Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Penyebab Eksim pada Kulit

Makanan Penyebab Eksim pada Kulit

Makanan Penyebab Eksim pada Kulit

Makanan Penyebab Eksim pada Kulit

Makanan Penyebab Eksim pada Kulit

Makanan Penyebab Eksim pada Kulit – Eksim atau dikenal sebagai istilah eksema merupakan suatu kondisi peradangan kulit dengan gejala timbulnya rasa gatal yang akan mengganggu. Kulit yang mengalami eksim biasanya akan mengering, merah, kemudian pecah – pecah. Gejala tidak selalu bertahan lama sebab pada banyak kasus gejalanya dapat hilang serta muncul dengan tiba – tiba.Eksim merupakan penyakit dengan jangka panjang yang akan timbul sebagai suatu reaksi alergi. Seseorang yang mengalami penyakit alergi, misalnya alergi terhadap makanan maka dapat dengan mudah mengalami eksim. Berikut merupakan jenis makanan tersebut yang dapat memicu eksim, diantaranya sebagai berikut:

1. Telur
Telur merupakan jenis makanan yang menjadi alergen untuk sebagian orang sebab beberapa orang yang mengkonsumsinya dapat mengalami eksim atau mengalami kulit gatal – gatal serta kulit ruam.

2. Tepung Terigu
Makanan dengan bahan dari tepung terigu menjadi faktor penyebab eksim atau penyebab reaksi alergi. Gluten gandum yang terdapat dalam tepung terigu merupakan kandungan utama serta sebagai penyebab alergen dengan gejala celiac. Tidak hanya dapat menyebabkan gatal – gatal, kemerahan serta ruam di permukaan kulit, gluten gandum juga dapat mengancam kesehatan usus. Dimana lapisan usus bisa rusak akibat mengkonsumsi tepung terigu .

3. Kacang
Dengan tidak mengkonsumsi kacang merupakan salah satu cara untuk mencegah eksim sebab seringkali memicu reaksi alergi yang berdampak menimbulkan eksim. Selain menyebabkan ruam, gatal serta kemerahan pada kulit, konsumsi kacang juga dapat memicu gangguan terhadap perut.

4. Kacang Kedelai
Perlu diketahui bahwa kacang kedelai memiliki kandungan phytoestrogen dan jumlah serat yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat memicu gangguan kesehatan, tidak hanya menyebabkan eksim namun menyebabkan perut kembung, sakit perut, diare, serta menyebabkan gangguan pencernaan yang lainnya.

5. Susu Sapi
Susu kaya dengan kandungan kalsium dan juga protein, dimana kandungan protein kaseinnya menjadi penyebab alergen yang harus dihindari pada penderita alergi. Tidak hanya eksim, dengan menkgonsumsi susu sapi terhadap beberapa orang dapat mengakibatkan rasa mual serta alergi perut yang tidak nyaman.

6. Ikan dan Daging
Daging serta ikan sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh sebab dapat melengkapi 4 sehat 5 sempurna. Namun pada beberapa orang konsumsi ikan dan daging dapat menyebabkan eksim. Eksim bisa timbul akibat mengkonsumsi ikan dan daging, bahkan akan semakin parah jika mengalami riwayat alergi.

7. Kerang
Jenis makanan laut kerang ini juga dapat memicu eksim. Alergi kerang ini disebut dengan alergi moluska dimana tidak hanya pada kerang saja yang menjadi faktor penyebab terjadinya reaksi alergi sejenis eksim, akan tetapi juga tiram serta remis.

8. Kepiting
Masih ada lagi jenis makanan laut yang mempunyai efek cukup negatif untuk beberapa orang yang mengkonsumsinya, yaitu kepiting. Seseorang yang mengalami alergi terhadap konsumsi kepiting biasanya disebut dengan keadaan alergi crustacea. Biasanya pada seseorang yang mengalami alergi kepiting dapat mempunyai alergi terhadap udang ataupun lobster.Jika sebelumnya sudah mengalami penyakit alergi, dengan mengkonsumsi kepiting hanya dapat memperburuk keadaan dan akan mempermudah timbulnya gejala eksim untuk muncul serta sering kambuh. Gatal – gatal yang akan terjadi juga tidak hanya terdapat pada kulit tangan ataupun pada kaki saja, pada beberapa orang akan mengalami hal tersbeut di bagian mulut. Reaksi tersebut dapat muncul beberapa jam sesudah mengkonsumsi laut tersebut dinikmati.

About yanti nurjayanti

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates