Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering – Kalau anda terkena penyakit batuk, mau itu batuk berdahak ataupun batuk kering, anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini :

1. Jauhi tempat berdebu dan tempat yang dingin.

2. Jaga agar kondisi tubuh Anda tetap hangat, untuk itu pakailah jaket, syal, selimut atau apapun itu yang bisa membuat anda hangat.

3. Usahakan jika anda mandi, pakailah air hangat

4. Anda terbiasa minum alkohol? atau sudah terbiasa merokok? maka kurangilah atau bahkan hindari, karena dua hal tersebut bisa memperparah batuk anda

5. Jangan bekerja terlalu keras hingga membuat badan anda drop, istirahatlah secara teratur

6. Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas / harinya.

7. Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Bukan hanya menjalankan cara diatas, anda pun bisa membuat ramuan herbal berikut ini guna mengatasi batuk berdahak :

1. Ramuan Jahe dan kencur, Mengapa harus jahe? Karena jahe mengandung zat anti-bakteridan bisa menghangatkan tubuh selain itu juga dapat mengobati batuk berdahak. Untuk Anda yang sekarang merasakan batuk berdahak, cobalah meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali.

Untuk membuat ramuan jahe dan kencur caranya cukup mudah, yaitu pertama anda harus menyediakan jahe sebanyak 2 jari / secukupya dan kencur secukupnya. Setelah itu iris jahe dan kencur tersebut, baru kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah itu saring air rebusan jahe dan kencur tadi, lalu anda minum, minimal 1 hari sekali.

2. Jeruk nipis di campur madu atau kecapJeruk Nipis jika dicampurkan dengan kecap atau madu telah lama dipercaya ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Siapkan jeruk nipis secukupnya, lalu potong jadi 2 bagian.

Setelah itu peras air jeruk nipis tersebut kemudian campurkan dengan kecap. Selanjutnya anda minum 2-3 kali dalam sehari. Bagi anda yang tak suka kecap, anda bisa menggantinya dengan madu

3. Daun Sirih dan Jahe Seperti yang telah kita ketahui, bahwa daun sirih memang mempunyai sejuta manfaat. Contohnya juga dapat dipakai dalam mengobati keputihan secara alami dsb. Selain itu ternyata daun sirih juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak.

Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya kemudian campurkan dengan potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum minimal 1x sehari, yang berguna untuk menjaga menjaga tubuh tetap hangat dan sehat.
Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Kering
Kalau mengobati batuk kering anda dapat meracik beberapa ramuan dari beberapa bahan alami berikut ini :

4. Daun Kemangi
Daun kemangi merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Daun kemangi juga mempunyai aroma yang khas dan hangat. Daun kemangi mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu untuk mengobati batuk.

Caranya dengan menyiapkan 5-7 lembar daun kemangi, lalu rebus dalam 1-2 gelas air, saringlah air rebusan tersebut dari daun kemangi dan minum air rebusan tersebut minimal 1x sehari sampai batuk anda benar-benar sembuh

5. Belimbing wuluh
Siapkan 5-10 buah blimbing wuluh,lalu cuci dan haluskan memakai blender. Kemudian di aplikasikan dengan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Sealnjutnya peras dan menyaring campuran buah belimbing wuluh itu dan minumlah 2 x sehari ketika pagi dan petang sampai batuk anda sembuh.

6. Kencur
Siapkan 1 rimpang kencur, lalu cuci dan kunyah halus dengan sedikit garam. lalu telan dan dibantu dengan meminum air hangat. Jalankan cara 2 x sehari, pagi dan sore hari.

7. Kunyit
Selain ampuh mengobati penyakit maag, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering. Caranya dengan menambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang sudahditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

8. Daun asam muda
Juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Cukup sediakan daunn asam muda setengah genggam, lalu aplikasikan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu seperlunya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

9. Campuran Teh dan Jahe
Kalau untuk teh dan jahe mungkin anda semua sudah tahu manfaatnya. Selain enak, teh dan jahe juga punya banyak manfaat yang salah satunya yaitu sebagai obat penyembuh batuk. Cukup menyediakan 1 jari jahe dan segelas teh hangat / agak panas.

Lalu cuci jahe tersebut dan dipotong-potong, kemudian aplikasikan dengan teh yang diseduh memakai air hangat/agak panas tadi. Setelah itu minumlah 2x sehari

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates