Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor

Hal Yang Harus Dilakukan Dalam Merawat Luka Bakar Mayor – Segera hubungi unit gawat darurat. Luka bakar mayor tak bisa hanya mendapatkan perawatan sendiri harus membutuhkan bantuan profesional secepatnya. Panggil ambulans, atau segera kunjungi ke dokter atau unit gawat darurat.

Jangan mencoba merawat luka bakar serius sendiri. Langkah dalam bagian ini hanyalah langkah pertolongan awal hingga pertolongan medis tiba. Keluarkan korban dari sumber panas dengan hati-hati. Jika mungkin, berusahalah semampu Anda untuk mencegah luka bakar atau cedera meluas. Keluarkan korban dari dalam dan segera padamkan sumber panas.

Jangan pernah menarik atau memindahkan korban menggunakan alat yang terbakar. Karena jika Anda melakukannya, kerusakan kulit korban bisa meluas dan kemungkinan juga membuat lukanya semakin terbuka. Hal ini bisa menyebabkan korban merasakan sakit yang luar biasa dan memicu shock.

Tutupi luka. Tempelkan handuk dingin yang lembap ke atas luka guna menjaganya sampai pertolongan datang. Jangan gunakan es atau merendam bagian luka ke dalam air es. Hal ini bisa menyebabkan hipotermia atau semakin memperluas kerusakan di bagian tubuh yang sensitif.

Singkirkan bahan kimiawi yang merusak. Apabila luka bakar Anda dikarenakan oleh bahan kimia, bersihkan bagian yang luka dari sisa bahan kimia. Alirkan air dingin ke atas luka bakar atau berikan kompres dingin sementara Anda menunggu bantuan tiba. Jangan mencoba menggunakan obat rumahan apa pun pada luka bakar kimiawi.

Angkat bagian yang luka sehingga berada di atas jantung korban. Hanya lakukan langkah ini jika Anda bisa mengangkatnya tanpa memperparah luka.

Cari pertolongan segera untuk mengatasi shock. Waspadai gejala shock: denyut nadi lemah atau cepat, tekanan darah rendah, kulit yang lembap dan dingin, disorientasi atau pingsan, mual, perilaku agresif. Apabila anda melihat gejala shock yang dikarenakan oleh luka bakar derajat tiga, secepatnya mencari pertolongan medis. Hubungi ambulans untuk mengantar korban segera ke rumah sakit. Situasi ini bisa mengancam nyawa korban, selain juga berbahaya.

Luka bakar derajat tiga yang berat bisa menyebabkan shock karena tubuh kehilangan banyak cairan saat permukaan kulit yang luas terbakar. Tubuh tidak bisa berfungsi secara normal dengan jumlah cairan dan darah yang sangat rendah.

Memahami Perawatan Rumah Sakit pada Luka Bakar

Lepaskan pakaian dan perhiasan. Korban kebakaran mungkin akan segera dipindahkan dari rumah sakit ke unit luka bakar untuk perawatan lanjutan. Oleh karena itu, copotlah semua pakaian atau perhiasan yang masih menempel di tubuh korban apabila mengganggu tubuh yang mungkin membengkak.

Luka bakar mungkin menimbulkan pembengkakan hebat, sehingga tekanan pada bagian tubuh tertentu terlalu besar (menyebabkan sindrom compartment). Apabila hal itu terjadi, tindakan pembedahan mungkin dibutuhkan guna menurunkan tekanan sekaligus memberi bantuan untuk memperbaiki aliran darah dan fungsi sarafnya.

Periksa tanda vital tubuh dan berikan oksigen. Untuk semua luka bakar mayor, dokter mungkin akan memberikan intubasi oksigen 100%, yaitu sebuah tabung yang dimasukkan ke dalam kerongkongan. Tanda vital juga harus segera diawasi. Naht, sehingga kita mengetahui kondisi terkini pasien dan rencana perawatan bisa disesuaikan dengan kondisi tersebut.

Berikan cairan kepada pasien. Hentikan keluarnya cairan dari tubuh pasien, dan ganti cairan tubuh yang hilang dengan cairan infus. Tentukan jenis dan jumlah cairan sesuai dengan luka bakar pasien. Berikan antibiotik dan obat pereda rasa sakit. Kasihlah obat pereda rasa sakit dan analgesik guna mengurangi rasa sakit korban. Antibiotik juga merupakan obat yang penting bagi pasien. Antibiotik diperlukan karena pertahanan utama tubuh melawan infeksi (kulit) telah rusak. Obat-obatan diperlukan untuk mencegah bakteri masuk dan menginfeksi luka.

Ubah diet pasien. Sarankan diet tinggi kalori, tinggi protein. Kondisi itu akan menolong pergantian energi dan protein yang penting guna memperbaiki semua sel yang rusak karena terbakar.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates