Wednesday , 13 December 2017
artikel terbaru :
Home » Knowledge » Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui

Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui

Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui

Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui

Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui

Jangan Buang Minyak Jelantah, Baca Deht Manfaatnya yang Kamu Belum Ketahui – Sehabis menggoreng, biasanya minyak yang telah dipakai bakal kamu buang. Hal ini karena minyak goreng yang dipakai berkali-kali berbahaya buat kesehatan. Makanya, kamu pilih untuk nggak pakai lagi lalu membuangnya.

Oleh karena itu, coba simak yuk ulasan admin Tips berikut tentang minyak jelantah berikut ini. Bukan hanya dapat menjadi bahan bakar saja, tetapi minyak jelantah ternyata dapat juga  dijadikan sabun cair.

1. Dengan dicampur bahan tertentu, minyak jelantah bisa dimanfaatkan sebagai sabun cair. Gini nih penjelasannya.
Bagaimana bisa minyak jelantah digunakan untuk mencuci tangan? Ya, hal ini diterangkan oleh mahasiswa dari Jurusan Teknik Kimia Universitas Diponegoro bernama Gregorius Rionugroho yang mencoba meracik sabun cair memakai minyak jelantah dan abu kulit buah kapuk randu.

Rionugroho meraciknya dengan mencampurkan minyak jelantah dan kalium hidroksida yang dipanaskan sampai 110 derajat celsius selama satu jam sebagai proses saponifikasi supaya nantinya dapat menjadi sabun cair. Proses saponifikasi ini akan menghasilkan sabun cair dan gliserol.

Kalium hidroksida diperoleh dari abu kulit buah kapuk randu yang sudah mengandung senyawa kalium karbonat 78,95 persen, kemudian diproses menjadi soda kue dan sudah dilarutkan, maka jadilah kalium hidroksida.

2. Nggak cuma sabun cair, cairan pembersih lantai pun bisa dibuat dengan minyak jelantah
Tidak hanya sabun cair mandi atau cuci tangan saja, namun minyak jelantah dapat dipakai sebagai sabun pembersih lantai. Ternyata hal itu sudah dicoba oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (UNY) yang memberikan nama penelitiannya ini sebagai “Karbol Milan”.

Mereka mengerjakannya melalui tiga tahapan, yakni:
a. Minyak jelantah dijernihkan dahulu
b. Membuat caira karbolnya
c. Setelah semuanya siap, lalu produknya dikemas.

Sabun pembersih lantai ini mereka kelompoknya ke dalam berbagai aroma, yaitu seperti jeruk nipis, apel, melati, dan bougenvil. Minyak jelantah merupakan jenis limbah yang dapat mencemari lingkungan yang tidak dapat larut dalam air sifatnya polar, makannya sayang banget kalau minyak jelantah dibuang, Ujar mereka.

3. Bahan bakar lampu, minyak jelantah pun dapat menerangi setiap sudut di rumahmu
Untuk kamu yang dirumahnya suka mati lampu, harus manfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar lampu minyak. Tidak usah ribet, kamu pun dapat menyalakan lampu minyak dengan minyak jelantah sebagai bahan bakarnya.

Caranya yaitu, sediakan terlebih dahulu wadah yang tidah mudah bocor atau terbakar ketika terkena api (misalnya kaleng biskuit), kemudian tuangkan minyak jelantah ke dalamnya. Dan kemudian ambilah gumpalan kapas yang sudah dipadatkan, dan letakkan di tengah-tengah tutup kaleng biskuitnya. Kamu perlu menunggu dulu sampai minyaknya meresap membasahi seluruh bagian kapas. Proses akhirnya hanya bakarlah kapasnya memakai korek api.

4. Hobi pelihara tanaman? Minyak jelantah dapat dijadikan pupuk penyubur!
Memerlukan 10 tahun membuat pupuk karbon dari minyak bekas ini, ujar Seorang pakar hortikultura dari Tropiculture Australia telah bernama Chris Nathaniel. Dia memilih minyak goreng yang sudah digunakan untuk menggoreng ikan dan keripik kentang, yaitu biasa digunakan untuk pupuk buah-buahan dan sayur-sayuran.
Cara menggunakan pupuk karbon ini yaitu menyemprotkan ke bagian daunnya kurang lebih 15 ml per liter air.

Namun, kamu tidak boleh semprotkan terlalu sering karena minyak jelantahnya bisa menutupi seluruh pori-pori pernapasan yang ada pada daun.

5. Ingin hati dan pikiranmu tenang? Coba deh aromaterapi dari minyak jelantah!
Kamu sering stres dan telah banyak coba aromaterapi, tapi nggak mempan? Bisa jadi sudah saatnya kamu memakai aromaterapi dari minyak jelantah.

Produk yang dijual dengan nama Mijel Natural Relaxants ini dibuat oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Mereka lakukan dengan menjernihkan minyak jelantah terlebih dahulu supaya kemudian dapat digunakan. Lalu, minyak bekas ini dicampur dengan jeli dari aroma yang berbeda-beda, seperti kopi, cokelat, dan vanila.

Cara membuatnya juga mudah yaitu dengan menjernihkan minyak jelantah dan memprosesnya memakai ampas tebu yang direndam hingga kurang lebih 48 jam. Kemudian, bubuk jeli ditambah aroma yaitu kopi, cokelat, atau vanila, kemudian diproses. Lalu, akan dicetak macam butiran kopi dan cokelat bar yang dibungkus dalam botol plastik. Dan sekarang, kamu dapat mempraktikkannya deh.

Selamat Mencoba…

About putri indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates