Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema

Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema

Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema

Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema

Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema

Upaya Pemeriksaan dan Pencegahan Hifema – Hifema adalah terjadinya akumulasi darah pada bilik mata bagian depan. Hal tersbeut paling sering diakibatkan oleh trauma tumpul pada bagian mata yang mengakibatkan robeknya iris atau robeknya badan silier. Hifema bisa diakibatkan oleh terjadinya trauma intraoperasi, akibat pecahnya neovaskularisasi, akibat mengalami kanker, atau karena kelainan vaskuler lain. Darah yang akan terkumpul pada bilik mata bagian depan biasanya akan terlihat dengan mata telanjang. Meskipun darah yang terdapat pada bilik mata depan tampak sedikit, namun akan tetap bisa menurunkan penglihatan. Berikut merupakan upaya tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan, sebagai berikut:

1.    Tenaga Medis atau dokter dapat melakukan upaya pemeriksaan dengan sedetail mungkin terkait sejauh mana ketajaman terhadap penglihatan atau pandangan penderita terhadap adanya cahaya yang masuk dengan jarak yang dekat sampai yang terjauh.

2.    Dilakukan upaya pemeriksaan yang lebih dalam tentang keadaan fisik apakah penderitanya mengalami masalah yang berhubungan dengan kondisi patologi vaskular ocular atau masalah pada glukoma.

3.    Pemeriksaan serta tes terhadap penderita langsung di bilik mata bagian depan dengan tujuan untuk mengetahui adanya tekanan intra okular di mata atau tidak, dimana tekanan dalam kondisi normal yakni 12 hingga 25 mmHg.

4.    Dokter dapat melakukan prosedur pemeriksaan yang disertai dengan tes provokatif dengan tujuan agar dapat melihat secara akurat ada atau tidaknya masalah pada glaukoma.

5.    Dilakukan serangkaian upaya pemeriksaan serta melakukan tes lebih lanjut yang menggunakan oftamoskopi agar dapat memeriksa, menganalisa, dan diperoleh data akurat apakah terdapat edema retina, untuk mengetahui keadaan internal okular, pupil serta kornea pada saat yang sama.

6.    Dilakukan upaya pemeriksaan darah lengkap supaya diperoleh data yang tepat apakah sudah terjadi infeksi atau tidak di bagian bilik mata depan.

Agar dapat terhindar hifema, berikut merupakan upaya pencegahan hifema yang dapat dilakukan, sebagai berikut:
1.    Membiasakan diri dalam menggunakan pelindung mata dengan diformulasikan sebagai anti radiasi atau dengan berbahan dasar khusus agar dapat mencegah serangan radikal bebas yang juga dapat menjadi factor penyebab trauma pada bagian mata.

2.    Penggunaan kacamata pada saat melakukan aktifitas di luar rumah supaya terhindar dari cedera yang akan menyebabkan seseorang dapat mengalami trauma di bagian bola mata atau di bilik depan dengan demikian akan memicu timbulnya hifema. Seperti para pekerja yang berkaitan dengan properti, seseorang yang melakukan olahraga yang memungkinkan mata akan mengalami cedera seperti panjat tebing, aktifitas naik gunung, melakukan arum jeram dan lain sebagainya ataupun sedang dalam keadaan dinas kerja yang ada di lokasi yang rentan terjadi tanah longsor, pohon tumbang ataupun angin puting beliung.

3.    Beristirahat cukup serta mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang dan juga memperbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam amino essensial, mengandung omega 3 dan omega 6, mengandung protein dan mengandung vitamin A.

4.    Jangan biarkan kondisi mata yang mengalami kelelahan luar biasa yang bisa mengakibatkan kelemahan pada otot mata serta mengalami penurunan kualitas pada penglihatan secara bertahap. Kelemahan pada otot mata akan cenderung memicu ketidakmampuan mata untuk bertahan dari adanya serangan radikal bebas yang bisa mencederai secara ringan pada bagian bilik mata depan, akan tetapi cedera ringan dapat menjadi berat pada saat otot mata mengalami penurunan terhadap fungsi akibat mengalami kelelahan.

5.    Membiasakan diri dalam mengompres kelopak mata dengan menggunakan irisan mentimun ataupun kantung teh yang sebelumnya sudah direndam di dalam air dingin dengan teratur serta konsisten.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates