Monday , 25 September 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi

Jenis Makanan Yang Mengandung Gas Tinggi – Perut begah atau kembung adalah suatu kondisi dimana akibat kelebihan angin ataupun gas yang terdapat di dalam perut. Gas yang terdapat di dalam perut sebetulnya ada di dalam usus besar sampai pada ujung akhir pencernaan. Dengan demikian membuang gas merupakan sesuatu hal yang wajar sebab normalnya manusia dapat mengeluarkan gas sampai 20 kali dalam satu hari. Akan tetapi apabila mengalami perut kembung atau begah volume maka gas yang dapat dikeluarkan dapat menjadi lebih banyak serta intensitasnya akan semakin banyak.

Perut yang menjadi kembung bisa jadi akibat terlalu banyak angin atau akibat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gas. Berikut merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan gas tinggi diantaranya:

1.    Makanan yang mengandung sorbitol
Sorbitol dapat dijumpai dalam beberapa jenis buah – buahan. Sorbitol adalah salah satu jenis gula dimana karakteristiknya yang cukup sulit untuk diuraikan di dalam proses pencernaan. Perlu diketahui bahwa zat sorbitol ini dapat digunakan oleh suatu bakteri di dalam usus agar dapat melakukan fermentasi terhadap sisa makanan dengan demikian proses pengguraian pada sisa makanan akan lebih cepat, dimana proses fermentasi tersebut lalu dapat menghasilkan banyak gas hidrogen serta dapat membuat perut akan menjadi kembung. Jenis buah yang memiliki kandungan gula sorbitol yaitu apel, pir, plum serta buah persik.

2.    Makanan yang mengandung fruktosa dan rafinosa
Selain sorbitol Ternyata bukan jenis gula lainnya yang dapat menyebabkan perut kembung yakni fruktosa dan rafinosa. Ke dua jenis gula tersebut cukup banyak dijumpai dalam berbagai jenis sayuran serta jenis gula ini akan sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh pada saat dalam proses pencernaan. Terdapat beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan jenis gula ini seperti bawang, sayuran brokoli, kubis serta asparagus.

3.    Kacang-kacangan
Makanan yang memiliki kandungan gas tinggi lainnya yakni kacang – kacangan yang mana di dalamnya memiliki kandungan gula rafinosa dengan kadar yang cukup tinggi. Selain memiliki kandungan jenis gula rafinosa, dalam kacang – kacangan juga memiliki kandungan serat larut yang cukup tinggi, yang mana serat larut tersebut adalah jenis serat yang lambat untuk di cerna oleh tubuh.

4.    Makanan Bertepung
Seperti yang sudah diketahui bahwa tepung adalah salah satu sumber karbohidrat yang cukup tinggi serta bisa menghasilkan gas dalam proses pencernaan. Terdapat beberapa jenis makanan yang bertepung dimana akan mudah dijumpai seperti pasta, sereal, roti, dan yang lainnya yang  dapat membuat perut menjadi kembung.

5.    Makanan dengan Karbohidrat tinggi
Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi dapat menyebabkan perut kembung, misalnya kentang dan jagung. Walaupun nasi sebagai sumber karbohidrat tinggi akan tetapi kandungan gas yang ada di dalamnya relatif sedikit serta tidak akan menyebabkan perut kembung.

6.    Susu dan produk turunannya
Semua jenis produk susu serta turunannya misalnya yogurt,  keju, fermentasi susu yang lainnya bisa menghasilkan gas cukup tinggi di dalam perut sebab memiliki kandungan laktosa.

7.    Oatmeal
Oatmeal di dalamnya memiliki kandungan serat yang tinggi sera mengandung berbagai jenis nutrisi di dalamnya. Akan tetapi karena mengandung serat yang tinggi dapat menghasilkan gas lebih banyak di dalam tubuh.

8.    Soda
Soda meskipun enak dikonsumsi, akan tetapi soda sangat sulit untuk dicerna sebab mengandung gas yang tinggi.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates