Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik

Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik

Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik

Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik

Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik

Seputar Faktor Penyebab Stroke Iskemik – Stroke sendiri adalah terjadinya serangan pada otak dengan mendadak kemudian dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah dengan demikian pembuluh darah tersebut dapat rentan mengalami pecahnya pada pembuluh darah yang terdapat pada otak. Definisi lain stroke merupakan penyakit yang dapat ditandai dengan adanya kerusakan atau gangguan yang terdapat pada jaringan otak.

Ada berbagai jenis yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami stroke iskemik. Stroke ini adalah jenis stroke yang paling banyak terjadi jika dibandingkan dengan jenis stroke yang lainnya. Berikut merupakan yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami serangan stroke diantaranya:

1. Penyumbatan Pembuluh Darah Di Otak
Banyak hal yang dapat mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh darah. Salah satu hal yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyumbatan pada pembuluh darah yakni kadar kolesterol yang cukup tinggi. Dampak penyempitan pada pembuluh darah tersebut dimana aliran darah serta aliran oksigen yang menuju otak menjadi sedikit serta otak pun akan kekurangan oksigen.

2. Serangan Jantung
Penyebab stroke diakibatkan oleh seseorang mengalami serangan jantung. Seseorang yang mengalami serangan jantung dapat dengan mudah mengalami stroke sebab orang yang mengalami serangan jantung mempunyai banyak penyumbatan pada pembuluh darahnya dengan demikian penyumbatan pembuluh darah pada otak akan sangat mungkin terjadi stroke. Pada saat serangan jantung mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah pada kepala maka besar kemungkinan akan mengalami penyakit stroke iskemik.

3. Genetik
Stroke iskemik dapat diakibatkan oleh faktor genetic atau keturunan. Pada saat riwayat keluarga terutama saudara mengalami penyumbatan pada pembuluh darah lalu mengalami stroke maka resiko mengalami stroke akan tinggi.

4. Usia
Orang yang mempunyai usia 65 tahun lebih maka akan rentan mengalami penyakit stroke iskemik jika dibandingkan dengan seseorang dengan usia muda. Sebab kinerja pada pembuluh darah sudah mengalami penurunan begitupula dengan kinerja pada organ yang terdapat di dalam tubuh. Pada saat tua mengalami penumpukan plak pada pembuluh darah sudah banyak dengan demikian menyumbat pembuluh darah yang terdapat pada jantung ataupun di otak.

5. Diabetes
Penyebab penyakit stroke iskemik yang lainnya yakni akibat penyakit diabetes. Diabetes dapat menjadi faktor penyebab stroke iskemik akibat kadar gula yang tinggi dapat merusak lapisan pembuluh darah pada organ jantung ataupun lapisan dinding pembuluh darah yang terdapat pada otak. Apabila pembuluh darah sudah mengalami kerusakan dampaknya adalah pembuluh darah tidak dapat berfungsi secara optimal.

6. Kolesterol
Orang yang mempunyai kolesterol juga akan rentan mengalami penyakit stroke. Hal tersebut disebabkan orang yang mempunyai kolesterol akan cenderung mempunyai peyempitan pada pembuluh darah. Penyempitan pada pembuluh darah tersebut yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami penyakit stroke iskemik.

7. Jenis Kelamin
Pada penyakit jenis stroke iskemik akan lebih sering dialami pada laki – laki jika dibandingkan pada pria. Sedangkan untuk jenis stroke hemoragik banyak diderita pada wanita.

8. Ras
Ras akan menjadi faktor penyebab penyakit stroke iskemik. Hal tersebut disebabkan karena orang yang mempunyai ras berwarna putih dapat lebih rentan mengalami stroke jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai ras kulit hitam.

9. Obat-Obatan
Konsumsi obat – obatan terlarang dapat menjadi pemicu mengalami stroke. Hal tersebut disebabkan obat – obatan yang terlarang jika dikonsumsi dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah yang terdapat di otak serta fungsi sel otak juga bisa menjadi terganggu.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates