Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah Bagi Kesehatan – Terapi lintah adalah terapi yang sebenarnya sudah diketahui sebelum dunia kedokteran modern. Biasanya terapi ini untuk mengatasi kelainan sistem saraf, kulit, masalah gigi, serta infeksi. Terapi lintah dikenal dalam dunia kedokteran sekitar tahun 1970an, yang digunakan untuk tindakan bedah mikro dan jenis pengobatan lainnya. Lintah sendiri bisa dipercaya mendorong aliran darah di dalam pembuluh kapiler yang baru saja tersambung, sesudah dilakukannya operasi penyambungan rekonstruksi atau organ.

Akan tetapi, tidak sembarangan lintah yang bisa dipakai untk terapi. Lintah tang dimanfaatkan untuk pengobatan ialah jenis hirudo, yakni hirudo medicinalis, hirudo troctina, hirudo orientalis atau hirudo verbana yang berkembang di dalam lingkungan khusus. Gigitan lintah biasanya dapat meninggalkan bekas yang berupa huruf Y, yang nantinya akan sembuh sendiri tanpa berbekas. Berikut adalah manfaat dari terapi lintah.

1. Mengencerkan darah dan mencegah penyumbatan
Lintah yang dipakai dalam pengonbatan adalah lintah khusus, yang pada umunya mengeluarkan air liur yang terkandung lebih dari 60 jenis protein pada saat menghisap darah. Tentu ini dapat mengencerkan darah dan bisa meningkatkan peredaran darah di sekitar luka. Protein dan peptida yang dikeluarkan oleh lintah dapat mencegah penyumbatan, sehingga bisa terhindar dari kematian jaringan.

Tindakan bedah mikro dan bedah plastik banyak menggunakan terapi lintah karena memiliki dua manfaat tersebut. Proses pemulihan lebih cepat apabila menggunakan erapi lintah ini, karena bisa menjaga peredaran darah pada luka. Tindakan-tindakan bedah yang memakai lintah misalnya saja operasi melekatkan jari yang putus, dan operasi lainnya misalnya hidung, bibir, telinga, atau kelompak mata.

2. Membantu penanganan gangguan sirkulasi dan penyakit kardiovaskular
Terapi lintah juga sangat efektif dalam peningkatan peredaran darah sekaligus mencegah terjadinya sumbatan, dan juga lintah banyak digunakan untuk mengobati sirkulasi darah serta kardiovaskular. Selain itu, air liur yang dimiliki oleh lintah diduga mempunyai efek anestasi, vasiodilatasi atau pelebaran pembuluh darah dan anti peradangan.

Air liur lintah sendiri memiliki banyak manfaat untuk di gunakan sebagai campuran obat tekanan darah tinggi, varises, wasir, dan gangguan kulit lainnya. Air liur di dalam lintah juga masih diteliti untuk pengobatan kanker dan mencegah penyebaran kanker tersebut.

3. Menghindari komplikasi pada penderita diabetes
Diabetes mempunyai resiko kompikasi, atau gangguan pembuluh darah yang memungkinkannya menghambat darah mengalir ke kaki, tangan serta pada jari-jari. Hal inibisa mengakibatkan jaringan tersebut mati, yang merupakan salah satu alasan dilakukan amputasi pada orang yang menderita diabetes.

Dalam sebuah studi menunjukkan, terapi lintah bisa digunakan dalammencegah diabetes ini. Hal ini dikarenakan, terapi lintah bisa memperbaiki sirkulasi darah sehingga aliran darah bisa mencapai lokasi jaringan tanpa menyebabkan resiko terjadinya sumbatan. Dalam penelitian menyatakan jika empat lintad di tiap sesi terapi bisa menekan resiko terjadinya amputasi.

4. Membantu mencegah proses penuaan
Terapi lintah ini juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan anti penuaan dengan cara membersihkan aliran darahnya. Hal ini adalah salah satu manfaat terapi lintah selain penyembuhan pasca operasi.

5. Mempertimbangkan Risiko
Terapi lintah juga banyak dipilih karena mudah dan memiliki resiko efek samping yang sangat kecil. Meski demikian, lintah juga mempunyai resiko yang perlu unutk dipertimbangkan baik untuk terapi medis atau hanya untuk prosedur kecantikan.

Pertama, haruslah memperhatikan jenis lintah yang dipakai, meski dsebut terapi lintah, tapi bukan lintah liar yang dipakai untuk lingkungan bebas.

Ada juga resiko perdarahan yang berkepanjangan sesudah terapi lintah, serta kemungkinan terjadinya reaksi alergi. Selain itu, terapi lintah juga mempunyai resiko infeksi bakteri, apalagi terhadap bakteri yang tidak mempan pada obat-obatan. Dan sebaiknya untuk konsultasi sebelum melakukan terapi lintah imi

Demikian lah manfaat dan pertimbangan resiko menggunakan terapi lintah. Semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates