Monday , 11 December 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam

Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam

Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam

Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam

Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam

Faktor Penyebab Feses Berwarna Hitam – Normalnya untuk buang air besar harus dilakukan satu kali dalam satu hari. Dimana feses yang akan dikeluarkan normalnya akan berwarna kuning. Akan tetapi akibat gangguan yang terjadi di dalam tubuh karena beberapa faktor penyebab, akan menyebabkan warna tinja berubah hingga menjadi berwarna hitam. Feses yang berwarna hitam menunjukan suatu gejala atau tanda terjadinya sesuatu di dalam tubuh, berikut merupakan faktor penyebab fese berwarna hitam, diantaranya:1. Wasir
Feses yang berwarna hitam pada umumnya yakni diakibatkan ambien atau wasir. Apabila terdapat pembengkakan yang dialami di bagian dalam lubang anus, hal tersebut merupakan kondisi yang disebut dengan wasir. Feses bisa berwarna hitam diakibatkan terdapat pembuluh darah yang sedang mengalami peradangan yang dapat pecah sewaktu evakuasi usus. Dalam dubur juga pada akhirnya dapat terjadi perdarahan serta dapat menyebabkan tinja berwarna gelap.2. Kanker Usus Besar
Feses yang berwarna hitam bisa diakibatkan oleh adanya perkembangan tumor pada usus besar. Tumor kemudian akan menjadi kanker dapat memicu terjadinya perdarahan pada usus besar dengan demikian buang air besar juga akan menjadi lebih sulit serta akan terasa sakit. Selain itu juga, warna tinja yang akan keluar akan berwarna lebih gelap dari warna biasanya seperti halnya ampas kopi.

3. Sindrom Mallory – Weiss
Titik kontak antara perut serta kerongkongan dapat pecah sebagai penghubung dari ke dua bagian vital ini yakni selaput lendir serta terdapat robekan dari sindrom Mallory – Weiss dapat menyebabkan bagian tersebut mengalami rusak. Hal ini yang bisa menyebabkan feses akan berwarna gelap, bahkan penderitanya juga dapat mengalami muntah serta batuk yang berkelanjutan dengan jangka waktu yang panjang.

4. Ulkus Lambung
Di lapisan lambung, terbentuk suatu ulkus yang mengalami perdarahan serta darah tersebut dapat  menunjukkan pergerakan yang dapat melewati usus besar. Dari sana pada akhirnya darah dapat bercampur dengan tinja pada saat penderitanya mengalami buang air besar. Warna feses akan berubah menjadi hitam yang disebabkan oleh infeksi bakteri H. Pylori taupun akibat obat – obatan tertentu misalnya aspirin serta anti – inflamasi yang lainnya.

5. Makanan Berkandungan Zat Besi Tinggi
Warna tinja akan dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsi yang masuk ke dalam tubuh, serta pada kondisi warna tinja yang berwarna hitam, bukan selalu menandakan terdapat penyakit yang serius akan tetapi kebanyakan akibat mengkonsumsi makanan tinggi kandungan zat besi. Feses yang berwarna hitam akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan zat besi tinggi, misalnya ayam, kuning telur, pisag, daging merah, kangkung, bayam, dan buah ceri.

6. Obat-obatan Tertentu
Terdapat jenis obat – obatan yang dapat memberikan dampak warna hitam terhadap feses pada saat BAB atau buang air besar, seperti jenis obat Pepto – Bismol sebagai obat untuk gangguan pencernaan.

7. Fisura Anal
Lubang anus memilikia panjang 2,5 sampai 4 cm, dimana keadaan yang berhubungan dengan lubang anus, yang posisinya terdapat di antara rektum serta anus yang merupakan tempat pembuangan kotoran akan berlangsung. Apabila terdapat kelainan di bagian lapisan anus diakibatkan tinja dengan tekstur keras yang melalui anus, maka lapisan kanal juga dapat ikut mengalami rusak lebih jauh lagi dengan demikian pada akhirnya akan terjadi perdarahan. Feses yang berwarna hitam merupakan efek dari terjadinya perdarahan tersebut.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates