Thursday , 17 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya

Kamu Suka Mencabut Bulu Hidung, Ini Bahayanya – Apakah Anda pernah mencabut bulu hidung? Sebagian orang mempunyai kebiasaan mencabut bulu hidung dan suka dilakukan sebab ada efek yang menyenangkan seperti mengorek hidung. Bulu hidung yang terdapat pada bagian dalam hidung sebenarnya berfungsi untuk melindung tubuh kita dari serangan infeksi dan bakteri. Bulu hidung berfungsi untuk mencegah masuknya semua jenis patogen lewat udara sehingga tidak dapat mencapai rongga pernafasan pada bagian dalam. Rambut bekerja sebagai perangkap yang membuat kotoran dari udara dan kuman sehingga tidak terbawa ke paru-paru. Jadi rambut hidung memang memiliki fungsi yang sangat penting.

Tetapi sebagian orang merasa malu disaat mempunyai rambut hidung panjang dan keluar dari garis hidung. Tapi mencabut bulu hidung bisa menyebabkan beberapa bahaya, seperti:

1. Pendarahan Ringan
Ketika Anda mencabut bulu hidung secara paksa maka bisa menyebabkan pendarahan ringan. Darah bisa keluar yang membuat rasa perih dan tidak nyaman pada hidung. Kemungkinan Anda pun merasa tidak nyaman sebab disaat menyentuh hidung pada bagian luar ada rasa nyeri seperti tertusuk. Pendarahan ringan memang bisa berhenti tanpa perawatan tapi bisa meninggalkan rasa sakit dan kering pada bekas bulu hidung yang dicabut.

2. Infeksi
Mencabut bulu hidung pun bisa mengakibatkan infeksi. Pendarahan ringan yang terjadi pada hidung sudah membuka sebuah ruang kecil pada bagian hidung. Kondisi ini dapat membuat bakteri dan kuman yang berasal dari tangan Anda atau udara dapat masuk ke ruang kecil tersebut. Sehingga dapat membuat bakteri atau kuman masuk ke bagian tersebut dan mengalir ke bagian tubuh yang lain. Bakteri yang tumbuh dan berkembang mungkin tak cuma menyebar di area hidung dan rongga nasal namun juga ke bagian lain yang terbawa dari pembuluh darah.
   
3. Infeksi Otak
Hidung terletak dekat dengan bagian otak yang menjadi tempat penting untuk tubuh. Naht, hal ini membuat penjelasan bahwa mencabut bulu hidung dapat mengakibatkan infeksi otak yang berat. Kondisi ini terjadi ketika ada bakteri yang bertemu pada otak dari pembuluh darah. Infeksi dapat menyerang otak dan membuat bakteri berkembang di bagian itu. Dampak terbesar dari infeksi otak jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat adalah kematian yang fatal.

4. Jerawat Hidung
Terbiasa mencabut bulu hidung pun dapat mengakibatkan jerawat kecil yang tumbuh di bagian dalam hidung. Hal ini terjadi disaat ada kuman atau bakteri yang masuk dari tangan secara langsung ke bagian lapisan hidung. Jerawat kecil bisa tumbuh sehingga menyebabkan Anda merasa sangat tidak nyaman. Terutama disaat lendir hidung keluar maka dapat membuat hidung menjadi lebih sakit. Sebagian orang pun dapat terserang demam tinggi karena jerawat hidung yang mengalami infeksi.

5. Mimisan
Faktor timbulnya mimisan memang dapat beragam, sampai kebiasaan yang tidak pernah di duga pun bisa berbahaya. Mencabut bulu hidung mungkin hanya untuk menghilangkan bulu hidung panjang karena menganggu penampilan. Namun mencabut dengan keras bulu hidung pun dapat mengakibatkan timbulnya mimisan. Keadaan ini akan terjadi kalau mencabut bulu hidung mengenai sumber pembuluh darah pada bagian dalam hidung. Luka dan mimisan akan mengakibatkan mengalir dari hidung.

6. Perforasi Septum
Kerusakan pada bagian lubang hidung bisa menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Kerusakan itu biasanya disebut dengan perforasi septum. Bagian bekas bulu hidung dapat menimbulkan luka, bisul kecil atau kerak sebab lendir susah untuk dihilangkan. Perforasi septum biasanya sering ditandai dengan mimisan.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates