Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Gejala Alergi Jagung

Ketahui Gejala Alergi Jagung

Ketahui Gejala Alergi Jagung

Ketahui Gejala Alergi Jagung

Ketahui Gejala Alergi Jagung

Ketahui Gejala Alergi Jagung – Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang banyak disukai oleh semua masyarakat. Perlu diketahui bahwa jagung mempunyai protein transfer lemak yang terdapat bahan kimia di dalamnya. Untuk sebagian orang, jagung bukanlah jenis makanan yang aman yang dapat dikonsumsi karena dapat menimbulkan suatu reaksi alergi jagung yang merupakan golongan alergi makanan.Sejumlah orang akan mengeluarkan reaksi alergi pada saat hanya mencium popcorn saja, sementara pada sebagian orang yang lain dapat lebih tahan serta tidak terdapat adanya reaksi yang berlebihan ataupun yang serius. Berikut merupakan beberapa informasi terkait bahaya ataupun gejala yang akan ditimbulkan pada seseorang yang mengalami alergi jagung, diataranya:

1. Syok Anafilaktik
Seseorang yang mengalami alergi terhadap jagung dengan tingkatan yang sudah parah, sehingga ia akan mengalami syok anafilaksis. Syok anafilaktis tersebut merupakan suatu reaksi alergi pada tahap yang berat karena nyawa penderitanya akan sangat terancam. Perkembangan terhadap reaksi alergi ini akan sangat cepat.
Sebenarnya, keadaan syok anafilaktik ini bisa terjadi hanya dalam beberapa menit setelah terkena paparan alergen. Akan tetapi terdapat juga pada beberapa kasus, dimana kondisi akan muncul setelah beberapa jam dari mulai terserang paparan. Keadaan awalnya dapat ditandai dengan gejala yang ringan, misalnya sakit di daerah perut, mual ataupun muntah.

Selain akibat mongkonsumsi jagung, tentunya jenis makanan – makanan lain misalnya susu, seafood, telur sampai beberapa jenis buah tertentu dapat membuat seseorang akan mengalami keadaan tersebut.
Adapun beberapa gejala lain yang kemudian akan timbul pada saat seseorang mengalami syok anafilaktik yaitu bentol – bentol disertai gatal, ruam kemerahan pada kulit, bengkak pada kaki, pada tangan, bibir dan juga mata, bengkak pada bagian dalam mulut, mengi, kepala terasa pusing, bahkan menyebabkan pingsan.

2. Kelelahan Ekstrem
Ada kalanya tubuh akan mudah serta cepat lelah adalah suatu efek dari aktivitas fisik yang berlebihan tanpa diseimbangkan dengan istirahat yang cukup. Akan tetapi rasa lelah yang sangat ekstrem juga merupakan gejala terjadinya gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa jika setiap kali bangun dari tidur tubuh merasa sangat lelah, maka kemungkinan hal ini merupakan efek dari suatu reaksi alergi mengkonsumsi jagung. Dimana jika rasa lelah tersebut disertai dengan pembengkakan pada pergelangan kaki, terasa gatal – gatal di anggota tubuh, dan rasa sakit pada bagian lutut.

3. Penyakit Usus
Alergi terhadap konsumsi jagung dapat mengakibatkan masalah di bagian usus serta dapat memicu terjadinya gangguan pada pencernaan. Masalah pada perut memang merupakan tergolong umum akan terjadi sebagai suatu efek adanya paparan alergen, termasuk alergi yang berupa makanan. Adapun masalah yang sangat sering terjadi yaitu Irritable Bowel Syndrome atau IBS.

4. Sinus Kronis
Sinusitis bisa menjadi bahaya akibat reaksi alergi konsumsi jagung. Reaksi alergi dapat sangat mengancam kondisi jiwa. Pada saat sinus kronis menyerang, dengan demikian gejala umum yang akan timbul yakni mata akan mulai berair, hidung akan berair, serta sesak nafas.

5. Resistensi Insulin
Pada saat seseorang memiliki kondisi alergi terhadap konsumsi jagung, tidak menutup kemungkinan maka bahaya yang akan dialami yaitu resistensi insulin atau dapat dibilang sebagai cikal bakal penyakit diabetes. Sebab tidak mempunyai gejala yang kelihatan dengan menonjol, dengan demikian akan sulit untuk mengetahui apalagi secara langsung dalam mengatasinya. Maka dari itu seseorang harus rajin untuk melakukan pemeriksaan gula darah.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates