Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Dari Ikan Gurame

Manfaat Dari Ikan Gurame

Manfaat Dari Ikan Gurame

Manfaat Dari Ikan Gurame

Manfaat Dari Ikan Gurame

Manfaat Dari Ikan Gurame – Ikan gurame merupakan jenis ikan dari air tawar yang seringkali di budayakan oleh masyarakat Indonesia, karena ikan gurame ini mempunyai tekstur daging yang terbilang kenyal yang bisa membuat lidah kemecar saat mengonsumsinya. Ikan gurame ini seringkali kita jumpai pada restoran, dan tidak jarang menjadi menu favorit yang cukup digemari oleh banyak orang.

Ikan gurame ini mempunyai ciri-ciri tubuh yang gepeng serta berduri layaknya ikan bawal dan nila. Ikan gurame sendiri kaya akan nutrisi sehingga makanan ini bermanfaat untuk kesehatan kita terutama pada ibu hamil dan pada anak-anak. Apabila ibu hamil sering mengonsumsi ikan gurame ini dapat meningkatkan volume otak pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 yang ada pada ikan gurame. Berikut ini manfaat dari ikan gurame bagi kesehatan.

1. Membantu Perkembangan Otak
Sebelumnya sudah dijelaskan pada paragraf di atas bahwa ikan gurame memiliki kandungan yang kaya akan omega 3. Omega 3 sendiri merupakan kandungan gizi yang ada pada ikan gurame yang memiliki fungsi suntuk masa pertumbuhan otak pada anak agar lebih baik. Apabila anak pada usia 2 hingga 5 tahun mengonsumsi ikan gurame ini, tentu akan lebih baik lagi manfaatnya, karena anak pada umur tersebut sangat memerlukan asupan gizi dan vitamin yang sangat cukup.

2. Meminimalisir Kemungkinan Penyakit Degeneratif
Kebanyakan orang-orang tidak mengetahui apa itu penyakit degeneratif. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang biasanya menjangiti pada orang yang sudah lanjut usia. Penyakit degeneratif ini sama dengan penyakit pembunuh yang dikarenakan oleh kolesterol jahat di dalam tubuh manusia yang kurang menjalankan hidup sehat. Berikut ini adalah penyakit degenaratif antara lain kanker, jantung koroner dan darah tinggi.

Biasanya penyakit ini timbul karena kebanyakan orang-orang mengonsumsi jenis makanan yang banyak terkandung lemak di dalamnya seperti gajih sapi dan jenis seafood. Apabila mengonsumsi ikan gurame adalah suatu hal yang sangat baik agar dapat mencegah terjadinya gangguan penyakit tersebut, karena ikan gurame mengandung protein yang kaya dan kadar lemak yang sangat rendah.

3. Mengurangi Kemungkinan Penyakit Kwashiorkor
Diantara kita mungkin saja tidak ada yang asing dengan penyakit jenis ini yaitu penyakit kwashiorkor yang merupakan penyakit busung lapar yang biasanya terdapat pada daerah-daerah yang cukup terpencil dan gersang. Penyakit ini biasanya dikarenakan oleh kurangnya asupan gizi yang cukup pada anak-anak. Dengan mengonsumsi ikan ini dapat mengurangi dan mencegah penyakit busung lapar ini karena kandungan gizi yang sangat banyak dan mencukupi untuk kebutuhan anak-anak.

4. Mencegah Marasmus
Penyakit marasmus ini adalah penyakit yang hampir sama dengan busung lapar, namun penyakit ini biasanya disebabkan oleh kurangnya lemak dan otot doi bawah kulit. Sehingga, mempunyai ciri-ciri perut besar dan mempunyai tubuh yang kurus kering. Dengan mengonsumsi ikan ini yang sudah diolah dapat mencegah penyakit jenis ini.

5. Membantu Pertumbuhan Otot
Protein yang terkandung di dalam ikan gurame sangat lah baik untuk otot dan untuk membantu masa pertumbuhannya. Bagi orang yang suka fitness atau berolahraga dengan mengonsumsi ikan gurame ini tentu sangat baik dalam meregenerasi sel-sel pada otot yang rusak.

6. Menghindari Cachexia
Penyakit ini mirip dengan penyakit anemia, karena seseorang yang menderita penyakit ini bisa saja sering mengalami kelelahan meskipun tidak bekerja ataupun tidak banyak aktivitas. Penyakit ini mempunyai gejala yang cukup mengerikan seperti penipisan di dalam membran otot kita dan mampu memicu munculnya sel kanker pada usus. Ciri-ciri dari orang yang terjangkit penyakit ini adalah menurunnya berat badan. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi ikan gurame ini agar terhindar dari penyakit Cachexia ini. Demikian, semoga bermanfaat.

About Pradini33

2 comments

  1. Terimakasih sudah membagi ilmunya, semoga memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya. Salam sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates