Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi

Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi

Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi

Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi

Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi

Fakta Unik Tentang Tidur Dan Mimpi – Banyak orang mengatakan jika mimpi merupakan bunga tidur, memang mimpi terjadi pada saat kita sedang tidur sehingga keduanya saling terkait. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui mengenai misteri tentang tidur dan mimpi. Berikut ini fakta dari tidur dan mimpi.

1. Anda tidak bisa ‘membalas’ waktu tidur Anda
Apabila merasakan waktu tidur kurang, kebanyakan orang akan membalas waktu tidur tersebut dengan melakukan tidur lagi, dengan durasi waktu yang lebih lama. Akan tetapi, ini sesungguhnya tidak berpengaruh, karena kurang dalam waktu tidur sendiri tak dapat dibayar. Tidur dengan waktu yang lama adalah sesuatu hal yang sangat sia-sia. Pada umumnya orang dewasa memerlukan tidur malam selama 7 sampai 9 jam untuk kesehatan, keselamatan optimal dan hasil kinerja.

2. Otak tidak beristirahat saat tidur
Pada saat sedang tidur, otak kita tetap akan bekerja. Otak sendiri pada saat tidur akan mengisi energinya kembali dan juga tetap banyak mengontrol fungsi tubuh. Hal ini dibuktikannya kita masih tetap dapat bernapas pada saat tidur dan dapat bermimpi.

3. Anda perlu melewati berbagai fase tidur untuk bermimpi
Tidur sendiri mempunyai banyak fase, dari fase non-REM hingga fase REM (rapid eye movement). Fase REM merupakan fase dimana kita telah tidur dengan lelap, nyenyak dan sulit untuk terbangun, dan pada fase inilah kita sering mengalami mimpi. Berikutnya fase non-REM merupakan fase saat akan memulai tidur, dimaan saat sedang mengantuk, dan masih sangat mudah terbangun.

4. Pada umumnya, mimpi sulit untuk diingat
Selama berada dalam fase REM, yakni pada saat mengalami mimpi dan tidur sangat lelap, tubuh bisa mematikan sistem yang ada di otak yang memiliki tanggung jawab menciptakan kenangan. Hal ini lah yang menjadikan kita sulit untuk mengingat sebuah mimpi. Dan yang sering kali terjadi adalah hanya bisa mengingat bagian terakhir dari mimpi sebelum bangun dari tidur. Hal ini sangat wajar, dikarenakan sebelum bangun tidur, fungsi dari beberapa bagian otak diaktifkan kembali.

5. Namun, kondisi seperti ini membuat mimpi lebih mudah diingat
Sesungguhnya mimpi juga tidak benar-benar bsa untuk dilupakan. Mimpi sendiri bisa dismpan di dalam ingatan dan kita dapat mengingatnya lagi. berikut adalah beberapa cara yang bisa mengingatkan akan mimpi yang kita alami.

Pertama, bangun tanpa menggunakan alarm, hal ini memungkinkan untuk mengingat mimpi secara alami tanpa memakai alarm. Kedua yaitu sengaja untuk mengingat mimpi yang terjadi. Dan ketiga adalah mimpi dapat diingat di lain waktu, bukan pada saat baru saja bangun tidur.

6. Orang yang Anda lihat dalam mimpi pernah Anda lihat di kehidupan nyata
Apabila kita bermimpi bertemu dangan orang yang sebelumnya tidak kita kenal ataupun belum pernah melihatnya. Hal ini akan menjadi pertanyaan tentang siapa yang ada di dalam mimpi. Sesungguhnya, seseorang yang ada di dalammimpi biasanya merupakan orang yang sudah dikenal ataupun pernah melihat orang tersebut.

Meskipun kita tidak mengingat akan hal itu, tetapi otak kita akan memunculkannya dan mengingatnya di saat mimpi. Seperti yang ada di dalam Jurnal Trends in Cognitive Sciences, yang menunjukkan jika ditemukan area pada otak yang begitu aktif pada saat fase REM yang bertanggung jawab dalam pengenalan wajah.

7. Orang tuna netra bermimpi bukan berdasarkan penglihatannya
Mimpi pada orang tuna netra, tidak bergantung pada indra penglihatnnya, akan tetapi sangat bergantung pada indra lainnya yang mereka rasakan. Tetapi, tuna netra yang sebelumnya bisa melihat tentu masih bisa mengalami mimpi dengan di dasarkan pada penglihatan yang seblumnya. Demikian lah informasi tentang fakta unik tidur. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates