Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Bisnis » Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online

Tips Aman Berbelanja Via Online – Perkembangan yang pesat pengguna internet di Indonesia dimana jumlahnya selalu meningkat dari waktu ke waktu yang menjadikan peluang tersendiri bagi para pelaku e-commerce. Meski pemakai gadget digital seperti smartphone lebih tinggi dibandingkan dengan pemakai komputer, akan tetapi hal ini merupakan tantangan bagi para pelaku e-commerce untuk dapat menggaet pangsa pasar bagi pengguna dari gadget.

Tren bisnis digital pada tahun 2014, masih ditempati oleh e-commerce yang menjadi trend bisnis dan tentunya menguntungkan. Apabila ingin menargetkan pengguna mobile maka keuntungan yang bisa di dapat pelaku e-commerce akan jauh lebih tinggi. Jual beli online seperti sekarang ini juga sangat banyak diminati oleh pengguna internet. Situs jejaring sosial ini notabene adalah sebuah situs yang digunakan untuk menjalin pertemanan yang dijadikan sasaran untuk tempat jual-beli online.

Akan tetapi, belanja online juga menjadi kekhawatiran sebdiri bagi sebagian kalangan. Karena banyaknya rumor yang beredar jika belanja online itu tidaklah aman ataupun rawan akan penipuan. Perlu untuk diketahui sebelumnya jika belanja secara offline ataupun online semuanya mempunyai resiko. Resiko yang paling sering ditemui adalah barang yang tidak sesuai dan juga cepat rusak. Lebih parahnya penipuan apabila melakukan belanja online, seperti barang pesanan yang tidak dikirim padahal sudah mentransfer uang. Tetapi hal tersebut hanya bagian kecil saja, dan harus berhati-hati dalam hal belanja online. Lalu bagaimana cara agar aman dalam belanja online dengan tanpa khawatir terkena tipu? Berikut adalah tips agar tidak tertipu dalam belanja online.

1. Kenali toko online yang resmi dan terpercaya
Toko online yang terpercaya biasanya sudah dikenal oleh pengguna internet. Apabila kalian masih awam sebaiknya tanya terlebih dahulu pada teman-teman yang merupakan pengguna internet toko online, mana yang bisa dipercaya dan resmi. maka dari itu, dengan berbelanja ke tempat toko online terpercaya perasaan khawatir akan tertipu lebih minim dibandingkan belanja di tempat yang belum jelas sama sekali. Belanja di tempat toko online terpercaya, biasanya diwajibkan untuk melakukan transfer terlebih dahulu baru dikirim kerumah barang pesanan kita.

2. Cash On Delivery (COD)
COD merupakan jual beli online, akan tetapi pembayarannya yaitu dengan cara ketemuan langsung dengan penjual. Lakukanlah COD ini apabila bisa dijangkau di sekitar kita. Hal ini tentu akan lebih aman, karena pembeli dapat terlebih dahulu meneliti barang dan melihat langsung. Biasanya, apabila barangnya tidak sesuai dengan keinginan kita, tentu kita juga tidak wajib untuk membelinya.

3. kenali produk yang akan dibeli
Kenali produk yang akan dibeli adalah hal penting yang harus dilakukan yaitu dengan cara mengenali spesifikasi produk tersebut, sehingga kemungkinan kecil si pembeli akan tertipu jika mengetahuinya. Misalnya saja saat membeli sebuah handphone. Tentu sebelum membeli lebih baiknya jika googling dulu untuk mengetahui spesifikasi handphone. Hal ini untuk mengantisipasi smartphone replika aspal yakni asli tapi palsu yang dijual dengan harga sama seperti aslinya tapi spesifikasinya lebih rendah.

4. gunakan jasa rekening bersama (rekber)
Rekening bersama merupakan jasa penengah diantara pembeli dan penjual. Hal ini tentu dapat meminimalisir terjadinya penipuan, karena uang yang akan kita transfer ditahan terlebih dahulu oleh rekening bersama ini, apabila barang pesanan sudah fix maka rekber ini akan memberi uang pada penjual.

5. Jangan tergiur harga murah
Apabila kita seing mendengar istilah ada harga tentu ada kualitas, maka hal ini bukanlah sebuah isapan jempol. Terlebih apabila kita membeli barang yang sudah second dengan harga yang murah dibandingkan dengan penjual lainnya. Hal ini tentu harus dicurigai terkait normal atau tidaknya barang tersebut. Sebagai pembeli tentu tidak menginginkan barang yang dibeli tidak bisa digunakan.

6. Dokumentasikan transaksi anda
Dokumentasi transaksi adalah salah satu hal penting, apabila kita melakukan transfer jangan dibuang terlebih dahulu, ini nantinya dijadikan sebagai bukti verifikasi. Apabila transfer melalui ATM, maka struk bukti transfer sebaiknya disimpan terlebih dahulu. Apabila melalui internet banking, tentu bukti transfer dapat kita simpan dengan meng-screenshot layar smartphone kita terlebih dahulu. Jangan lupa untuk SMS lainnya juga jangan dihapus dulu karena juga penting sebagai bukti. Hal ini selain bermanfaat untuk konfirmasi sebagai bukti tanda pembayaran tetapi juga dapat dijadikan sebagai alat bukti kepada pihak yang berwajib apabila terkena tipu. Demikianlah informasi menganai tips bagaimana cara aman berbelanja online. Sekian, terimakasih.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates