Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Cara Merawat Luka Bakar

Cara Merawat Luka Bakar

Cara Merawat Luka Bakar

Cara Merawat Luka Bakar

Cara Merawat Luka Bakar

Cara Merawat Luka Bakar – Luka bakar merupakan luka yang biasa kita alami dan dapat dirasa sangat menyakitkan. Walaupun luka bakar kecil bisa sembuh tanpa pertolongan medis, luka bakar berat memerlukan perawatan khusus untuk mencegah infeksi dan mengurangi bekas luka yang mungkin timbul. Sebelum memberikan perawatan terhadap luka bakar, Anda perlu memahami jenis—atau derajat—luka bakar yang Anda derita.

Menentukan Derajat Luka Bakar Anda
Ketahui apakah luka Anda termasuk luka bakar derajat satu. Luka bakar derajat satu adalah jenis luka bakar yang paling lazim, dan disebabkan oleh terkena air atau uap panas ringan, kontak singkat dengan benda panas, dan matahari. Kerusakan yang dialami Cuma terjadi di bagian permukaan terluar kulit. Mungkin luka bakar akan telrihat kemerahan, sedikit membengkak, atau mungkin cuma sedikit terasa sakit. Beri perawatan luka bakar derajat satu di rumah, karena biasanya perawatan medis tidak diperlukan. Bagian terluar kulit memiliki kemampuan untuk memulihkan diri sendiri dengan sedikit perawatan dan waktu.

Luka bakar derajat satu dikelompokan sebagai “luka bakar minor” dan mesti mendapatkan perawatan yang sesuai. Kadang-kadang Anda mungkin mengalami luka bakar derajat satu yang luas—seperti luka terbakar sinar matahari di seluruh tubuh tetapi, luka seperti ini pun tidak memerlukan pertolongan medis.

Cari tahu apakah luka Anda masuk ke dalam luka bakar derajat dua. Kulit Anda mungkin juga akan tampak pecah-pecah dan menggelembung, selain itu, rasa sakit yang Anda rasakan akan lebih kuat. Luka bakar derajat dua diakibatkan oleh sentuhan dengan benda yang sangat panas atau terkena sinar matahari yang berkepanjangan. Namun apabila luka bakar derajat dua Anda berada ditangan, kaki, selangkangan, atau wajah, atasi dengan menganggap luka itu sebagai luka bakar minor. Jika kulit Anda melepuh, jangan pecahkan gelembungnya. Jika gelembung pada kulit yang melepuh pecah, jagalah agar tetap bersih dengan membilasnya dengan air dan mengoleskan salep antibakteri. Anda juga bisa melindungi kulit dengan plester atau perban lainnya. Perban ini harus diganti setiap hari.

Luka bakar derajat dua meliputi dua lapisan kulit. Kalau size luka bakar derajat dua Anda lebih lebar ketimbang 7,5 cm, yang berada ditangan, kaki, atau kemaluan Anda lalu luka tersebut tidak sembuh dalam beberapa minggu, sebaiknya Anda mesti secepatnya menghubungi dokter guna mendapatkan pertolongan medis.

Periksa luka bakar derajat tiga. Luka bakar derajat tiga adalah luka yang paling serius dan membutuhkan pertolongan medis segera. Luka ini kita alami ketika kulit terpapar benda panas sampai menembus ketiga lapisannya, kadang kala membuat kerusakan otot, lemak, dan tulang. Luka ini akan nampak kulit keriput dan berwarna putih atau hitam. Rasa sakit yang dirasakan bisa beragam bergantung pada tingkat kerusakan saraf di lapisan kulit (reseptor nyeri). Luka bakar dapat terlihat “basah” karena hancurnya dinding sel dan keluarnya cairan protein.

Luka bakar derajat tiga selalu dikelompokan sebagai luka bakar mayor dan memerlukan perawatan dokter secepat mungkin.

Periksa luka bakar suhu rendah. Luka “bakar” ini ialah luka yang dialami ketika kulit Anda terpapar suhu yang sangat rendah, seperti salju atau es, dalam kurun waktu lama. Kulit yang terluka terlihat berwarna merah terang, putih, atau hitam, dan akan dirasakan macam terbakar seperti ketika dihangatkan kembali. Luka “bakar” suhu rendah telah dikelompokkan sebagai luka bakar sebab merusak lapisan jaringan kulit.

Dalam sebagian besar kasus luka bakar suhu rendah membutuhkan perawatan selayaknya luka bakar mayor. Carilah pertolongan medis untuk merawatnya.

Hangatkan dahulu kulit dengan air bersuhu 37°C hingga 39°C secepatnya sesudah terpapar pada suhu dingin. Periksa luka bakar kimiawi. Luka bakar ini disebabkan oleh kontak kulit dengan bahan kimia berbahaya. Yang biasanya akan terlihat sebagai bercak kemerahan, ruam, kulit yang melepuh, dan luka terbuka pada kulit. Langkah pertama Anda adalah menentukan penyebabnya dan menghubungi bantuan medis segera.

Segera hubungi UGD apabila Anda yakin sudah mengalami luka bakar kimiawi. Perawatan harus diberikan untuk menetralkan dan menghentikan penyebaran bahan kimia penyebabnya.

Beri luka bakar kimiawi dengan banyak air, namun jauhkan pemakaian air apabila luka bakar terkena kapur tohor, atau unsur. Sebab bahan-bahan tersebut bisa bereaksi dengan air dan mengakibatkan luka semakin parah.

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates