Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut

Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut

Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut

Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut

Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut

Manfaat, Efek Samping Dan Cara Mengolah Daging Belut – Belut adalah hewan yang hidup pada daerah yang beriklim tropis, dimana memiliki sisik sedikit, bisa bernafas di udara, memiliki tekstur licin, mempunyai sirip ekor yang memanjang dan tidak mempunyai tulang rusuk. Belut sendiri masuk di dalam kelompok ikan, yang banyak dikonsumsi masyarakat pada umumnya. Selain itu, belut juga mempunyai banyak kandungan gizi didalamnya.

Di indoensia ada dua jenis belut yakni belut sawah dan belut rawa. Apanila ingin mengonsumsi belut yang dagingnya banyak, makan pilihannya adalah jatuh pada belut sawah. Belut memiliki kandungan protein yang tinggi, vitamin, mineral dan juga lemak di dalam belut. Berikut ini adalah kandungan gizi yang ada di dalam belut yaitu, Kalori (cal) sebesar 303, Protein 14 gram, lemak 27 gram, fosfor 200 miligram, kalsium 20 miligram, zat besi 20 miligram, vitamin A, Vitamin B, vitamin C dan air 58 gram. Dengan banyaknya kandungan gizi tersebut, berikut adalah manfaat dari belut itu sendiri.

1. Fosfor
Apabila kalian menginginkan memiliki tulang yang kuat dan kokoh, serta untuk menghindari ataupun meminimalisir dari pengeroposan pada tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis, maka sebaiknya memanfaatkan daging belut ini. Hal in sama seperti dengan manfaat susu, yoghurt ataupun udang.

2. Zat Besi
Zat besi memiliki manfaat bagi tubuh manusia, yang dimana berfungsi dalam mencegah anemia. Memiliki zat besi yang kurang, dapat mempengaruhi pembentukan terjadinya hemoglobin di dalam sel darah sehingga mengurangi suplaioksigen di dalam tubuh. Apabila sistem kekebalan tubuh terganggu, maka dianjurkan untuk mengonsumsi belut ini.

3. Kalori
Belut mengandung kalori yang sangat tinggi, kalori yang tinggi ini bisa membantu memenuhi kebutuhan tubuh dalam melakukan aktivitas di kehidupan sehar-harinya. Tetapi hal ini harus berhati-hati apabila menyandingkan dengan nasi karena mempunyai banyak karbohidrat.

4. Kaya Vitamin
Belut sangat bagus untuk kesehatan mata, membantu dalam pembentukan protein, perkembangan fungsi jaringan syaraf dan menormalkan kembali tekanan darah pada otak. Sehingga, bisa menurunkan resiko terkena pembekuan darah di dalam otak. Hal ini dikarenakan adanya vitamin B tersebut. Selain itu, vitamin A yang ada di dalam belut sangat berguna untuk pertumbuhan, kesehatan mata dan sistem reproduksi.

5. Arginin
Kanker adalah penyakit mematikan yang ditakuti oleh masyarakat, termasuk kanker payudara. Belut mengandung arginin yang mempunyai fungsi yang sangat penting yakni  melakukan penghambtan pada pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi yang menderita jantung atau sebagai pencegahan maka sabaiknya juga untuk mengonsumsi belut ini karena bisa meminimalisir resiko serangan jantung dan penyempitan pada pembuluh darah.

6. Efek Samping Daging Belut
Meskipun memiliki banyak manfaat, belut juga mempunyai efek samping. Bagi yang menderita kolesterol, sebaiknya tidak mengonsumsi belut ini karena sangat tidak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan belut memiliki lemak yang sangat tinggi.

7. Cara Pengolahan Daging Belut yang Sehat
Apabila ingin mengonsumsi belut, akan tetapi takut pada asam lemak dan kolesterol dari belut, sebaiknya mengonsumsi belut dengan cara dipanggang. Dengan cara dipanggang ini, asam lemak dan kolesterol komposisinya akan turun sehingga resikonya kecil untuk meningkatkan kolesterol karena proses pembakaran tersebut.

Hal ini berbeda dengan belut yang diolang dengan digoreng terlebih dahulu, belut yang digoreng memakai minyak, hanya akan membuat minyak pada belut bertambah. Hal ini sikarenakan lemaknya tidak akan meleleh ataupun mencair secara sempurna di dalam belut itu. Sekian, informasi tentang belut ini, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates