Wednesday , 16 August 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3

Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3

Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3

Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3

Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3

Dampak Kekurangan dan Sumber Omega 3 – Omega 3 sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, sebab omega 3 memiliki banyak peran dalam tubuh manusia. Sebelum mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan omega 3 terlebih dahulu mengetahui takaran omega 3 yang diperlukan oleh tubuh. Sebab jika asupan omega 3 kurang maka akan berdampak terhadap kesehatan bahkan jika takarannya berlebihan pun akan berdampak terhadap kesehatan tubuh. Para ahli gizi menjelaskan bahwa tubuh memerlukan asam alfa-linolenat atau omega 3 dalam seharinya yakni 300 gram.
Untuk memperoleh jenis makanan yang memiliki kandungan omega 3 terdapat jenis ikan dan sayuran yang menyediakan omega 3. Berikut merupakan sumber makanan yang memiliki kandungan omega 3 tinggi, diantaranya :
1. Ikan salmon.
2. Ikan tuna.
3. Ikan tenggiri.
4. Udang.
5. Kerang.
6. Kepiting
7. Kacang-kacangan seperti kacang polong dan kacang tanah.
8. Bayam
9. Labu
10. Brokoli
11. Pepaya
12. Minyak Ikan.Apabila seorang anak mengalami kekurangan asupan omega 3 maka akibatnya dapat fatal sekali, hal tersebut disebabkan anak tidak bisa memperoleh semua manfaat dari omega 3. Berikut merupakan efek akibat kekurangan omega 3 yang harus di perhatikan sebagai berikut :1. Otak Kekurangan Energi
Salah satu fungsi dari omega adalah dapat memberikan energi terhadap otak. Sehigga dengan kurangnya asupan omega 3 maka otak dapat mengalami kekurangan energi. Apabila otak energinya kekurangan dengan demikian otak tidak akan berfungsi secara optimal.

2. Pandangan Kabur
Pandangan menjadi kabur akibat kekurangan omega 3 sebab otak tidak mempunyai cukup energi dalam membawahi organ yang terhubung dengan otak. Salah satunya yaitu organ penglihatan, dimana syaraf penglihatan yang mengalami terganggu sebagai akibat syaraf otak terganggu sehingga dapat menyebabkan pandangan menjadi kabur.

3. Menyebabkan Penyakit Tulang
Akibat kekurangan asupan omega 3 yakni dapat mengakibatkan penyakit tulang. Perlu diketahui bahwa dalam omega 3 terdapat kalsium yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Omega 3 dapat membuat tulang akan menjadi padat serta massa tulang dapat terjaga. Kekurangan omega 3 dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh khususnya tulang di bagian belakang.

4. Kecacatan Otak
Apabila syaraf otak tidak mendapatkan nutrisi dengan asupan omega 3 maka akan membuat pertumbuhan serta perkembangan pada otak janin dapat menjadi terganggu. Apabila hal tersebut dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan akan melahirkan janin dalam kondisi cacat otak.5. Menyebabkan Sirkulasi Darah Terhambat
Efek selanjutnya karena kekurangan asupan asam alfa-linolenat yakni dapat menyebabkan sirkulasi darah akan menjadi terhambat sebab pembentukan pada sel – sel darah merah mengalami terhambat.6. Menyebabkan Penyakit Jantung
Jantung berperan untuk mengalirkan darah ke seluruh bagian organ tubuh. Berbagai jenis penyakit jatung dapat terjadi, penyakit jantung yang dapat terjadi akibat kekurangan asupan asam alfa-linolenat yakni gagal jantung. Gagal jantung merupakan penyakit jantung yang gagal untuk menjalankan fungsinyaa secara optimal.

7. Menyebabkan Kulit Kusam dan Rambut Rontok
Dampak kekurangan omega 3 lainnya yakni omega 3 dapat membuat kulit akan mejadi kusam serta menyebabkan rambut akan menjadi rontok. Hal tersebut dikarenakan kulit serta rambut tidak memperoleh perlindungan dari asupan asam alfa-linolenat yang dapat menjaga kulit serta rambut dari adanya radikal bebas.

8. Sulit Konsentrasi
Dampak kekurangan omega 3 lainnya yakni dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan untuk konsentrasi. Orang yang mengalai kesulitan untuk konsentrasi akibat syaraf otak tidak mempunyai energi, juga akibat kekurangan oksigen.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates