jadi orang tersebut akan menjadi sensitif pada saat mengkonsumi makanan yang memiliki kandungan sumber omega 3 atau asam alfa-linolenat tinggi.

4. Pendarahan Internal
Mengkonsumsi yang terlalu banyak asupan makanan dengan kandungan asam alfa-linolenat dapat menjadi faktor pemicu seseorang akan mengalami pendarahan secara internal. Pendarahan internal tersebut dapat menjadi pemciu seseorang akan mudah sekali menyebabkan memar. Hal tersebut disebabkan terdapat kelainan pada pembuluh darah serta aliran darah pada seseorang yang mengkonsumsi omega 3 dengan takaran yang berlebihan. Luka memar dapat menjadi adanya indikasi terjadi kebocoran darah pada bagian bawah jaringan kulit. Daerah tersebut juga akan mengalami pembengkakan sebagai akibat akumulasi darah yang secara berlebihan.

5. Warna Tinja Berubah
Adanya kebocoran darah pada bagian jaringan bawah kulit dapat ditandai dengan adanya suatu perubahan terhadap warna tinja. Warna tinja dapat berubah menjadi warna hitam disebabkan oleh adanya kebocoran darah yang terjadi. Hal tersebut dapat disebabkan adanya darah bersama feses yang ikut terbuang. Pendarahan tersebut juga dapat terjadi di dalam tubuh serta akan ikut keluar bersama dengan keluarnya feses manusia.

6. Pendarahan pada Otak
Hal selanjutnya yang akan menjadi efek seseorang yang mengkonsumsi omega 3 atau asam alfa-linolenat dengan takaran yang berlebihan adalah otak dapat mengalami pendarahan. Alasannya yaitu pembuluh darah yang terdapat pada otak akan mengalami pecah serta akan terjadi pendarahan secara lokal. Hal tersebut dapat disebabkan akibat terlalu banyaknya akumulasi dalam darah yang menuju ke bagian otak dengan demikian pendarahan otak dapat terjadi.Berikut merupakan beberapa fakta terkait minyak ikan serta kandungan asam alfa-linolenat yang terdapat di dalamnya :
1. Rendah kolesterol.
2. Konsumsi minya ikan harus didasarkan pada berat badan sehingga tidak boleh sembarangan.
3. Konsumsilah minyak ikan dengan takaran yang cukup sesuai dengan yang dianjurkan.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates