Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan

Manfaat Buncis Rebus Bagi Kesehatan – Buncis adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan, akan tetapi buncis juga banyak tumbuh di daerah Indonesia dan oleh masyarakat juga banyak yang mengolahnya. Sayuran ini adalah sayuran yang mempunyai banyak kandungan nutrisi di dalamnya.

Buncis sendiri dapat dikonsumsi baik dalam keadaan mentah, namun buncis adalah tanaman yang sesungguhnya lebih baik dikonsumsi pada kondisi sudah direbus agar vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buncis tidak menguap dengan begitu saja sehingga dapat lebih terjamin kandungan yang ada di dalamnya. Selain untuk menjaga kandungan dari vitamin dan nutrisinya, buncis yang sudah direbus akan lebih enak apabila dikonsumsi karena akan menjadikan buncis ini renyak pada saat dikunyah.

Di dalam buncis yang sudah direbus mempunyai kandungan yang lebih baik daripada buncis yang dimakan dalam keadaan mentah. Buncis sendiri mempunyai beragam kandungan seperti protein, kalori, karbohidrat, lemak, fosfor, kalsium, zat besi dan beragam jenis vitamin B1, vitamin A dan vitamin C. Berbagai kandungan yang ada di dalam buncis rebus inilah yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan dan mampu mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan. Berikut manfaat yang bisa didapatkan pada buncis rebus ini.

1. Mengontrol Kadar Glukosa Dalam Tubuh
Buncis yang telah direbus dengan benar mampu memudahkan protein yang dikandung buncis terserap secara sempurna di dalam tubuh. Buncis mempunyai kandungan rpotein yang tidak jauh berbeda dengan kandungan protein yang ada di dalam telur. Sehingga, jika seluruh proteinnya yang ada pada buncis bisa terserap oleh tubuh, maka mampu memenuhi kebutuhan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain, sebagai pemenuhan kadar protein yang sangat diperlukan oleh tubuh, protein ini juga dapat mengontrol kadar glukosa datau gula darah di dalam tubuh sehingga mampu menghindarkan dari penyakit diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Buncis adalah jenis sayuran polong yang mempunyai kandungan asam folat, dimana asam folat yang terkandung di dalam buncis ini, apalagi jika buncis sudah direbus mampu membantu kinerja jantung agar tetap dapat bekerja dengan baik dan tidak mudah untuk terkena serangan jantung secara tiba-tiba. Selain itu, buncis juga mempunyai kandungan serat yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang sehat, tentu bisa membantu dalam mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh dan sangat berguna dalam mengatasi masalah gangguan jantung bagi si penderita.

3. Membantu Kerja Sistem Pencernaan
Buncis merupakan jenis polong-polongan, dimana jenis ini kaya akan kandungan serat yang sangat tinggi. Seperti yang kita telah ketahui jika serat memiliki fungsi dalam membantu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Dalam menjaga nutrisi yang ada pada buncis yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu agar bisa menjaga kandungan mineral yang ada di dalamnya. Dengan kandungan mineral yang terjaga seperti mangan, zat besi, kalium dan magnesium di dalam buncis, bisa membantu dalam meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Menjaga nutrisi di dalam buncis dengan dijaga mineral yang terkandung mampu meningkatkan metabolisme pada tubuh. Dengan meningkatnya metabolisme tentu dapat menjaga kesehatan organ tubuh lainnya agar dapat terhindar dari beragam jenis penyakit.

5. Mengatasi Masalah Batu Ginjal
Selain untuk menjaga sistem pencernaan, kandungan serat yang ada di dalam buncis rebus bisa membantu kinerja ginjal dengan cara melarutkan batu ginjal yang terbentuk pada ginjal. Jadi, dengan mengonsumsi buncis rebus ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buncis rebus juga dengan kandungan yang dijaga dengan baik akan mengandung berbagai jenis vitamin, seperti adanya vitamin B6, B1 dan juga vitamin C. Beberapa vitamin yang terkandung di dalam buncis rebus tersebut dapat meningkatkan sistem imun dan kekebalan pada tubuh kita. Dengan mengonsumsi buncis rebus ini, tuubuh bisa mempunyai sistem kekbalan tubuh yang baik dan mampu menjaga dirinya agar tidak mudah terkena beragam penyakit.

7. Meremajakan Kulit
Mempunyai kulit yang tampak sehat dan terlihat lebih mudah adalah idaman bagi semua orang, terutama wanita. Dengan mengonsumsi buncis rebus ini yang dimana mengandung antioksidan dapat mencegah penuaan dini. Hal ini tentu bisa membantu dalam menangkal radikal bebas dari luar dan dapat membantu peremajaan pada kulit sehingga menjadi awet muda.

8. Memiliki Kandungan Rendah Kalori
Buncis rebus mempunyai kandungan kalori yang rendah  sehingga sangat baik dalam menjaga berat badan bahkan mampu menurunkan berat badan. Dengan mempunyai berat badan yang cukup ideal dapat membantu tubuh dalam menghindari berbagai macam penyakit.

Meskipun ada beberapa sayur yang akan kehilangan nutrisinya apabila direbus, tetapi berbeda dengan buncis dimana akan lebih bagus jika dikonsumsi setelah direbus tersebut. Dengan direbusnya buncis yang agak matang, bisa menjaga kandungan nutrisi yang ada di dalam buncis dan sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan agar tidak terkena gangguan pada kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates