Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan – Cumi-cumi adalah makanan yang bisa digolongkan ke dalam seafood, dimana biasanya rentan sekali mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Namun, berbagai penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya, menemukan jia kandungan dari cumi-cumi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah kandungan yang terdapat di dalam cumi-cumi yakni protein 40,6 gram, energy 265 kkal, lemak 10,1 gram, fosfor 270 miligram, zat besi 2,7 miligram, vitamin A,dan vitamin B1.

Selain itu dalam penelitian lainnya juga ditemukan kandungan selenium dan riboflavin di tubuh cumi-cumi, serta cumi-cumi juga menghasilkan tinta yang bermanfaat untuk penderita tumor. Selain itu, berikut akan dibahas mengenai manfaat dari cumi-cumi ini.

1. Mengatasi tumor
Sebelumnya juga telah disebutkan jika tinta dari cumi-cumi dapat mengatasi penyakit tumor. Caranya adalah dengan menginjeksikan tinta tersebut pada penderita tumor. Akan tetapi, hal ini masih dikaji oleh para pakar terkait keabsahannya dan berapa dosis yang diperlukan untuk memerangi tumor ini.

Pendapat terkait dugaan dari manfaat tinta cumi-cumi ini di awali dari uji coba yang dilakukan oleh Giroki yang berasal dari jepang University, dengan menyuntikkan tinta cumi-cumi pada 15 tikus yang menderita tumor. Dengan hasil dari 15 tikus yang disuntik, 3 diantaranya mati dan 12 tikus tetap hidup, dimana yang disimpulkan jika bahaya kematian dari tumor ganas bisa dikurangi. Dari penelitian tersebut diketahui jika di dalam tinta cumi-cumi mengandung mineral vitamin A yang memiliki pengaruh terhdap penyakit tumor ini.

2. Pembentukan sel darah merah
Kandungan dari cumi-cumi meliputi kandungan protein, vitamin dan juga omega 3 yang menjadi ciri khas dari kandungan gizi jenis hewan laut. Selain itu, baru-baru ini ditemukan jika kandungan tembaga yang ada di dalam tubuh cumi-cumi sangat baik dalam pembentukan seldarah merah.

Sel darah merah sendiri sangat berguna bagi tubuh manusia, kandungan hemoglobin (Hb) di dalam sel darah merah mempunyai peran penting untuk pengangkutan oksigen pada seluruh organ tubuh, sehingga sangat penting dalam mencegah penyakit stroke dan jantung koroner.

3. Mengoptimalkan Sel Darah Putih
Hewan yang memiliki perlindungan diri dari serangan musuh seperti cumi-cumi ini dengan melakukan cara yaitu mengeluarkan cairan yang berupa tinta dari tubuhnya. Di dalam sebuah penelitian, tinta yang dikeluarkan oleh tubuh cumi-cumi ditemukan sebuah zat khusus yang sangat istimewa. Setelah dilakukan sebuah pengujian, tinta cumi-cumi dapat mengaktifkan seldarah putih yang sangat baik dalam memberantas kuman atau bibit bakteri penyakit di dalam tubuh.

4. Menghilangkan bekas cacar
Kebanyakan orang hampir pernah mengalami cacar di dalam hidupnya. Dampak dari terkenanya cacar ini adalah membekasnya penyakit tersebut di dalam kulit sehingga dapat memengaruhi penampilan kita terutama bila ada di wajah.

Dengan demikian jangan risau, karena telah ditemukan baru-baru ini yaitu dengan menggunakan cumi-cumi, maka bekas-bekas dari cacar tersebut akan hilang. Akan tetapi pemakainannya bukan dengan dikonsumsi, tetapi membuatnya menjadi serbuk halus terlebih dahulu lalu dioleskan pada bekas cacar, dengan cara pertama dijemur terlebih dahulu cumi-cuminya hingga kering dan bersih, lalu ditumbuk, selanjytnya diayak sehingga di dapatkan hasil yang halus. Nah serbuk inilah yang bwerikutnya dijadikan obat dalam mengatasi cacar.

5. Menambah nafsu makan
Apabila kita memiliki masalah dengan nafsu makan, atau pada anak-anak kita,cumi-cumi ini dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan tersebut. Dari hasil studi yang dilakukan oleh Amerika Research mengklaimjika kandungan vitamin yang ada di dalam cumi-cumi mempunyai pengaruh dalam peningkatan nafsu makan yang sehat.

Mineral yang terkandung didalam cumi-cumi dapat menyehatkan sistem pencernaan seperti usus hingga lambung. Kandungan yang yang dimaksud yang ada pada cumi-cumi adalah zat riboflavin dan zat niasin yang tentunya diperlukan oleh tubuh.

6. Memperkuat tulang
Kandungan yang ada di dalam cumi-cumi yaitu mengandung 270 miligram, dan 2,7 miligram zat besi. Dari kandungan tersebut, tentu sangat mencukupi untuk kebutuhan harian. Dan tentunya kandungan tersebut sangat baik sebagai kesehatan tulang, memperkuat susunan pada sel tulang yang kurang padat dengan membentuk sel-selbaru sebagai pengganti sel pada tulang yang sudah tua. Demikian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates